Jika kita seorang pedagang yang setiap hari atau sering kali harus berada di dalam pasar, alangkah baiknya bila kita membiasakan diri membaca doa-doa berikut agar kita selamat dari hal-hal yang akan merugikan.
Ketika akan masuk pasar dahulukan kaki kiri seraya berdoa:
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ.
اَللّٰهُمَّ إِنِّى اَسْأَلُكَ خَيْرَ هٰذِهِ السُّوْقِ وَ خَيْرَ مَا فِيْهَا وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَا وَ شَرِّ مَا فِيْهَا. اَللّٰهُمَّ إِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَ الْفُسُوْقِ وَ مِنْ شَرِّ مَا أَحَاطَتْ بِهِ السُّوْقُ. اَللّٰهُمَّ إِنِّى اَعُوْذُ بِكَ اَنْ أُصِيْبَ فِيْهَا يَمِيْنًا فَاجِرَةً أَوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً.Bismillâhir rahmânir rahîm
Allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihis-sûqi wa khaira mâ fîhâ, wa a'ûdzu bika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a'ûdzu bika minal kufri wal fusûki wa min syarri mâ ahâthat bihis-sûq. Allâhumma innî a'ûdzu bika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsirah."Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan pasar ini dan kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang ada di dalamnya.
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan keadilan, dan dari kejahatan yang dikelilingi pasar ini. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tertimpa sumpah palsu atau perdagangan yang merugikan."Dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda, "Barang siapa masuk ke pasar lalu membaca dzikir ini, niscaya Allah menuliskan beribu-ribu kebajikan, menghapuskan beribu-ribu kejahatan, dan mengangkatnya beribu-ribu derajat untuknya di akhirat." Menurut riwayat Al-Hakim, Nabi SAW, apabila masuk ke pasar, membaca dzikir ini.
Dan dianjurkan pula membaca doa berikut ini, sekali atau lebih:
لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.
Lâ ilâha illallâhu wahdahu lâ syarîkalah, lahul mulku walahulhamdu yuhyî wayumîtu wahuwa hayyun lâ yamûtu biyadihîl-khairu wa huwa 'alâ kulli syai'in qadîr.
"Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Kepunyaan-Nya-lah kerajaan, dan milik-Nya-lah segala pujian. Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Hidup, tidak mati.
Di genggaman-Nya-lah segala kebaikan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu."
KAMU SEDANG MEMBACA
DZIKIR DAN DOA PEBISNIS DAN PEKERJA
EspiritualSebuah buku tentang do'a yang sangat dibutuhkan dalam kaitannya dengan urusan mencari nafkah, khususnya para pekerja Dan pedagang.