Fokus, fokus trulala~

55 22 1
                                    

Mendapatkan waktu luang itu tidaklah mudah, bukan? Jadi saat sudah menemukan waktu yang tepat, jangan sia-siakan hanya untuk memikirkan hal lain. Sebelum itu, buatlah catatan apa yang mengganjal atau tugas apa saja yang harus segera diselesaikan, lalu kamu harus memfokuskan saat ini hanya untuk Al-Quran. Pikiran yang lewat itu biarkan saja karena akan ada masanya sendiri untuk diselesaikan.

Misal nih, kamu memiliki  beberapa rencana seperti, menyelesaikan tugas jurnal ilmiah, mencuci baju, dan ingin menelepon orang rumah. Catat itu semua, kalau bisa dengan jamnya sekalian. Setelah itu biarkan semua pikiran tentang tugas-tugas tersebut karena sudah diatur jadwal mengerjakannya. Fokuskan hanya untuk Al-Quran.

"Kalau tetiba terlintas gimana?"

Biarkan dan jangan ditanggapi, teruslah fokus pada Al-Quranmu. Atau jika mengganggu, tulislah.

Nah, jika fokus sudah didapatkan, saatnya menghafal. Ketika menghafal, disarankan untuk membaca terjemahannya dulu. Ini ngebantu banget, sih! Jadi, kamu bisa paham sama apa yang akan dihafal, apalagi kalau yang dihafal berbentuk kisah, wah seru banget. Dengan membaca terjemahan ini, kamu akan ngerasa sedih, takut, marah, atau senang karena di dalam Al-Quran ada segala aspek mulai dari larangan, perintah, kisah, fakta ilmiah, bahkan keadaan neraka dan surga tergambar di sana.

Ada satu metode yang cukup sering digunakan di beberapa tempat menghafal, yaitu dengan membaca berulang. Kamu pernah mendengarkan lagu, kan? Atau jika tidak pernah, mungkin saat menonton video di sosial media, ada lagu atau suara apapun itu yang sering muncul sehingga tanpa disadari, kamu akan hafal dengan sendirinya tanpa disengaja. Begitu pun dengan Al-Quran, bacalah terus tanpa bosan hingga kamu hafal.

Yuk, bismillah bisa!

Zinnia Wafa - 18 Januari 2024

Menjadi Hafidz Qur'an di Tengah Huru-hara DuniaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang