Chana makin gugup pas amar Dateng bersama rombongan keluarganya.
Mereka bakal ngelakuin akad nikah di masjid yang gak terlalu jauh dari rumah chana.
Emang sengaja karena chana mau suasananya itu yang sakral gitu.
Amar udah duduk tegap di seberang penghulu dan wali dari pihak Chana yang tidak lain dan tidak bukan adalah abinya.
Amar berhadapan langsung sama abinya chana. Sedangkan chana nungguin di dalam masjid. Mereka belum boleh ketemu dulu karena mereka belum sah.
Acara udah dimulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran yang dibawakan sama a' ijan. Jangan salah ya, meskipun keliatan bobrok tapi a' ijan itu hafidz.
Abis itu acara dilanjutkan dengan khutbah nikah yang dibawakan oleh abinya amar. Dan beliau baca doa:
بسم الله الرحمن الرحيم اللهم صل على محمد وآل محمد الحمد لله المحمود بنعمته، المعبود بقدرته، المطاع بسلطانه، المرهوب من عذابه وسطواته النافذ أمره في سمائه وأرضه، الذي خلق الخلق بقدرته، وميزهم بأحكامه وأعزهم بدينه، وأكرمهم بنبيه محمد (صلى الله عليه وآله وسلم)، إن الله تبارك اسمه، وتعالت عظمته، جعل المصاهرة سبباً لاحقاً، وأمراً مفترضاً أوشج به الأرحام، وألزم الأنام، فقال عز من قائل: (وهو الذي خلق من الماء بشراً فجعله نسباً وصهراً وكان ربك قديراً) فأمر الله تعالى يجري إلى قضائه، وقضاؤه يجري إلى قدره، ولكل قضاء قدر، ولكل قدر أجل ولكل أجل كتاب: (يمحو الله ما يشاء ويثبت وعنده أم الكتاب). ثم إن الله عزوجل أمرني أن أزوج فاطمة بنت خديجة من عليّ بن أبي طالب فاشهدوا أني قد زوجته على أربعمائة مثقال فضة إن رضي بذلك علي بن أبي طالب
Artinya : “Segala puji bagi Allah yang dipuji dengan segala nikmat-Nya, yang disembah dengan ketentuan-Nya, yang ditaati dengan kekuasaan-Nya, yang ditakuti azab dan kekuasaan-Nya, yang perkara-Nya meliputi langit dan bumi-Nya, yang menciptakan makhluk dengan takdir-Nya, yang mengistimewakan makhluk-Nya dengan hukum-Nya, yang memuliakan mereka dengan agama-Nya, yang menjadikan mereka mulia dengan Nabi-Nya Muhammad saw. Sesungguhnya Allah nama-Nya Maha Mulia, Maha Tinggi dan Maha Agung. Ia telah menjadikan mushaharah (hubungan keluarga karena pernikahan) sebagai sebab penerus generasi manusia, perkara yang menjadi sebab penyambung keluarga dan penerus generasi manusia”
Kemudian abinya amar membaca doa yang dia terapkan dari Rasulullah saat menikahkan putrinya yang bernama Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib
جَمَعَ اللهُ شَمْلَكُمَا، وَأَسْعَدَ جَدَّكُمَا، وَبَارِكْ عَلَيْكُمَا، وَأَخْرَجَ مِنْكُمَا كَثِيراً طَيِّبًا
Artinya : “Semoga Allah mengumpulkan kesempurnaan kalian berdua, membahagiakan kesungguhan kalian berdua, memberkahi kalian berdua, dan mengeluarkan dari kalian berdua kebajikan yang banyak.”(kitab Ar-Riyadh An-Nadhrah 2:183, bab 4). Riwayat hadis ini bersumber dari Anas bin Malik, salah seorang sahabat Nabi saw.
Selesai pembacaan khutbah nikah penghulunya ngasih tau ke abinya chana buat nanya ke amar tentang statusnya, bentuk dan jumlah mahar dan sebagainya.
"Jadi nak amar, apa mahar yang kamu siapkan?"
Amar senyum tipis lalu ngomong "saya memberi mahar seperangkat alat sholat, emas lima gram dan surat Ar Rahman"
Hadirin berdecak kagum ketika amar mulai melantunkan ayat-ayat dari surah Ar Rahman.
KAMU SEDANG MEMBACA
Qaddara Allah
Fanfiction____________________________________________ qaddara Allah adalah kata kerja (fi'il) yaitu qaddara dengan identitas zamannya adalah lampau (madhi) dan subjek (fa'il) yaitu Allah. Sehingga makna harfiahnya adalah "Allah telah mentakdirkan". _________...