Kalian tau author? Ya jelas tau lah. Gak tau kebangetan banget.
Author adalah orang yang menulis cerita.
Menurut gue ada banyak tipe author yang menghuni dunia wattpad ini.
1. Author Famous
Ya kalian tau lah kalau yang ini.
Author yang satu ini adalah mereka yang karyanya udah dibaca ribuan orang, yang karyanya udah diterbitin jadi novel, yang punya followers banyak sampai beratus ribu.
Ya you know lah ya.
2. Author SPG
Kalian tau SPG? Itu loh yang suka ada di mall. Yang pake rok pendek, atau roknya panjang tapi belahannya sampai paha, suka nawarin barang yang dijual di toko mereka.
Nah, author yang satu ini sama kaya SPG. Tapi, mereka nawarin karyanya buat dibaca.
Jujur, gue pernah jadi author yang satu ini.
Menurut gue sih, ini sah sah aja. Dan termasuk usaha ya kan?
Cuma tolong banget kalo kalian yang baca termasuk author yang satu ini. Prioritaskan etika. Kalo mau nawarin sewajarnya aja jangan sampai ngancem. Dan kalau emang udah janji feedback ya ditepatin.
Dan, satu lagi. Inget etika. Jangan nawarin karya kalian lewat cara comment di karya orang lain. Itu gak sopan banget.
Sama aja kaya, orang lagi makan tahu, tapi lo tawarin tempe.
Ngerti?
Jadi gini. Dia nulis cerita mau liat respon dari pembacanya dengan cara si pembaca komen. Tapi pas lagi liat, tau tau ada yang nyempil nawarin karya. Itu bikin si author jadi gak dihargain.
3. Author Sok Famous
Gue juga pernah jadi yang satu ini. Tapi sekarang udah enggak.
Kalo yang satu ini. Si author nentuin target baru dia mau lanjutin cerita. Contoh kaya gini:
"Hai, ketemu lagi sama aku. Nanti aku akan lanjut kalau vote 200+ dan comment 50+. See you in the next chapter."
Lo nulis buat nyalurin ide atau cuma mau jadi terkenal?
Please, kalo cerita lo emang bagus. Readers akam datang dengan sendirinya. Mereka akan berbaik hati buat votment.
Jadi mending. Lo nulis karena lo emang mau berbagi tentang ide yang lo punya. Jangan cuma mau dikenal banyak orang dengan banyak vote dan comment tapi cerita lo jauh dari kata bagus.
4. Author Baperan
Nahh, gue benci banget sama author yang satu ini.
Author yang satu ini gak mau dikritik sama sekali. Pas dikritik malah marah-marah. Woi, harusnya kalian tuh berterima kasih. Karena, ada orang yang rela baca karya lo, nemuin letak kesalahan lo dimana supaya kedepannya lo jadi lebih baik.
Lah ini malah marah-marah.
Situ waras?
5. Author Sok Perfect
Tau yang satu ini?
Mereka tuh sok sok-an karyanya paling bagus. Kritik sana sini. Tapi pas dikritik balik, malah marah?
Karena, dia mikirnya gini.
"Apa-apaan nih orang kritik karya gue. Cerita gue tuh udah bagus. Sesuai sama EBI. Diksinya. Dan bla ... Bla ... Bla."
Woi, coba bangun deh. Mungkin lo lagi mimpi. Menurut lo bagus, belum tentu menurut orang lain bagus.
Kita sebagai penulis. Itu harus memuaskan pembaca juga jangan muasin diri sendiri doang.
Kayanya cuma itu aja deh. Nanti kalo gue nemuin author jenis lain. Gue bakal kasih tau di chap lain.
KAMU SEDANG MEMBACA
Ssstt!✅
Non-FictionIni sama kaya sebutir nasi yang kalau dimakan gak akan kenyang. Ini cuma tulisan yang kalau dibaca gak akan ada gunanya. Baca pelan-pelan ya nanti tetangga sebelah marah gara-gara kesindir. Copyright © April 2017