Selamat membaca💎💎
ΩΩΩΩΩ
"Pertanyaan berikutnya, diameter batang pohon mangga jauh lebih lebar dibandingkan dengan diameter batang jagung. Hal ini karena batang pohon mangga memiliki....."
Tanpa berembuk, Doyoung segera memencet bel timnya tanpa ragu.
"Ya, Tim B!"
"Hal ini karena batang pohon mangga memiliki meristem sekunder." jawab Yedam lantang.
MC mempersilahkan kepada Tim B untuk mengemukakan penjelasan atas jawaban yang mereka berikan.
"Penambahan diameter batang terjadi karena adanya aktivitas meristem sekunder yaitu kambium. Pohon mangga bisa melakukan pertumbuhan sekunder karena memiliki jaringan meristem sekunder atau kambium pada batangnya. Karena itu, ukuran batangnya lebih lebar. Sebaliknya, jagung termasuk tumbuhan monokotil yang tidak memiliki kambium sehingga tidak dapat melakukan pertumbuhan sekunder. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah meristem sekunder." jelas Yedam sembari melirik tim lawan remeh.
"SEPULUH POINT UNTUK TIM B!"
Tim A mendesah kecewa karena Tim B telah berhasil mengejar skor, sehingga sekarang skor kedua tim bernilai seri.
"Baik untuk pertanyaan terakhir, membuka dan menutupnya stomata dipengaruhi oleh banyak faktor. Stomata akan menutup apabila....."
Seusai MC membacakan soal terakhir, para peserta cerdas cermat segera berembuk antar tim yang diberi waktu 10 detik untuk memberikan jawaban.
"Yakin?" tanya Mingyu kepada kedua rekannya. Yedam dan Doyoung sontak mengangguk bersamaan untuk membenarkan jawaban mereka.
Langsung saja Yedam memencet bel yang telah disediakan untuk tim mereka.
"Ya, Tim B!"
Doyoung tersenyum manis. "Jawabannya, tekanan turgor menurun."
"Tolong dijelaskan!"
Dengan tenang Doyoung berdiri. "Ketika sel-sel penjaga mengeluarkan ion K+ melalui proses transport aktif, maka stomata akan menutup. Menurunnya kadar zat terlarut di dalam sitoplasma sel penjaga, menyebabkan potensial air di dalam sel menjadi meningkat. Akibatnya, air akan berosmosis ke luar dari sel penjaga, sehingga sel penjaga berada dalam kondisi flaccid atau tidak turgor. Saat berada dalam kondisi ini, kedua sel penjaga akan berdekatan sehingga celah stomata menjadi menutup. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah stomata akan menutup apabila tekanan turgor menurun." jelasnya dengan percaya diri.
"SEPULUH POINT UNTUK TIM B!"
Tepuk tangan gemuruh terdengar menandakan selesainya lomba cerdas cermat antar SMA tersebut. Tim B keluar sebagai juara pertama. Senyum bahagia terbit di wajah Yedam, Doyoung dan Mingyu. Tak lupa mereka melakukan highfive satu sama lain.
Medali, sertifikat serta uang tunai telah mereka dapatkan. Kini ketiganya tengah menikmati suasana kemenangan mereka di kantin kampus.
"Liat nggak tadi ekspresi tim sebelah?" tanya Mingyu berbisik pelan.
Yedam melirik sekilas keberadaan Tim A yang berjarak dua meja dari mereka. "Gue liat. Mulutnya sampe komat-kamit."
Doyoung hanya terkekeh pelan seraya menikmati bakso yang sebelumnya telah dia pesan.
"Gue udah yakin sih tadi, kita pasti bakalan menang. Kan, ada gue!" ujar Doyoung disertai dengan wajah songongnya.
Yedam dan Mingyu yang mendengarnya hanya tersenyum tipis dan menggelengkan kepala karena sudah terbiasa dengan sikap Doyoung yang sombongnya minta ampun.
KAMU SEDANG MEMBACA
Thisavrós (Treasure)
FanfictionBagaimana jadinya jika kedua belas pemuda dikejutkan dengan fakta kehidupan mereka yang sesungguhnya? Sebuah fakta bahwa mereka adalah keturunan dewa-dewi Apa yang akan mereka lakukan? Akankah mereka mampu menghadapi ramalan yang sudah ditakdirkan...