Tidak ada tempat yang lebih menenangkan selain rumah.
.
.
"Nuea, kau harus makan nak."
"...."
"Neae..."
"...."
"Nam Nuea!!!"
"Oh, telingaku mau pecah, Mae. Aku disini."
Nam Nuea sedang duduk di balkon asrama dengan tangan bertumpu pada pagar yang menghadap ke alun-alun kota dengan beberapa anak laki-laki bermain bola basket yang, di lain waktu, mungkin memanjakan mata tapi saat ini dia hanya bisa menghela nafas. Dia bahkan tidak menyadari bahwa ibunya telah masuk.
'Sejak kapan dan kenapa Mae tidak mengetuk pintu?' Pikirnya. Dia hanya memperhatikannya ketika ibunya meneriakinya begitu keras sehingga bahkan anak laki-laki yang bermain di area umum tampak terkejut tapi dia dengan cepat berbalik dan tersenyum nakal pada mereka saat ibunya meninju bahunya.
"Aku berteriak sampai mulutku hampir pecah."
"Biarkan aku melihat apa mulutmu patah, Mae. Apa kau ingin obat? Aku akan pergi mencarinya."
"Kau pikir, kau sangat lucu?"
"Aku hanyalah aku. Seorang pria muda tampan dengan kulit putih." Dia tersenyum menunjukkan giginya yang rapi dengan nada jenaka.
Meskipun matanya bengkak dan merah, menunjukkan bahwa dia telah menangis sejak dia kembali ke rumah. Ibunya mengambil tangannya untuk membawa pria itu ke kamar tidur dan mendorongnya untuk duduk di tempat tidur seolah mengatakan bahwa dia tidak akan menunggu lebih lama lagi.
"Apa yang terjadi di Bangkok?"
"...."
Nam Nuea ingin terus menghindari hal-hal seperti yang dia lakukan sejak hari dia kembali ke rumah. Tapi kali ini, dia tidak bisa membuat lelucon. Dia harus tenang karena dia tidak berani menatap mata ibunya. Dia tidak berani mengatakan... apa yang telah dia lakukan.
Dia telah tidur dengan calon pengantin pria dan itu tidak ada bedanya dengan dicap mencuri suami dari istrinya.
"Nuea, kau sudah tahu, bukan? Apapun yang terjadi, kau tetap anakku." Ibunya meremas tangannya saat dia duduk di sebelahnya. Matanya berkilat khawatir dan mereka menatapnya sampai Nam Nuea hanya bisa pergi.
"Mae, aku melakukan kesalahan."
"Apa yang kau lakukan?" Sang ibu bahkan tidak memikirkannya, dia langsung bertanya dengan suara rendah, sementara Nuea menundukkan kepalanya seolah dia berusia enam tahun.
"Aku telah melakukan banyak hal buruk, aku membuat kesalahan besar."
Ibunya selalu mengajarinya untuk menjadi orang yang baik. Jika dia mengetahui apa yang telah dia lakukan, bagaimana perasaannya?
"Jadi apa salahmu? Kau bisa memberitahuku?"
"Aku tidak berani mengatakannya." Nam Nuea menunduk saat matahari di pinggiran mulai terbenam. Sebagian langit menjadi gelap, karena hatinya hampir kosong dan dia tidak memiliki cahaya untuk menemukan jalan keluar.
"Jadi, jika kau akan menderita sendirian, apa gunanya menjadikanku sebagai ibumu?"
Nam Nuea tertegun saat air mata menggenang. Jantungnya berdebar kencang saat dia meremas tangan ibunya erat-erat. Apa yang dia rasakan terlalu kuat bagi ibunya untuk tetap acuh tak acuh.
Putranya, yang sekarang sudah menjadi laki-laki, bagaimana dia bisa begitu sedih? Siapa yang membuatnya merasa seperti ini?
"Nuea, aku tidak tahan melihatmu seperti ini. Siapa yang melakukan ini padamu?"