"Ya ampun... Jiang Cheng tidak akan membunuhku, kan?!" Wei Wuxian bertanya dengan wajah pucat saat ia duduk di atas Lil Apple sementara Lan Wangji menarik tali kekang saat mereka berjalan menuju Dermaga Lotus. "Oh, tidak... kurasa ia akan melakukannya. Lagipula -!" ia memejamkan matanya rapat-rapat saat mengingat apa yang terjadi kemarin, hari ketiga setelah mereka bermain permainan papan dengan Jiang Cheng dan Lan Xichen.
Dia dan Lan Wangji melakukan perjalanan lagi, dan, secara kebetulan, mereka melewati tempat Wei Wuxian mengambil papan permainan.
"Eh? Lan Zhan. Bukankah di sinilah aku mengambil permainan papan lama itu?" Wei Wuxian bertanya pada Lan Wangji.
"En." Lan Wangji mengangguk.
Tepat saat itu, seorang lelaki tua yang menunggangi seekor lembu yang sedang menarik kereta jerami lewat. Matanya terbelalak dan wajahnya tampak panik. "Apa?! Tuan muda, apa yang baru saja Anda katakan?!" tanyanya sambil menatap Wei Wuxian.
"Eh? Pak tua, kenapa kau terlihat begitu takut?" tanya Wei Wuxian. "Aku baru saja mengatakan aku mengambil permainan papan lama di tempat ini." Katanya sambil menunjuk.
"Bagaimana mungkin aku tidak takut?!" kata lelaki tua itu dengan ekspresi ngeri di wajahnya. "Seluruh keluarga tewas karena permainan papan sialan itu! Tidak... seluruh desa terkena kutukan!" katanya.
Ekspresi Wei Wuxian dan Lan Wangji berubah. "Apa?!"
“Tolong ceritakan pada kami apa yang terjadi,” kata Lan Wangji, lalu mereka mengundang lelaki tua itu ke kedai teh.
"Semua orang di sini tahu apa yang terjadi di Desa Geng." Lelaki tua itu memulai. "Desa Geng berjarak dua desa dari desa kita, tetapi kita semua tetap mendengar kejadian mengerikan itu. Itu adalah keluarga Ji. Kedua orang tua selalu keluar karena mereka harus mengurus bisnis. Putra tertua memiliki keluarga, dan pindah dari rumah mereka. Anak kedua adalah seorang putri, dan dia juga sudah menikah. Anak bungsu, tuan muda kedua, baru berusia lima belas tahun. Karena hanya dia yang tersisa di rumah mereka, dia merasa bosan dan karenanya selalu pergi bermain." Dia menarik napas dalam-dalam sebelum melanjutkan.
"Suatu hari, ia menemukan papan tua yang menghalangi jalan. Ia pun mengambilnya. Awalnya, ia mengira itu hanya papan biasa, tetapi ketika ia tidak sengaja membaliknya, ia melihat peraturan di balik papan itu. Ia tidak lagi merasa bosan karena menemukan permainan, ia pun membawanya pulang. Ia memanggil beberapa pembantu untuk bermain bersamanya, dan mereka pun mulai bermain."
"Ada tiga aturan: aturan pertama menyatakan bahwa tidak seorang pun boleh meninggalkan permainan sampai selesai. Aturan kedua menyatakan bahwa para pemain harus menempatkan diri mereka dalam permainan. Dan aturan ketiga menyatakan bahwa orang pertama yang mencapai garis akhir dan orang terakhir akan dihukum."
Wei Wuxian dan Lan Wangji saling berpandangan. Aturan yang mereka mainkan sama saja. "Apa yang terjadi setelah mereka menyelesaikan permainan?" tanya Wei Wuxian.
Orang tua itu menggelengkan kepalanya. "Permainan dihentikan di tengah jalan karena ada yang melanggar aturan." Katanya. "Seorang pembantu pergi karena dia harus memeriksa nasi dan hidangan yang sedang dimasaknya." Katanya kepada mereka.
"Dia melanggar aturan... apa yang terjadi jika kamu melanggar aturan?" Wei Wuxian bergumam pada dirinya sendiri.
"Tuan muda kedua, bersama dengan dua pelayan lainnya yang tersisa, melanjutkan permainan. Salah satu pelayan mencapai garis finis terlebih dahulu, sementara tuan muda kedua berada di tengah, dan pelayan lainnya adalah yang terakhir." Kata lelaki tua itu.
"Orang pertama dan terakhir akan dihukum... apa yang terjadi pada mereka?" tanya Wei Wuxian.
"Pembantu itu ditemukan tewas di dapur, sementara pembantu lainnya juga tewas... tetapi dengan kematian yang mengerikan." Wajah lelaki tua itu memucat. "Pembantu yang mencapai garis finis ditemukan di dasar tebing... dan jasadnya dimakan oleh beberapa binatang buas. Sementara itu, pembantu lainnya yang finis terakhir tertimpa roda." Dia menggelengkan kepalanya.
"Melanggar aturan akan berakibat kematian. Hukuman untuk orang pertama dan terakhir juga kematian." Wei Wuxian bergumam. "Bagaimana dengan tuan muda kedua?" tanyanya.
"Tuan muda kedua masih hidup... namun -" lelaki tua itu menggigil saat mengingat sebuah kenangan. "- namun, dia sudah gila. Dia mengundang beberapa orang untuk bermain permainan itu. Awalnya, kami tidak tahu tentang permainan kematian seperti itu, kami juga tidak tahu bahwa semua pembantu di rumah mereka sudah mati." Katanya. "Kami baru tahu beberapa hari kemudian ketika beberapa orang yang diundangnya menghilang, dan seseorang yang lewat di rumah mereka mencium bau mayat yang membusuk." Katanya.
"Bagaimana dengan orang tuanya?"
"Meninggal. Mayatnya ditemukan di antara mayat-mayat lain di dalam rumah." Jawab lelaki tua itu.
“Lalu, apa yang terjadi dengan tuan muda kedua?”
"Dia tertangkap, dan papan permainan itu dijauhkan darinya. Kemudian, beberapa hari kemudian, jasadnya ditemukan tak bernyawa di sel penjaranya."
Wei Wuxian dan Lan Wangji saling memandang saat mereka mulai mengkhawatirkan Lan Xichen dan Jiang Cheng. "Oh, benar. Bagaimana dengan 'kutukan' yang kau sebutkan sebelumnya?" tanya Wei Wuxian.
"Itu permainan papan." Jawab lelaki tua itu. "Permainan papan itu dikunci di sebuah kompartemen oleh pihak berwenang, namun suatu hari permainan itu menghilang. Kemudian, mereka menemukan bahwa permainan papan itu muncul di salah satu rumah di desa itu, dan seseorang mulai memainkannya lagi." Jelasnya.
Wei Wuxian dan Lan Wangji terdiam dengan ekspresi berat di wajah mereka.
"Oh, benar, Tuan-tuan. Kalian pasti memainkan permainan itu, karena permainan itu akan merasuki orang yang menemukannya untuk memainkannya." Kata lelaki tua itu. "Pihak berwenang melihat sesuatu saat mereka menyelidiki."
"Apa itu?"
"Bahwa dalam waktu tiga hari, menjelang tengah malam, 'hukuman' itu akan dilaksanakan." Jawab lelaki tua itu. "Kapan kamu mulai memainkan permainan itu?" tanyanya.
"Tiga hari yang lalu."
.
KAMU SEDANG MEMBACA
(END) Bertukar Tubuh [Xicheng]
FanfictionGusu, Cloud Recesses. "Pemimpin sekte Lan...? A-apa... apa yang terjadi?!" murid-murid junior dari Sekte GusuLan bertanya melihat Zewu-jun mengerutkan kening di pagi hari! Apakah dia bangun di sisi tempat tidur yang salah?! Lan Qiren. "..." Xichen...