Hari Jaga

716 77 0
                                    

Gue paling benci hari Senin, apalagi Senin pagi, khususnya pagi ini, pagi dimana gue jaga di klinik, yang asisten apoteker penjaga apoteknya bocah yang duduk depan gue. Bocah yang senyum, senyum jahil ke gue.

Nana si bocah gendeng.

"Kerasa gak sih, Dok," nah kan mulai buka mulut nih bocah gendeng, "sarapan berdua gini tuh serasa keluarga," keluarga peyang lo!! Males deh gue dengar lanjutannya, "aku anaknya..." si bocah ngomong lambat dengan senyum jahil yamg gak ditutup-tutupi, "Dokter bapaknya... Harusnya sih Mamanya nih yang nyiapin sarapan... Eh!! Tapi kan dokter jomlo ya, kita jadi gak ada Mamanya."

Si bocah ketawa sendiri dengan leluconnya.

Benci banget, benci banget gue sama ini bocah gendeng.

"Sedih ya, Dok.."

"Iya, sedih gue denger lo ngomong, hilang nafsu makan gue."

Gue beranjak dari meja makan klinik. Hilang sudah nafsu makan gue, gara-gara sindiran itu bocah tiap gue jaga di sini. Cuma gara-gara gue belum punya pacar. Ya, ya, emang sih, di umur gue yang udah kepala tiga ini harusnya gue udah nikah kayak temen-temen gue yang suka jaga di klinik ini juga. Gue juga kadang bingung sendiri sih, gue ini gak jelek-jelek amat, gak miskin-miskin amat juga, tapi kayaknya cewe gak ada yang mau deket-deket sama gue.

"Dokter Daniel~" mulai deh sok ngetuk pintu kamar, sok ngerayu gue, "kok gak makan sih? Nanti kak Ani marah lho ke aku kalau dokter gak nyentuh sarapannya, kak Ani juga udah cape-cape lho beliin sarapan buat dokter."

Gak bakal gue denger ocehan lo, bocah. Gue memasang headset yang sengaja gue bawa dari rumah, memilih musik pop beat, yang musiknya agak kencengan, biar ocehan si bocah gak kedengeran.

Udah lima lagu yang gue puter di mp3, kayaknya si bocah udah pergi deh dari depan kamar, soalnya berasa sepi banget. Gue matiin mp3 gue, dan pelan-pelan gue membuka pintu. Ternyata benar, si bocah udah gak ada di depan pintu.

"Dok?" Malah mbak Ani, asisten dokter di sini yang nyamperin gue. "Ada pasien."

"Oke, mbak."

Mbak Ani balik lagi ke depan, dan gue ngambil sneli dari balik pintu.

Di depan gue lihat ada cewe cantik lagi duduk di kursi tunggu, pake rok span warna hitam, dipadu kemeja putih dan blazer ketat berwarna merah, pake highheels warna merah juga. Cakep nih pasien, lumayan cuci mata pagi-pagi.

"Ayo, mbak langsung masuk saja."

Si mbak yang ternyata namanya Yani--gue baca di riwayat medis yang dikasih mbak Ani, senyum dan ngikutin gue ke ruang periksa.

"Silakan duduk. Langsung saja, mbak, keluhannya apa?"

Mbak Yani ini terlihat senyum malu-malu ke gue, firasat gue kok jadi agak gak enak nih, "gini, dok, saya mau minta surat sakit."

Nah kan!! Males deh gue ngadepin pasien akal-akalan kayak gini, "surat sakit, hanya bisa dibuat kalau pasiennya benar-benar sakit, mbak."

"Ya makanya kan saya datang ke sini, saya mau minta periksa sama dokter."

"Mbak kelihatan baik-baik saja."

"Saya emang baik-baik saja, dok, saya cuma perlu surat sakitnya, pasti lah dokter bisa bantu saya."

Kheh, gue mendengus sebal, melihat senyum sok manis pasien ini. "Maaf, mbak, tidak bisa."

"Kenapa gak bisa, dok? Saya pasien dan minta diperiksa lho."

"Mbak ini gak sakit, kalau mau ngakalin perusahaan tempat mbak kerja, ke tempat lain saja, jangan di sini."

Gue melihat cewe itu melotot marah, "denger ya dok--"

My Girl, NanaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang