Bus Malam

174 4 0
                                    

Ini pengalaman singkatku saat aku bepergian dengan sebuah bus antar kota ke kota kelahiranku . Perjalanannya hanya ditempuh sekitar 13 hingga 14 jam jika tidak ada kendala , kebetulan saat itu aku ingin menjenguk adikku yang sudah jatuh sakit selama 7 hari.

Tidak ada yang aneh pada perjalananku awalnya , tapi semua terasa berbeda saat aku memutuskan tidak ikut turun saat bus berhenti di sebuah rumah makan , biasanya penumpang akan memilih makan atau hanya pergi ke kamar kecil . Tapi aku tidak ikut turun dan melanjutkan tidurku karena jam sudah menunjukkan jam setengah 12 malam.

Tak lama bus ini kembali melanjutkan perjalanan dan biasanya tidak ada pemberhentian lagi karena bus ini akan melewati jalur antar kota yang kanan kirinya adalah hutan , aku terbangun sesaat dan melihat lampu diseluruh bus ini telah dimatikan tapi aku tiba - tiba dikagetkan dengan seorang wanita yang tiba - tiba duduk di sampingku , kapan naiknya ? pikirku saat itu . Mungkin ia naik saat bus berhenti di rumah makan tadi pikirku lagi , dan aku melanjutkan tidurku lagi.

Aku kembali terbangun tiba - tiba karena bus tiba - tiba berhenti secara mendadak , aku yang heran tiba - tiba berdiri melihat kernet bus ini turun sesaat lalu kembali naik dan berkata

" Udah jangan dipikirin , lanjut jalan ! bismillah aja " ucapnya kepada supir

Supir tersebut mengangguk dan melanjutkan perjalanan , sesaat aku melihat wajah wanita disampingku tertidur cukup pulas dan sepertinya tidak kaget dengan bus yang berhenti mendadak barusan . Aneh , semua penumpang saja terbangun karena kaget , nih cewe anteng bener tidurnya kaya kebo , pikirku saat itu . Lampu didalam bus kembali dimatikan dan akupun kembali duduk dan berusaha tidur kembali sambil melihat jalanan yang sangat gelap melalui jendela.

Sekitar setengah jam aku terus melihat jalan yang sesekali diisi oleh mobil , bus atau truk dari arah berlawanan , malam ini perjalanan lancar sekali pikirku tapi di sebuah tikungan aku melihat seorang wanita merangkak dengan sangat cepat dan terlihat tidak seperti orang normal .

Tapi di tikungan berikutnya aku melihat wanita yang merangkak itu sekali lagi , tapi kini ia tiba - tiba berhenti dan melihat ke arah bus . Astaga , apaan itu , pikirku terkaget dan langsung membaca doa - doa yang kuhafal di dalam hati .

Wanita itu lehernya terlihat seperti patah atau entahlah , aku tak bisa menjelaskan betapa mengerikannya saat ia merangkak sambil menggerak - gerakkan kepalanya seperti orang kesetanan . Dan lebih mengerikannya aku melihat wanita itu di setiap belokan atau tikungan selama beberapa menit perjalanan .

Aku yang ingin memastikan kalau orang lain melihat mencoba membangunkan wanita disampingku , tapi wanita ini terlihat seperti.. Astaga ! ini kan wanita yang merangkak diluar tadi , daritadi kan ia disampingku dan siapa yang tadi diluar sana ?!! , belum selesai rasa kagetku muncul , leher wanita ini terlihat seperti patah dan kepalanya seperti tiba - tiba terjatuh hingga ke bahunya . Wanita ini tetap terlihat seperti orang yang tertidur dan tak merasakan apa - apa !

Aku refleks berteriak sehingga membuat seluruh penumpang bus terbangun karena mendengar teriakanku , bus yang sedang melajupun tiba - tiba berhenti secara mendadak dan menyalakan lampunya . Astaga , wanita itu tiba - tiba menghilang saat lampu bus menyala .

Kernet yang kaget tiba - tiba mendatangiku lalu bertanya ada apa , tentu saja aku jelaskan langsung semuanya . Tapi kernet tersebut berkata kalau tidak ada menaikkan penumpang saat pemberhentian terakhir karena itu dilarang oleh perusahaan mereka , tapi aku yakin sekali wanita tersebut ada disampingku selama perjalanan tadi. Tapi ia hanya menyuruhku tenang dan pindah ke kursi depan yang masih kosong .

Setibanya aku di terminal bus , sang kernet dan supir menghampiriku untuk meminta maaf atas kejadian tadi . Ia berkata kalau tidak baik untuk berbicara soal itu dalam perjalanan apalagi mengganggu kenyamanan penumpang saat itu , ia lanjut berkata kalau melihat wanita yang merangkat tersebut adalah hal yang sering terjadi tapi memang baru kali ini hantu wanita tersebut menampakkan diri di dalam bus.

Hantu wanita tersebut biasanya hanya menghantui para supir yang melewati jalan tersebut , karena menurut cerita yang beredar wanita ini tak sengaja tertabrak oleh truk yang sedang melintas , tapi karena panik pengemudi truk malah terus melaju tanpa menyadari wanita itu masih tersangkut di truknya . Wanita itu masih hidup saat tertabrak , tapi karena ia terus terseret truk tersebut nyawanya tak terselamatkan lagi saat itu , dan hingga sekarang sering muncul hanya untuk menghantui atau mengganggu para pengemudi yang melintasi jalan tersebut.

Bedtime StoriesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang