DZIKIR KETIKA MELIHAT BUAH PERTAMA DARI TANAMAN

1.3K 12 0
                                    

Jika kita adalah seorang pedagang dalam bidang pertanian, terutama buah-buahan, ketika muncul buah pertama, agar keseluruhan hasilnya mendapat keberkahan dan terhindar dari yang tak diinginkan, ucapkanlah doa berikut:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي ثَمَرِنَا وَ بَارِكْ لَنَا فِي مَدِيْنَتِنَا وَ بَارِكْ لَنَا فِي صَاعِنَا وَ بَارِكْ لَنَا فِي مُدِّنَا.

Allâhumma bârik lanâ fî tsamarinâ wa bârik lanâ fî madînatinâ wa bârik lanâ fî shâ'inâ wa bârik lanâ fî muddinâ.

"Ya Tuhanku, berkahilah untuk kami buah-buahan kami, berkahilah untuk kami kota kami, dan berkahilah untuk kami gantang kami dan mud kami."

Menurut riwayat Muslim, kepada Nabi SAW. dibawakan buah-buahan yang pertama.

Sesudah mengambilnya, beliau ucapkan doa tersebut, kemudian beliau memanggil putranya yang paling kecil, lalu beliau berikan buah itu.

Maka hendaklah kita pun berbuat demikian (al-Adzkar: 136).

Juga hendaknya membaca doa ini:

اَللّٰهُمَّ كَمَا أَرَيْتَنَا أَوَّلَهُ فَأَرِنَا آخِرَهُ.

Allâhumma kamâ araitanâ awwalahu fa arinâ âkhirahu.

"Wahai Tuhanku, sebagaimana Engkau telah perlihatkan kepada kami permulaannya, perlihatkan pula kepada kami kesudahannya."

Menurut riwayat Ibnus Sunni, apabila diberi orang buah-buahan yang pertama, Nabi SAW. meletakkan buah-buahan itu di atas kedua mata dan bibirnya, lalu beliau mengucapkan doa tersebut. Kemudian beliau berikan buah-buahan itu kepada anak-anak yang ada di sekitarnya. (al-Adzkar :136).

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin....

Medan, 31 Agustus 2016

DZIKIR DAN DOA PEBISNIS DAN PEKERJATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang