“Pemimpin sekte, laporan hari ini!”
"Bagus. Taruh saja di sana." Jiang Cheng berkata sambil terus menandatangani dokumen. "Apakah ada yang lain?" tanyanya ketika melihat yang lain masih belum pergi.
"Tidak ada apa-apa. Hanya saja... apakah pemimpin sekte merasa lebih baik sekarang?" tanya bawahannya.
Tangan Jiang Cheng yang sedang menandatangani dokumen itu terhenti sejenak. "Mengapa kamu bertanya?" tanyanya.
"Hanya saja -" bawahan itu menggaruk pipinya. "- pemimpin sekte kelihatannya sedang tidak bersemangat akhir-akhir ini..." katanya.
Jiang Cheng terdiam. "Apakah kamu menyadari hal lain?" tanyanya.
Bawahan itu terkejut. Ia mengira Jiang Cheng akan segera menyuruhnya pergi. "Ya." Jawabnya.
"Apa yang kamu perhatikan?" tanya Jiang Cheng.
"Baiklah... pemimpin sekte, tempo hari, kau -" kata bawahannya. "- menangis." Akhirnya dia menjawab. Dia langsung bereaksi seperti Jiang Cheng, hanya untuk memberi tanda lega ketika yang lain tidak marah.
Jantung Jiang Cheng berdebar kencang. "Apakah kamu melihat hal lain?" tanyanya.
"Tidak ada lagi." Bawahan itu menggelengkan kepalanya.
Jiang Cheng menghela napas, tetapi dia tidak tahu apakah dia merasa lega atau kecewa. "Kamu boleh pergi." Dia memberi tahu bawahannya.
"Ya!"
Jiang Cheng meletakkan kuasnya dan bersandar di dinding, merasa lelah. Hari ini adalah hari pertama dia kembali ke tubuhnya, jadi orang yang dikatakan bawahannya menangis bukanlah dia, melainkan Lan Xichen.
"Aku mencintaimu, Wanyin."
Jiang Cheng langsung memejamkan matanya saat mengingat suara Lan Xichen. Bukan kutukan yang bermain di pikirannya saat itu, tetapi suara Lan Xichen. Tapi, kenapa? Kenapa Lan Xichen jatuh cinta padanya? Karena mereka bertukar tubuh? Efek jembatan gantung? Tapi, Lan Xichen tidak terlihat seperti orang seperti itu.
Lalu, kenapa? Simpati? Jiang Cheng mengerutkan kening sambil menggelengkan kepalanya untuk menyingkirkan pikiran-pikiran yang mengganggu ini ketika dia mengingat bagaimana dia dan Lan Xichen pertama kali menjadi dekat. Dia mengambil kuasnya dan melanjutkan menandatangani dokumen. Tiba-tiba, dia mendengar ketukan di pintunya. "Masuklah," katanya tanpa mengangkat kepalanya.
Pintunya terbuka. Langkah kaki pelan terdengar di antara suara gesekan kuas dengan kertas.
Ketika Jiang Cheng tidak mendengar seseorang berbicara, dia mengerutkan kening. Dia mengangkat kepalanya dan membuka mulutnya untuk berbicara, tetapi suaranya tercekat di tenggorokannya ketika dia melihat orang yang datang. "Kenapa kamu?" tanyanya.
.Gusu, Cloud Recesses.
Wei Wuxian tersenyum saat menghirup udara segar pegunungan yang berhembus melewati mereka. "Ah. Hari ini cerah sekali!" katanya sambil tertawa.
Lan Wangji diam-diam melirik ke arah kekasihnya, yang meskipun dia benci mengakuinya, tampak bodoh saat ini saat dia memaksakan diri untuk tertawa. "..."
Wei Wuxian yang juga tahu itu bodoh. "..." sangat memalukan. "Kita semua mendengarnya." Katanya, suaranya pelan.
Lan Wangji terdiam. Tentu saja, dia mendengarnya. Lan Qiren juga mendengarnya. Pengakuan Lan Xichen kepada Jiang Cheng. "Apakah kamu akan menentang mereka?" tanyanya.
Wei Wuxian terdiam. "Kenapa aku harus begitu?" katanya sambil tersenyum. Tepat saat Lan Wangji hendak berbicara, dia pun berbicara. "Apakah ada sesuatu diantara 'mereka'? Mereka tidak memiliki hubungan romantis, kan?" tanyanya sambil menoleh ke arah Lan Wangji.
Kata-kata yang hendak diucapkan Lan Wangji tertahan di tenggorokannya saat melihat tatapan mata suaminya. Diam-diam dia mendesah sambil memeluk suaminya. "Ya." Jawabnya. "Mereka tidak punya hubungan apa pun, selain sebagai saudara ipar." Katanya.
Wei Wuxian tidak berbicara dan hanya menyandarkan kepalanya di bahu Lan Wangji sebelum dia melihat sosok yang berdiri di jembatan, menatap air di bawahnya.
.
Yunmeng, Dermaga Teratai.
"Paman..." panggil Jin Ling dengan suara pelan sambil berjalan perlahan ke arah Jiang Cheng. Raut wajahnya tampak ragu-ragu. Dari perkataan pamannya tadi, dia tahu Jiang Cheng tidak ingin menemuinya. Wajahnya dipenuhi garis-garis hitam.
“Bicaralah!” Jiang Cheng mendesak keponakannya.
Jin Ling meringis sebelum duduk di hadapan pamannya dan menyajikan teh dengan cara yang menyanjung. "Paman... Aku datang ke sini untuk meminta maaf atas kejadian terakhir. Aku tidak meminta izinmu dan aku pergi berburu malam..." jelasnya.
"Jadi, kau tahu kesalahanmu!" Jiang Cheng mencibir tetapi dia tetap mengambil teh yang dihidangkan oleh keponakan satu-satunya itu.
Mata Jin Ling berbinar saat melihat pamannya minum teh. Paman memaafkanku! Pikirnya sambil terkekeh, senyum lebar tersungging di wajahnya. Jiang Cheng diam-diam memperhatikan keponakannya dan saat melihat senyum keponakannya yang mirip dengan senyum ibunya, wajah Jiang Cheng melembut.
Senyum tak kentara tersungging di wajahnya.
.
Gusu, Cloud Recesses.
Lan Xichen menatap air di bawah jembatan. Namun, yang terlihat hanyalah bayangannya. Berbeda sekali dengan tengah malam saat ia dan Jiang Cheng kembali ke tubuh mereka. Yang dilihatnya bukanlah bulan atau bayangan mereka, melainkan saat-saat ketika ia diam-diam memperhatikan Jiang Cheng dari jauh.
Sejak pertama kali mereka bertemu dan bertukar kata, hingga menaklukkan Waterborne Abyss di Danau Caiyi. Hingga Konferensi Diskusi di Qishan. Hingga reuni dengannya setelah ia kembali ke Cloud Recesses dan membahas cara mengalahkan Klan Wen. Hingga melihatnya bangkit seperti burung phoenix setelah kejatuhan keluarganya. Dan hingga permainan itu, saat ia diam-diam membiarkan Lan Wangji dan Wei Wuxian menang, yang mengakibatkan ia dihukum bersamanya.
Ia teringat bagaimana pamannya pernah bercerita kepadanya tentang permainan papan yang licik itu, serta akibat dari kekalahannya. Para pecundang itu tidak menjadi gila, tetapi malah merasuki tubuh orang lain, menyebabkan mereka panik dan akhirnya menjadi gila ketika mereka tidak menemukan solusi untuk kembali ke tubuh mereka dan kesempatan tujuh hari yang diberikan kepada mereka hilang tanpa mereka sadari.
Lan Xichen tahu. Dia tahu segalanya. Itulah sebabnya dia menginginkan dihukum bersamanya, karena dia tahu segalanya. Bukan karena jimat kertas Wei Wuxian yang membuat hukuman mereka lebih ringan. Hukumannya akan sama saja. Dia tahu segalanya, itulah sebabnya dia menggunakan kesempatan itu untuk mendekati Jiang Cheng. Itu karena dia mencintai pria itu, jadi dia berani mempertaruhkan segalanya.
Namun pada akhirnya, dia tidak mendengar jawaban dari orang itu, jadi dia berpura-pura pingsan untuk menyembunyikan rasa sakit yang dirasakannya karena ditolak.
"Ah, Wanyin, ah, Wanyin. Paman berkata bahwa bulan di dalam air akan menunjukkan keinginan hatiku yang terbesar, dan itu adalah kamu." Katanya sambil mencoba meraih air, tetapi seperti Jiang Cheng, dia tidak bisa. Dia tidak bisa meraih yang lain, bahkan jika yang lain itu sangat dekat dengannya. "Aku ingin tahu, apa aku untukmu?" tanyanya sambil menatap air yang memantulkan dirinya, juga matahari di atasnya.
.
KAMU SEDANG MEMBACA
(END) Bertukar Tubuh [Xicheng]
FanfictionGusu, Cloud Recesses. "Pemimpin sekte Lan...? A-apa... apa yang terjadi?!" murid-murid junior dari Sekte GusuLan bertanya melihat Zewu-jun mengerutkan kening di pagi hari! Apakah dia bangun di sisi tempat tidur yang salah?! Lan Qiren. "..." Xichen...