Seberapa jauh hati seseorang bisa berakar?
Untuk waktu yang lama sosok kurus itu berdiri pada titik yang sama setelah orang itu pergi meninggalkannya. Otaknya tidak terbuka sebagaimana mestinya. Atau dengan kata lain ... Dia tidak ingin tahu apapun. Tapi takdir selalu mempermainkan perasaan manusia.
Selama Nan berdiri mematung, mata salah satu senior terus menatapnya seolah curiga dengan hubungan ambigu antara pria itu kecil dan Nuea.
Pria itu menyimpan keraguan hingga butuh waktu lama baginya untuk melangkahkan kaki dan mendekati tubuh kecil yang memiliki ekspresi stagnan seolah dia tidak tahu seberapa anehnya situasi mereka saat ini.
"Ada apa denganmu?" Tanyanya, berharap mendapat jawaban.
Namun, dia tidak mendapatkan jawaban sama sekali. Nan hanya berdiri diam, seolah-olah telinganya benar-benar tertutup akan segala sesuatu di sekitarnya.
"Nong!" Kali ini sebuah suara keras memanggil, sambil meraih bahu kurus itu agar dia tersadar dari dunianya sendiri. Dan sepertinya itu efektif ketika sosok kecil itu berkedip dan menoleh ke mata orang di depannya.
"Apa kamu baik-baik saja?."
"Maaf, ada sesuatu yang aku pikirkan." Jawabnya. Tapi, air mata panas mengalir tanpa henti. Pria kecil itu buru-buru mengangkat lengan bajunya dan menghapusnya, seraya menampilkan senyum pahit, untuk menyembunyikan perasaan canggung di dalam dirinya.
"Tidak apa-apa. Aku hanya ingin menanyakan sesuatu. "
" Krap? "
" Apa hubunganmu dengan Nuea?"
Bagaimana Nan bisa menjawab pertanyaan itu ketika keyakinan mengatakan bahwa Nuea adalah seseorang yang dia cintai hancur oleh kalimat yang keluar dari pria itu.
Nuea tidak mendefinisikan Nan sebagaimana dirinya yang mulai mendefinisikan pria itu sebagai pria yang dicintainya.
"Dia.... hanya seorang kenalan," katanya begitu saja,
"Kamu mengenalnya?"
"Kami sudah saling kenal sejak lama. Tapi sepertinya itu terlalu lama... sampai dia lupa."
"Itu sangat aneh. Baiklah, kalau kamu baik-baik saja, aku permisi." Ketika dia mendapatkan jawaban dari Nan dan melihatnya sudah terlihat baik, dia merasa tidak harus berdiri disana dan buru-buru mengucapkan selamat tinggal padanya. Tapi begitu dia melangkahkan kakinya kurang dari tiga langkah, terdengar suara merdu yang menghentikan langkahnya.
"Tunggu sebentar, Phi." Panggil Nan.
Dia pikir, ketika dia ingin tahu yang sebenarnya, kenapa dia membiarkannya begitu saja? Jadi dia putuskan untuk menghadapi semuanya kemudian putuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya, itu akan lebih baik.
"Ada apa, Nong?"
"Ada yang ingin kutanyakan tentang Nuea."
"Apa? "
"Sepertinya Phi mengenalnya lebih baik dariku. Yah, aku hanya ingin tahu kenapa dia datang ke sini, mengingat dari mana dia berasal. Karena terkadang, aku tidak yakin seperti apa dirinya yang sebenarnya."
"Boleh aku meminta email mu? Malam ini, jika aku menemukan riwayat mendetail Nuea yang kamu idolakan, mungkin aku bisa mengirimnya lewat email.
"Oke." Nan tidak menunggu untuk memberikan alamat emailnya dengan cepat, sebelum berpisah dengan senior tersebut.
Nan kembali ke rumah kayu krem yang damai. Tentu saja, tidak ada bayangan pria tinggi didalamnya. Ini adalah rumah Nuea, yang dia temui beberapa bulan lalu. Seseorang dengan mata sedih dan damai. Orang yang mengucapkan kata ganti antara aku dan kamu adalah orang yang hangat dan tidak terlihat jauh. Penghibur dan pendengar yang baik pada hari dimana dia merasa sangat lelah dan lemah.