"papah... biba mau beli kue pukis boleh?"
Zahira atau habibah yang sekarang ini gak mau dipanggil rara maunya biba itu masang muka melasnya dari carseatnya di belakang bikin amar senyum tipis.
"boleh... beliin mama juga ya?"
"eung!!"
Habibah yang tadi ikut amar meeting sama petinggi yayasan itu duduk manis di kursinya sambil berceloteh lucu. Si kecil biba ini udah semakin gede semakin pintar ngomong.
Walaupun tadi sepanjang meeting Habibah cuma diem merhatiin amar sambil main game di HP papanya biar gak suntuk di sepanjang meeting. Begitu ya kalau punya anak, aplikasi di HP orang tuanya isinya game punya anaknya.
"papah papah..."
"iya sayang?"
"papah puasa tida?" tanya Habibah penasaran.
Amar jawab dengan perhatian penuh ke jalan raya "puasa dong... biba puasa tidak?"
Habibah ngangguk "eung! puasa dikit-dikit"
Amar ketawa karena lucu aja penyampaian anaknya soal dia yang belum bisa sepenuhnya puasa.
"masyaallah.. pinternya anak papa yang sholeha.. gak papa puasa dikit-dikit nanti makin besar bisa makin penuh puasanya ya sayang" jawab amar lembut.
"eumm... biba memang anak papa!"
***
"papah papah.."
Amar yang lagi antri kue pukis itu nunduk buat natap Habibah yang tarik tarik celananya amar.
"kenapa sayang?"
Habibah ndongak "biba mau lihat bikinnya papah... papah bisa tida gendong biba?"
Amar senyum gemas sama anak kicik berusia 3 tahun lebih itu "boleh.. sini papa gendong"
"makasih papah!"
Setelah beli kue pukis amar nanya ke Habibah yang ada di gendongannya "biba mau beli apa lagi sayang?"
Habibah merhatiin semua yang dia lewati terus nunjuk ke satu stand yang cukup menggiurkan "biba mau itu boleh?"
Amar ngerutin dahinya pas liat stand yang ditunjuk Habibah tadi itu stand yang menjual aneka olahan durian.
"emangnya biba mau durian?" amar balik nanya ke Habibah.
Habibah melengkungin bibirnya "biba pernah lihat mama makan buahnya dan biba dikasih dikit sama mama. Enak papah... boleh yaaa?? pwissseee"
Amar yang emang lemah sama apapun bujuk rayunya si kecil langsung diiyain aja "tapi janji sama papa gak boleh makan banyak-banyak ya? biba masih kecil gak baik makan durian banyak-banyak ya nak"
Habibah nganggukin kepalanya dengan semangat "uummm! insyaallah papah.. papah makasih ya suda mau turuti semua maunya biba.. biba sayang papah banyak-banyak!!" terus kecupin pipi Amar bertubi-tubi.
"hahaha.. papa juga sayang biba banyak-banyak..." kali ini gantian Amar yang cium-cium pipi bulatnya si biba.
***
Amar bawa pulang Habibah setelah beli satu buah durian montong sama satu pack pie durian buat chana. Chana kan suka durian jadi Amar beliin juga buat istrinya itu.
Amar tadi sengaja bawa Habibah ikut ke kantor karena Amar tau kalau chana itu lagi sibuk bantu uminya masak-masak buat syukuran sekalian buka bersama dalam rangka adik bungsunya chana resmi buka kantor notarisnya sendiri.
Berhubung chana lagi gak puasa jadi dia ke rumah uminya buat jadi pencicip makanan karena disuruh uminya.
"kita turun sebentar ya sayang... papa mau ambil barangnya mama yang ketinggalan sama sekalian taruh duriannya di rumah" kata Amar setelah mobilnya berhenti di carport rumahnya.
"kenapa ndak dibawa ke rumah uti sekalian papah?"
Habibah miringin kepalanya dengan gemas karena bingung bikin Amar ketawa.
"uti kan gak suka durian, nanti kalau uti muntah-muntah terus sakit gimana?" jawaban Amar bikin Habibah berpikir keras.
"bener juga! nanti uti sakit kan kasihan ya papah... nanti uti tida bisa ajak biba main ayunan"
Amar senyum "tuh biba tau... jadi nanti kita bawakan kue pukis aja yaa..."
"oteeeyyy!!"
—
"mamaaaahhh!!!"
"ehh jangan lari-lari sayang!"
Chana nangkap Habibah yang lari kearahnya dengan khawatir. Habibah cuma nyengir sambil meluk kaki chana yang terbalut gamis berwarna abu-abu.
"hehehe assalamu'alaikum mamah!"
Habibah cium tangan chana terus chana jongkok buat kasih pelukan sama ciuman ringan di pipi Habibah.
"waalaikumsalam cantiknya mama... papa mana sayang?" kata chana.
"papah lagi ke belakang mamah sama akung" jawab Habibah.
"kalau gitu biba main dulu ya sama bang lian sama kak ara. Tuh mereka nungguin biba dari tadi"
"okeh siaappp!!"
Chana geleng-geleng kepala liat Habibah yang udah lari ke taman samping rumah dimana ada para sepupunya main disana. Chana lagi menyambut tamu-tamunya izan; adiknya chana.
Acara syukuran sekaligus buka bersama ini dihadiri sama rekan kerjanya izan di kantor lama sekaligus kantor barunya. Walaupun acaranya sederhana tapi tetep aja meriah.
"mamah mamah..." bisik Habibah.
"apa sayang?"
"kenapa umi pasangannya itu abi? kok bukan ubi?"
Pertanyaan Habibah bikin chana gak bisa nahan ketawanya. Bahkan nayla aja sampai noleh kearah chana karena kaget denger suara chana yang mau nyembur itu.
"kenapa chan?"
Chana nyengir "nanti aku ceritain ya kakak ipar"
Nayla muterin bola matanya males "huh dasar~"
Habibah yang ada dipangkuan chana itu ndongak buat nagih jawaban atas pertanyaannya itu "ish mamah ini... kenapa tida dijawab hmpp!"
Chana ngecup pucuk kepala Habibah terus ngomong dengan jenaka "kalau pasangan umi itu ubi jadinya nanti dijadiin kolak dong? atau bola-bola ubi? emang biba mau kalau mama dipanggil umi terus papanya kolak ubi?"
Habibah geleng-geleng kepala "ndak mauuu... nanti papa biba makan kalau jadi kolak:("
Dasar anak papa!
ʕ •ᴥ•ʔ
mau dobel up tidaaaa???
sebagai caraku menebus rasa bersalah karena udah bikin book ini terbengkalai😔🙏🏻sabtu, 23/03/2024
07:57 p.m
KAMU SEDANG MEMBACA
Qaddara Allah
Fanfiction____________________________________________ qaddara Allah adalah kata kerja (fi'il) yaitu qaddara dengan identitas zamannya adalah lampau (madhi) dan subjek (fa'il) yaitu Allah. Sehingga makna harfiahnya adalah "Allah telah mentakdirkan". _________...