Bismillahirrahmanirrahim
🌱
Hati yang selalu bersama Al-Quran, tidak akan pernah merasa kesunyian-
"Inilah kitab allah. Tak ada keraguan sedikit pun tentangnya. Sebuah pedoman bagi mereka yang menolak kebatilan dan mengikuti jalan yang benar" (Qs. al-baqarah: 2)
Rasa lelah pasti selalu ada dan tak dapat dipungkiri kita gagal berulangkali.
"Faruk, lanjutkan hapalan selanjutnya, 3 bulan lagi ustad tunggu kesiapan tasmi' 20 juznya" aku tertegun mendengar ucapan ustad barusan
"insyaAllah ustad"
Semua yang orang tau adalah kelancaran hapalan kita, tanpa tau waktu tidur berkurang, pikiran terkuras, lelahnya tubuh.
Bahkan sebagian penghafal Al-Qur'an ada yang memilih menyerah, karena beratnya istiqomah.
Istiqomah memang berat, tapi hasilnya luar biasa. Bahkan allah sendiri telah menjanjikan bagi siapa yang Istiqomah bersama Alquran diakhirat akan diberikan mahkota kebanggaan. Dunia memang tempat lelah.
"Al, 3 bulan lagi ustad nungguin aku buat tasmi' 20 juz, apa aku bisa? Tentunya waktu tidurku berkurang lebih jauh lagi"
" Yakin aja sama allah, insyaAllah akan dimudahkan"
Aku menghala nafas panjang
"Lagian antum kan tinggal mengulang hapalan yang hilang, memurajaahnya aja, bakal lebih mudah insyaAllah" lanjut al
Aku hanya mengangguk mengiyakan lalu kembali fokus pada hapalanku
-"Ayah, setelah kepergianmu aku lah yang menjaga, dan bertanggung jawab atas keluarga kita. Akhir-akhir ini aku merasa sedikit lelah yah, aku benar-benar rindu." Kuusap sebuah foto lelaki gagah yang mengendong putra kecilnya
Aku pernah baca sebuah buku yang menjabarkan tentang, beristirahat jika lelah, namun jangan pernah menyerah.
"Ketika engkau sudah berada di jalan yang benar menuju allah, maka berlarilah, jika sulit bagimu, maka berlari kecillah. Jika kamu lelah maka berjalanlah. Jika itu pun tak mampu, merangkaklah. Namun jangan pernah menyerah atau berbalik arah ( Imam Syafi'i )Dari kutipan diatas aku belajar satu hal, bahwa lelah adalah hal yang wajar dialami oleh manusia. Sebagaimana fisik yang butuh istirahat agar bisa kembali semangat, maka begitu pula dengan pikiran, butuh istirahat untuk kembali mengatur langkah terus berjuang.
Sebagaimana mana allah ta'ala berfirman
"Dan kami jadikan tidurmu untuk beristirahat" ( Qs. An-naba: 9)
Bahkan dalam beribadah pun kita tak boleh berlebihan,-
Sebagaimana kisah seorang sahabat yang bernama Abdullah bin amr, yang ahli ibdah dan rajin bertobat. Perhatiannya kepada Al-Qur'an begitu besar setiap kali turun ayat, maka ia akan bersungguh-sungguh dalam memahaminya. Sampai pada pemahaman yang begitu sempurna, kemudian menghafalkan dengan baik.Selain ahli ibadah, fia juga seorang ksatria dimedan perang pertempuran. Waktu siangnya dihabiskan untuk berpuasa, dan malamnya ia habiskan untuk mendirikan sholat, lisannya tidak kenal dengan percakapan dunia, sekalipun itu tidak dilarang. Bibirnya selalu basah dengan zikirr dan bertasbih memuji asma allah.
Suatu hari, Rasullullah shalallahu 'alaihi wa sallam memanggilnya, kemudian beliau bertanya kepadanya "kabarnya, engkau selalu berpuasa disiang hari dan tidak pernah berbuka (berpuasa setiap hari), dan sholat malam hingga tidak pernah tidur? Cukuplah berpuasa tiga hari sebulan!"
Lalu ia berkata, "saya sanggup lebih banyak dari itu."
Rasullullah bersabda, "Kalau begitu, cukup dua hari dalam seminggu."
"Aku sanggup lebih dari itu." Jawab abdullah
Rasullullah bersabda, " Jika demikian, lakukanlah puasa yang lebih utama, yaitu puasanya nabi daud, puasa sehari dan berbuka sehari!"
Saat Abdullah bin amr mulai menginjak usia lanjut, tulang belulangnya mulai lemah, ia pun tak merasa kerepotan menjaga amalan ibadah yang telah dijalankannya sejak masih muda secara istiqomah. Ia pun teringat nasihat Rasulullah yang pernah diabaikannya. Abdullah bin amr berkata, " Wahai malang nasibku, kenapa dulu tidak melaksanakan keringanan dari Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam."
Dari kisah Abdullah bin amr, kita dapat belajar, bahwa niat baik belum tentu berakhir dengan kebaikan, adakalanya semangat itu menggebu-gebu, namun perlu diingat, bahwa tubuh juga memiliki hak, ia membutuhkan istirahat dari rasa lelah.
Aku ingin beristirahat terlebih dahulu, setelah itu akan ku ganti dengan semangat yang membara
_
_
_
_
_Assalamualaikum
Hallo gaiss 😍😍InsyaAllah setelah ini aku bakal sering update, kalian masih setia ga nih nungguin perjuangan faruk?
insyaAllah setiap Malam kamis aku bakal update terus sampai cerita faruk selesai ya🤍
Stay tune gaiss
Makasih ya udah setia nungguin update cerita iniJANGAN LUPA VOTE, KOMEN DAN FOLLOW YA✨✨✨
KAMU SEDANG MEMBACA
Impian tertinggi
Cerita Pendeksetiap perjalanan pasti memiliki perjuangan, dengan segala usaha yang ia punya. Ini adalah sebuah cerita dari orang yang luar biasa bagi penulis. mewujudkan sebuah mimpi dan impian yang tertinggi. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk kita semua janga...