Gue terpaksa harus jaga tiga hari di klinik ini, gara-gara dokter Rangga, dokter yang harusnya jaga, ijin gak masuk, karena istrinya sakit, morning sicknes sih, lagi hamil muda.
Dan sialnya, gue harus jaga sama si bocah gendeng, dia kena lembur, shift pagi-sore, gantiin si alay, yang pergi jalan sama cowonya, si cowo menye-menye.
"Dok, bumbunya apa aja nih?"
Tapi kali ini ada yang spesial. Gue, si bocah gendeng sama mbak Ani bakal masak bareng! Si bocah lagi kena durian runtuh, dia di kasih sekilo daging sapi dari dosen pembimbingnya, katanya karena si bocah gendeng sudah bantu nyari file penting.
Ini waktunya gue beraksi. Di klinik ini gue punya julukan khusus. Dokte chef! Kenapa? Karena gue jago masak. Masakan rumahan aja sih, tapi kata si bocah, masakan gue itu numero uno.
"Dok, ini bumbunya di ulek sampai segimana?"
Kebalikan dari gue, si bocah bener-bener gak bisa masak. Heran gue, dia itu cewe, anak kosan, tapi masak telor aja gosong.
"Ulek terus sampai halus."
"Sehalus gimana? Ini udah halus belum sih? Ketumbarnya kok masih gini aja, kayaknya ada yang salah deh sama ulekannya."
Tak! Gue menyentil kening si bocah, sampai di meringis, "apaan sih dok."
"Ngulek tuh pake tangan, bukan pake mulut."
Si bocah gendeng nerusin ngulek sambil manyun.
Gue membuat bumbu lain, kali ini gue bakal masak daging sapi suwir, tapi dengan bumbu spesial ala dokter chef.
"Segini udah belum sih?"
Gue melihat hasil ulekan si bocah, lumayan, "udah, sekarang cek dagingnya udah mateng atau belum."
"Oke."
Si bocah pergi ke dapur, namun sedetik kemudian, gue bisa denger ocehannya. "Dok, ini matengnya segimana sih?"
"Kalau udah empuk berarti udah mateng."
Lama gue gak denger dia ngomong, "dokter, cara tahu empuknya gimana?"
Gue dan mbak Ani saling tatap, dan barengan kita nepok jidat. Bener-bener deh si bocah.
"Dokter?!! Ini gimana sih?"
Gue menghela nafas, menyerahkan bumbu biar ditangani mbak Ani. Pas gue ke dapur, apa yang dia lakuin bikin gue pengen nimpuk kepalanya.
Si bocah lagi nyolek-nyolek daging dalam panci pake sendok. Bener-bener kelewat pinter ini bocah gendeng!
"Lo ngapain?"
Si bocah menoleh, mengernyit, sok-sok memandang gue aneh, "kan lo nyuruh gue ngecek dagingnya, dok, lupa?"
Ini bocah. "Sini," gue ambil sendok di tangan si bocah, "gue tunjukin caranya. Lihatin yang bener."
Si bocah memutar matanya, kesal, tapi tetap lihatin cara gue. Point plus lagi dari gue buat si bocah, rasa ingin tahu dan keinginan untuk belajarnya besar, dia sering gue ajarin masak kalau pas gue jaga, gak pernah berhasil, tapi dia gak nyerah, dan gue juga jadi selalu semangat buat ngajarin dia. Walaupun kadang pertanyaan yang dia lontarkan bikin gue kesel dan musti narik nafas dalam-dalam.
"Emang harus ya dok, dagingnya lo teken-teken gitu?"
Pertanyaan dia itu selalu bikin gue greget, tapi yang bikin gue heran sendiri, gue selalu jawab pertanyaan dia, seabsurd apapun. "Kan biar tahu empuk apa nggak, Na."
"Oh, iya, bener juga ya, di teken gitu. Pinter juga lo, dok."
"Udah mateng nih, lo angkat, buang airnya."
KAMU SEDANG MEMBACA
My Girl, Nana
General Fiction"Dokter Daniel sih gitu, pasien berumur dibaik-baikin, giliran pasien cantik di jutekin, ya jadinya gitu deh, cewe gak ada yang mau nempel. Hahaha." Bawel banget itu bocah kalau udah nyindiran gue, cuma gara-gara di umur gue yang udah 32 ini, gue b...