Tidak ada orang yang berbohong lebih baik daripada pria.
"Aku tidak percaya Yihwa akan melakukan hal seperti ini."
"Mengenai masalah ini, aku harus meminta maaf atas nama Yihwa. Aku tidak pernah berpikir bahwa dia mampu melakukan sesuatu seperti ini."
Sailom telah kembali ke Bangkok beberapa hari yang lalu. Soal penerbangan Yihwa ke luar negeri masih menjadi perbincangan.
Saat itu, ibu Yihwa sedang berada di rumah Sailom dengan wajah muram, meminta maaf atas tindakan putrinya yang membuat ibu Sailom mengangguk mengerti meskipun ekspresi wajahnya... seperti seseorang yang akan meledak.
"Aku juga harus meminta maaf kepada Lom atas nama putri ku." Wanita itu menoleh untuk melihat wajah korban dalam cerita itu.
Kedua tangan Sailom di atas lutut sedikit terkatup. Wajahnya tajam, janggutnya dibiarkan tumbuh dan matanya kering tak bernyawa, membuat wanita yang datang jauh-jauh untuk meminta maaf itu menjadi malu.
"Mungkin lebih baik bagiku untuk tidak mengetahui bahwa dia sudah memiliki seseorang."
" Lom..."
Pria muda itu berbalik untuk menatap mata ibu yang memanggilnya dengan menyedihkan.
Wanita itu mengulurkan tangan untuk meletakkan tangannya di tangan Sailom, tapi dia menariknya, perlahan menggelengkan kepalanya mengatakan dia tidak butuh belas kasihan dan berbalik untuk melihat orang lain.
"Bibi, apa kau sudah bisa menghubunginya?
Pihak lain terdiam sesaat sebelum mengangkat sapu tangan untuk menyeka air matanya.
"Sama sekali tidak. Wa belum menghubungiku. Selain itu, sepertinya dia sudah bersiap untuk meninggalkan Thailand. Dia sudah menyiapkan visa dan paspor, ini ulah pekerjaan temannya. Jika Yihwa tidak bergaul dengan teman seperti itu, ini tidak akan terjadi!
"Teman seperti itu? Apa maksudmu?"
Satu-satunya orang yang tidak tahu bahwa mempelai wanita itu tidak menyukai seorang pria adalah seorang wanita yang bertanya dengan kosong karena dia tampak benar-benar tidak percaya. Sailom yang sedang duduk di sana menarik napas dalam-dalam dan dialah yang memecahkan kesunyian.
"Dia tidak benar-benar mencintaimu, kan? Kau hanya.... Penyamaran untuk Yihwa."
"Sailom, apa kau sudah tahu ini?"
Pria muda itu menoleh untuk melihat ibunya dan bertanya dengan suara kering:
"Mae, apa menurutmu aku bodoh? Aku cukup tahu untuk memahami bahwa teman yang dimaksud bukan hanya seorang teman, tapi karena aku sangat mencintai Wa, aku pikir dia juga merasakan hal yang sama. Itu sebabnya aku mencoba untuk mengabaikannya. Aku mencoba membohongi diriku dengan mengatakan pada diriku sendiri bahwa terlepas dari segalanya, dia mencintaiku... untuk alasan itu aku tidak pernah menyerah, bahkan tidak sekalipun." katanya menyakitkan dengan suara yang dalam. Kedua ibu itu menundukkan kepala seolah menahan air mata, sehingga mereka terdiam.
Ibu Sailom merasa kasihan pada putranya.
Ibu Yihwa sendiri... takut putrinya tidak akan pernah memiliki kesempatan sebaik ini lagi.
"Sailom, jangan berkecil hati. Aku akan terus berusaha berkomunikasi dengan Yihwa. Semua ini mungkin masih bisa diperbaiki. Beri dia kesempatan, aku akan meyakinkan dia akan tahu betapa kau mencintainya." Kata-kata wanita itu seolah masuk ke telinga kiri Sailom dan langsung masuk ke hati ibunya melalui telinga kanannya.
"Meyakinkan? Agar putrimu menyakiti putraku lagi."
"Kenapa kau mengatakan ini?"
"Yihwa telah melakukan begitu banyak kekacauan, dab kau meminta agar dia memiliki kesempatan? Ketika putrimu melarikan diri ke luar negeri, keluarga kami yang merasa malu. Bagaimana Sailom bisa menghadapi orang-orang setelah dia ditinggalkan oleh calon pengantinnya yang ternyata selama ini sudah memiliki kekasih sesama wanita?!".