Yushi sakit

390 31 0
                                    

Sion kelimpungan, ngurus anak-anaknya. Maklum emaknya lagi sakit, gegara hujan kemarin sore. Waktu itu Yushi lagi di jalan otw pulang, ni anak dengan bodohnya gak bawa hujan padahal udah liat prakiraan cuaca beberapa jam sebelum berangkat ke supermarket buat belanja mingguan. Dipikirnya prakiraan cuaca gak selalua akurat, dan buruknya prakiraan cuacanya bener sore itu turun hujan lebat pas Yushi udah setengah perjalanan mau pulang, Yushi ini tipe orang yang gampang sakit kalo kehujanan walaupun cuman kena bentar atau sedikit doang.

Pulang-pulang langsung dimarahin sama diceramahin lakinya, berasa bocil yang kena omel maknya, soalnya ni laki gak selese-selese marahnya, sampe ke kejadian-kejadian lalu yang dibahas ulang, maklum Sion emang tipe emak-emak kalo udah ngomel. Gitu-gitu dia khawatir sama Yushi, takut laki gemesinnya jatuh sakit dan bener aja ni anak langsung sakit, Yushi kalo sakit manja banget bahkan bisa lebih manja daripada si adek yang baru umur 1 tahun. Sion berasa punya 3 bocil. Iya, mereka udah punya 2 anak, yang satu unur 5 tahun yang satunya umurnya baru 1 satu tahun.

Nih ya, bayangin Sion harus bangun pagi banget daripada biasanya, yang biasa ni orang bangun pukul setengah 6 jadinya harus mundur 30 menit. Masak bubur buat Yushi, nyiapin baju buat abang, mandiin si bungsu udah gitu suapin Yushi dulu baru anter si abang. Nyampe sekolah para buibu komplek G5 pada heran ini si abang kok dianter bapaknya, biasa juga Yushi yang nganter sambil nungguin anaknya pulang dari tk, sambil ngegosip bareng, dimanapun kapanpun agendanya gak pernah berubah :) ditanya lah tuh si Sion sama Taerae.

"Yushi mana dah bang? Kok elo yang anterin si Hiro?"

"Anaknya sakit"

Taerae beroh ria, sementara ayah dua anak itu buru-buru pulang. Anak bungsunya belum dikasih makan, pas nyampe Sion langsung bikin mp asi. Ada drama sedikit pas ngasih makan si bungsu, anaknya rewel gak mau makan. Di bayi banyak gerak, sampe-sampe jatuh dari kursi khusus buat makan bayi. Makanannya jatuh semua dan meluber dimana-mana,  pas pula waktu itu Sion lagi di dapur mau ngambil air minum buat si dedek, ehhh anaknya keburu nangis, bikin Sion secepat kilat lari ke ruang tamu. Anaknya jatoh dengan tidak elit, Sion panik langsung ngegendong Yuri. Bajunya Yuri kotor semua sampe le rambut tu anak, mandi lagi deh :)

Sementara di kamar Yushi sendiri denger Yuri nangis, mau bangun tapi badannya lemes banget. Untungnya Yuri nangisnya gak lama. Balik lagi ke adegan bapak sama anak ini, Yuri di dudukin di lantai, sebelumnya ama Sion udah di lepasin satu persatu bajunya, mau dimandiin tapi sebelum itu Sion mau berbetes kekacauan yang dibuat anaknya dulu. Asyik bersih-bersih sampe gak nyadar si bocil udah gak ada si karpet, si Yuri merangkak ke arah dapur, tau gak sih? Dimata anak kecil apapun keliatan menarik. Si Yuri ngeliat kulkas, matanya berbinar anak satu tahun itu penasaran sama isinya. Dengan sekuat tenaga kecilnya dia buka tu kulkas, dan kebuka. Ni anak sempat tepuk tangan sambil ketawa pelan, ayahnya gak tahu apa-apa orangnya lagi sibuk ngepel lantai.

Yuri berdiri dibantu sama dinding kulkas yang jadi penahan bobot tubuhnya, mata kecilnya liat sesuatu yang menarik! Ada kue! Kayaknya itu bekas kue ultah bapaknya kemarin. Tangan kecilnya berusaha buat ngegapai kue itu, dan berhasil. Yuri berasa punya mainan baru, kue cantiknya awalnya cuman ditepuk-tepuk kecil sambil ngomong bahasa bayi yang gak dimengerti siapapun selain Yuri sendiri. Awalnya sih tepukan pelan sampe jadi tepukan brutal, trus cengkraman yang bikin kuenya jadi gak berbentuk, kue strawberry itu jadi ngotorin lantai dan kukasnya, ini kalo sampe Sion tahu kayaknya bapaknya bakal lebih tantrum dari anaknya.

Mukanya Yuri udah kotor banget, tadi ni anak ngambil kuenya satu genggam baru dimasukkin ke mulut. Bosen sama kue, Yuri lihat ada ada susu kotak yang gak habis dan dimasukkin ke kulkas. Tu anak ngambil susu tadi, terus dicengkran kuat yang bikin isinya keluar dan tumpah ngotorin lantai. Yuri seneng, tumpahannya udah kayak air mancur yang kemarin Yuri liat di Youtubenya Yushi. Bapaknya amsih belum sadar, sampe si Sipn selesai sama urusan ngepelnya, dan mau gendong Yuri ke kamar mandi tapi pas nengok ke karpet bulu tempat dia naruh Yuri, anaknya udah ilang gak tahu kemana. Panik part dua si bapak, andai ada kamera Sion udah ngelambaiin tangan gak sanggup.

Sion nyari Yuri kemana-mana saking paniknya, lari sekeliling rumah sampe lantai dua pun ditelusuri padahal anaknya belum bisa naik tangga. Ruangan terakhir yang belum di cek cuman dapur, berharap dalam hati Yurinya ada di dapur. Pas nengok ke dapur, Sion kaget ngeliat Yuri udah kotor lagi sama tumpahan susu dan sisa kue semalam. Beneran deh, dia tuh pengen nangis, marah, kesel bercampur aduk. Sion capek bener hari ini, ternyata ngurus anak dan gantiin tugas emak-emak tuh sulit yaaaa.

"Arghhhhhhh" saking capeknya, Sion teriak bikin Yushi yang ketiduran gegara lemes banget kebangun lagi, dia cepetan nyamperin lakinya.

"Yang, kenapa sih? ASTAGA YURI!!!!" Yushi cepet-cepet ngangjat Yuri, badannya udah lengket plus kotor banget.

"Kamu apain sampe bisa begini?" Kepalanya yang pusing makin pusing dibuatnya.

Sion udah gak punya tenaga lagi, gak bisa berkata-kata. Ni bapak-bapak duduk lemes di depan kulkas, Yushi ngehela nafas. Lakinya kayak orang bengek, abis lari seribu putaran dianya kasihan. Gak lagi deh nitip anak ke suaminya kalo Yushi lagi sakit atau lagi sibuk, kasihan Sionnya jadinya. Yushi gendong Yuri ke kamar mandi, anaknya harus dimandiin segera udah cemong banget, dari kepala sampe kaki. Dekil kayak anak-anak gak terawat, Yushi meringis ini gimana ceritanya bisa begini? Gak cuman bapaknya yang keliatan abis kena badai anaknya juga, lebih parah dari bapaknya malah.

Yuri udah mandi, udah wangi plus ganteng kayak bapaknya. Sekarang lagi main di ruang tenagh sama Yushi, walaupun Yushi rada keliyengan. Kepalanya masih sakit, tapi mau nitip Yuri ke bapaknya takut nanti si Yushi kena serangan jantung lagi liat anaknya abis adu mekanik sama badai. Jadi mending dia deh yang ngasuh si dedek yang kelebihan aktifnya :) Sion mh udah tepar di ranjang, kecapekan padahal gak ada satu hati gantiin peran Yushi. Tadi aja udah ngeluh.

"Gak lagi deh, nanti kalo kamu sakit titip ke daycare aja. Mending kerja full satu minggu daripada harus jagain Yuri satu hari." Bilangnya begitu sambil nangis boongan, Yusho geleng-geleng kepala sama tingkah laku suaminya. Padahal dulu pernah dititipin 5 bokem termasuk dirinya, mantan bocilnya Sion.

"Hushhh, gak boleh gitu ihh. Gini-gini juga anak kakak tahu!" Sion udah pasrah, gelendotan di bahu Yushi, ngecas energi katanya. Sementara suaminya itu agak kesusahan nopang beratnya Sion sambol gendong Yuri.

"Maaf"

Berakhirlah hari melelahkan Sion, padahal gak ada bandingannya sama hari-hari Yushi yang disibukkan sama 2 anaknya. Sion jadi lebih menghargai Yushi, dia tahu gimana capeknya ngurusin anak dari pagi sampe malam sampe ketemu pagi lagi. Tapi Yushi sabar banget, jarang marah sama anak-anaknya. Walaupun ruamh udah kayak kapal pevah bentukannya, ni emak-emak satu always happy kiyowo. Karena kata Yushi anak tuh gak boleh dibentak dan sedih, anaknya harus tumbuh dengan bahagia. Karwna kebahagiaan anak juga kebahagiaan orangtua, jadi pengen punya ibu sepengertian Yushi hehehehehe.

****

Tbc

Sebenernya ini keluh kesah saya yang sering disuruh ngasuh bokem 5 taun, yang gak bisa diem, aktif polllll.

Sebenernya ini keluh kesah saya yang sering disuruh ngasuh bokem 5 taun, yang gak bisa diem, aktif polllll

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Sedih banget gue sebenernya, ada yang bilang wish gak ikutan, tapi aku juga gak tahu. Yaudahlah sekian, bye bye.

TetanggaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang