Rumah MeloDrew

10.1K 481 132
                                    

Haii...

Setelah merantau selama lebih kurang 8 bulan, MeloDrew menemukan rumah barunya di salah satu penerbit mayor. Di awal Maret 2016 saya menyelesaikan naskah Teratai dan mengirimkan 3 hard copy naskah ke 3 penerbit mayor di Indonesia. Di bulan Juli, salah satu penerbit lain menanyakan ketertarikannya untuk menerbitkan Teratai. Akan tetapi saya memutuskan untuk menunggu nasib MeloDrew yang tengah merantau. Tentulah setiap penulis akan bahagia bila naskahnya diterbitkan, akan tetapi ketika naskah itu diterbitkan dengan proses seleksi yang ketat (tanpa melihat viewers ataupun followers) tentu akan terasa lebih manis. Bahwa naskah itu benar-benar layak untuk terbit. Saya pernah ngobrol dengan salah seorang senior editor. Beliau bercerita dalam 3 bulan mereka terima 800 naskah. Naskah itu ditangani oleh 5 editor untuk dipilah mana yang terbaik. Dan dari 300 naskah hanya 1 yang layak untuk terbit. Jadi bayangkanlah perjuangan untuk suatu naskah agar layak terbit tanpa faktor x.
Kembali ke Teratai, mohon doanya akan proses penerbitan Teratai lancar. Saya tahu pasti tentu sedikit banyak novel akan berbeda dengan naskah awal terkait revisi, penyuntingan dan sebagainya. Dan proses itu pasti memerlukan waktu yang tidak sebentar dan pastinya butuh waktu berbulan-bulan. Saya akan mengabari segala sesuatu yang berkaitan dengan hal ini melalui akun wattpad saya ataupun akun instagram milik saya.
Terimakasih...

salam,
Yayan

TerataiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang