1:1

184 92 97
                                    

Naziya adalah seorang gadis muda berusia 19 tahun yang tinggal sendirian di sebuah rumah sederhana di pinggiran kota Bandung. Dia adalah seorang anak yatim piatu yang kehilangan kedua orangtuanya dalam kecelakaan mobil tragis satu tahun yang lalu. Setelah kepergian orangtuanya, Naziya harus belajar hidup mandiri di tengah keterbatasan yang dia miliki.

Pagi itu, Naziya terbangun oleh suara hujan yang memukul genting-genting rumahnya dengan kerasnya. Dia duduk di ujung tempat tidurnya yang sederhana, merenung tentang kehidupannya yang sulit. Meskipun usianya masih muda, Naziya tidak bisa melanjutkan pendidikannya setelah kehilangan orangtuanya karena keterbatasan finansial.

Naziya melangkah ke jendela kecil kamarnya dan melihat keluar. Tetesan-tetesan hujan yang lebat memperkuat perasaan kesendirian dan kehilangannya. Namun, di tengah kegelapan hujan, ada juga rasa keteguhan dalam dirinya. Dia tahu bahwa meskipun hidupnya sulit, dia harus tetap kuat dan berjuang melawan segala rintangan.

Naziya melirik jam dinding kamarnya, jam menunjukkan pukul 02.48, Naziya menghembuskan nafasnya pelan, dia harus segera melaksanakan sholat tahajjud, dia tidak ingin meninggalkan salah satu ibadah yang pahalanya berlipat ganda.

__________________

Rasulullah Saw bersabda
"Hendaklah kalian melakukan qiyamul lail. Karena hal itu merupakan kebiasaan para orang shalih sebelum kalian".
Qiyamul lail juga dijadikan, Sebagai bentuk kedekatan hamba kepada Tuhannya dan sebagai pencegah dari perbuatan dosa.

Waktu pelaksanaan qiyamul lail adalah setelah sholat isya' sampai sebelum adzan subuh. syaratnya yang penting itu udah tidur ya gaiss,,tidur lima menit juga gapapa kalo misal mau melaksanakan sholat tahajjud tapi kebangun dan takutnya nggak sempet itu langsung sholat tahajud gapapa.

Menurut madzhab, Syafi'i qiyamul lail adalah seluruh shalat Sunnah dan ibadah lainnya dan yang dilakukan setelah sholat isya' sampai subuh. Sedangkan sholat tahajud merupakan sholat Sunnah (tidak termasuk ibadah lainnya) yang mengharuskan seseorang untuk tidur terlebih dahulu meskipun hanya tidur sebentar.
_________________________

Naziya melawan rasa dinginnya saat mengambil air wudhu, setelah itu Naziya bergegas melaksanakan sholat tahajjud. sejak kecil Naziya selalu dia ajarkan kebaikan oleh kedua orangtuanya, mulai dari sholat Dhuha, tahajjud, dan berbagai kebaikan lainnya seperti sedekah. memberi makan fakir miskin dan lain sebagainya.

Meskipun dia lahir dari keluarga yang sederhana, tapi kebaikan ayah dan ibunya, perhatiannya, memiliki makna tersendiri bagi Naziya.

Naziya menangis di dalam rakaat terakhir tahajjudnya, mengingat kedua orangtuanya benar-benar membuat nya kembali rapuh. Ayah dan ibunya meninggalkannya secara bersamaan.

Naziya menengadahkan tangannya untuk berdoa, air matanya terus mengalir, dia terisak pelan, sungguh dia merasa sangat rapuh sekarang.

Setelah menyelesaikan sholat tahajud di tutup dengan witir, Naziya pun mulai membaca Al-Qur'an, sambil menunggu adzan subuh berkumandang.

🍒

Pagi ini Naziya sibuk mengaduk adonan dengan penuh antusias di dapur yang dihiasi cahaya remang-remang dari jendela yang tertutup awan. Suara langkah-langkah ringannya terdengar di lantai ubin yang dingin. Meskipun cuaca mendung, aroma harum dari kue yang sedang dipanggang mengisi seluruh ruangan, membuat pagi yang sejuk itu terasa hangat dan menyenangkan.

Setelah kepergian orangtuanya yang tragis, Naziya merasa hampa dan kesepian. Namun, dia menemukan kekuatan baru dalam warisan yang ditinggalkan oleh kedua orangtuanya, terutama resep-resep kue dari ibunya. Dengan tekad yang kuat, Naziya memutuskan untuk menghidupi dirinya sendiri dengan menjual kue-kue tersebut.

SkyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang