Penderitaan akan penantian, selalu berakhir.
Dua tahun kemudian ...
Bayangan Nuea di benak Nan tidak begitu jelas dan mulai kabur seperti mimpi. Sudah dua tahun sejak pria kecil itu menunggu kembalinya pria itu. Dia percaya bahwa pria tinggi suatu hari akan kembali. Dan tugasnya adalah menantikannya.
Dia menerima berita bahwa Nuea dalam dua bulan pertama setelah dia kembali ke Amerika. Dan setelah itu, dia tidak mendapatkan kabar apapun darinya. Nan yakin bahwa Nuea sedang berada di suatu tempat di dunia ini, melanjutkan perjalanan dan beristirahat dari satu tempat ke tempat lain. Tapi dia hanya bisa berharap tempat terakhir yang menjadi tujuannya akan segera tiba.
Sekarang Nan sudah berada di tahun keempat. Kuliahnya cukup sulit dan ada banyak aktivitas yang harus dijalani nya, sehingga dia tidak punya waktu untuk duduk dan melamun. Keluarganya sendiri masih sama. Pria kecil itu dapat menerima bahwa ayahnya tidak menyetujui keputusannya. Tapi dia senang ... setidaknya, sekarang pihak lain menerima keputusannya untuk menjalani hidupnya seperti apa adanya.
"Ada apa Mork? Kenapa kau tersenyum lebar seperti itu?" Nan bertanya menyikapi tingkah aneh temannya. Dia hanya bertemu dengannya seminggu sekali, tapi selalu ada cerita yang meyenangkan yang diceritakan olehnya.
"Tidak, aku hanya memikirkan Pi."
Dua tahun lalu, cinta Mork dan Pi berjalan dengan baik. Mereka berdua tampak bahagia melakukan sesuatu bersama dan selalu memberi tahunya tentang hal itu. Tapi yang menyedihkan adalah ... dia hampir lupa kapan terakhir kali dia merasakan perasaan seperti itu.Jika memikirkannya, itu mungkin adalah pada saat itu... pada saat dia dan Nuea saling melambaikan tangan di stasiun kereta.
"Apa kau bertemu dengannya?" Tanya Mok.
"Tidak."
"Apa kau tidak mendapat kabar?"
Pria kecil itu menggelengkan kepalanya. Setiap kali dia berbicara tentang penantian yang lama, senyum Nan akan segera memudar dari wajahnya. Hanya menyisakan harapan di dua matanya.
"Hei, jangan terlalu banyak berpikir. Bacalah ini... topik ini sedang hangat dibicarakan." Pria jangkung itu dengan cepat mengubah topik pembicaraan, karena dia tidak ingin teman dekatnya terlalu rendah hati dengan orang di masa lalunya.
"Lalu kenapa?"
"Siapa tahu kamu bisa saling berbagi dengan mereka."
Nan suka bermain Phantip. Dia suka membaca dan berbagi pengalaman dengan orang asing meski belum pernah bertemu. Dan Mork ingat jika dia suka itu.
"Bolehkah aku memilih topik lain, Suthaya?"
"Apa yang harus ku lakukan dengan istri yang tidak berdaya?""Apa menurutmu ini hidupmu? Hati-hati, jika Pi mendengarnya, kau pasti mati!!"
"Kalau begitu cari sendiri. Kupikir kau seharusnya mengunjungi ruang Blue Planet. Jika kau ingin mengubah suasana untuk bepergian jauh, banyak ulasan bagus disana. "
"Hmmm ... itu juga bagus. "
Jari tangannya meluncur di layar sentuh, sementara temannya duduk dan nikmati minumannya. Nan mengalihkan fokus pada ponselnya dan meng-klik untuk melihat beberapa ulasan perjalanan orang itu. Meski akhir-akhir ini sibuk, dia sering bepergian ke mana saja selain Bangkok.
"Tiga hari dua malam menikmati hidup di Lipe." Bibir tipis itu membaca judul topik di depannya minat.
Itu mengingatkannya pada saat dia jatuh di atas perahu nelayan dalam kegelapan. Namun langit dipenuhi cahaya bintang hingga menghantam permukaan air. Di sana dia melihat bintang di air.
"Mau pergi?" Tanya Mork.
"Tidak, aku pernah ke sana."
"Pergi dan datangi tempat itu lagi."
"Tanpa dia, aku tidak ingin kembali.""..."
"Oke, kupikir aku harus mencari buku untuk dibaca dan menghilangkan stres. Membaca Phantip terkadang membuatmu merasa tertekan." kata Nan sambil tertawa. Semakin dia berpikir untuk mencoba menghindari memikirkan masa lalu, akan ada lebih banyak hal yang memotivasinya untuk memikirkannya.
"Tidak apa-apa."
"Kamu yakin?"
"Hmm. Lihat topik ini. Pemilik kedai kopi ini sedang mencari seseorang. Oh, lucu. Sekarang, di Pantip ada orang yang saling mencari. Dokter, apakah aku akan menemukannya? "
" Jika dunia ini bulat, itu mungkin saja. Coba masuk dan baca kalau-kalau dia adalah seseorang yang kau kenal. "
"Sembarangan!" Meskipun dia mengatakan itu, tapi Nan langsung menekannya. Nan tidak tahu siapa yang membuat topik itu, tetapi dorongan gravitasi membuatnya melakukannya.
Di dalamnya, hanya terdapat tidak lebih dari beberapa baris dan hanya tiga gambar.
Untuk menemukan orang dalam gambar.
Kami melihat pemilik kafe ini sering menempelkan gambar seseorang di dinding. Namun ketika seseorang bertanya, dia hanya menjawab bahwa dia adalah kekasihnya dan dia sedang menunggu pihak lain. Jadi kami pikir alangkah baiknya jika mereka bisa bertemu lagi.
P.S. Coffee shop ini bernama @Seasky di Chiang Mai
Kedua matanya membelalak. Dia menggulir beberapa gambar yang dilihatnya bolak-balik beberapa kali. Tidak ada foto pemilik yang menempel di toko. Tapi tembok toko adalah tempat dimana dia dan Nuea pernah bersama. Nan mengira itu adalah kebetulan bahwa seseorang mungkin ada di tempat itu sepertinya.
Jika saja gambar terakhir tidak ada ...Gambar yang memperlihatkan Sweater Nuea yang menutupi tubuh orang di dalam gambar. Bahkan dengan punggung yang menghalanginya, pria kecil itu tahu bahwa orang yang tertutupi itu adalah dirinya.
Dia, pada dua tahun lalu....
Nan tidak akan melupakannya.Karena selalu menunggu akan kembalinya orang lain, dia sampai lupa bahwa sebenarnya dia sendiri yang harus mulai mencari orang lain. Kenapa dia tidak pernah memikirkannya sama sekali? Pria jangkung itu pernah mengatakan bahwa dia ingin membangun rumah di Chiang Mai. Dan jika itu benar, maka dia yakin jika rumah itu pasti sudah lama selesai dibangun.
"Mork..." sebuah suara manis bergetar berkata.
"Huh?"
"Bisakah kau mengantarku?"
"Kemana kau pergi? Apa kau tahu orang yang sedang dicarinya? "
" Ya, aku tahu."
" ... "
"Kita akan pergi ke Chiang Mai. "
..
Jumat di akhir pekan tiba. Nan mengepak tas dan bersiap untuk melakukan perjalanan ke utara dengan penuh harapan. Dia membawa mimpinya dan penantian selama dua tahun di ranselnya. Dia akan mengakhiri perjalanan panjangnya sendirian.
Mok dan Pi membawanya ke Chiang Mai dengan mobil yang sama. Mereka beristirahat beberapa kali, tapi tidak butuh waktu lama sampai mereka tiba di tempat tujuan. Nan hampir meledak dan tidak tertahankan. Dia ingin bertemu Nuae. Dia ingin bertemu dengan kekasih yang sudah hampir dua tahun tidak bertemu.
Dan saat sampai di hotel, Nan buru-buru pergi ke kedai kopi sesuai topik di Pantip. Dia berdiri lama di sana untuk memastikan keyakinannya bahwa dia berada di tempat yang tepat. Gambar di depan adalah kafe kayu yang terlihat hangat. Padahal, di dalam dia bisa melihat kekacauan orang-orang yang sedang menikmati kopi.Nan harus berpikir dan bertahan lama sebelum mengumpulkan keberanian untuk masuk. Akhirnya, dia berhenti di depan pintu. Pria kecil hanya takut harapan itu akan runtuh jika dia tidak bertemu Buea.
Dia akui dia sangat lelah, tapi dia tidak bisa berhenti
Bahkan jika dia tidak bertemu hari ini, Nan harus menemukannya. Dia menunggu kata 'kebebasan' dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi.
"Tidak apa-apa..." ucapnya untuk menghibur dirinya sejenak. Sebelum mendorong pintu.
Bunyi bel pintu memberi tanda kepada pemilik toko bahwa ada pelanggan baru yang datang. Tubuh kurus itu berjalan ke depan dan tatapannya menatap ke konter, tempat seseorang dengan bahu lebar berdiri, bersamaan dengan bau kopi membuatnya merasa sangat menggetarkan.
Dia melihat sebuah polaroid di dinding dengan musik Collide Morgan Wallen diputar di latar belakang.
Kaleng bir tua di depan konter, sebuah pot merah muda yang dia ingat dengan baik bahwa itu pasti mekar dengan bunga mawar berwarna putih...
Termasuk janji yang telah diucapkan satu sama lain
Hari ini ... itu nyata!!!
Nan bukan hanya mimpi. Dia berdiri di tempat baru. Tapi diisi dengan perasaan yang sama dari seorang pria.
Sosok ramping itu melangkah menuju konter dan berdiri di sana selama hampir satu menit sampai pemilik toko yang sedang asyik membuat kopi berbalik dan menoleh ke arahnya secara langsung.
Untuk Nan, Nuea tidak pernah berubah.
Dia masih sama tampan seperti dalam ingatannya.
Dua pasang mata bertemu tanpa bergerak, sebelum orang yang tinggi meletakkan cangkir kopi panas yang sudah jadi di atas meja. Wajah polos itu berubah menjadi senyuman, ketika pria itu berkata :
"Selamat datang di rumah."TAMAT