Cowo Gendeng, Gendeng

161 38 4
                                    

Gue dan si bocah gendeng sama-sama ngos-ngosan. Dada gue sesak. Capek...

"Gue nyerah deh, dok, gue cape, tangan gue udah mati rasa."

Si bocah ngangkat kedua tangannya tanda nyerah, beneran lemes dia, sampai gak sadar dia duduk di lantai di area Timezone, dilihatin bocah-bocah lain yang lagi main.

Gue juga ikutan duduk, sesak banget perut gue, kayaknya harus ngikutin diet si bocah, biar gak malu-maluin gini, baru 15 menit main masukin bola basket, gue udah engap aja.

Gara-gara si bocah gendeng juga nih, ngajak balapannya membabi buta. Kan gue jadi panik masukin bolanya, lah dia malah ikutan panik juga. Padahal menang atau kalah gak ada yang untung juga sih.

"Jangan main lagi deh, Na, gue juga cape."

Si bocah ngangguk setuju, "iya, dok, mainan begini bukan wilayah kita banget."

"Makan aja, deh, gue lebih suka makan dari pada main beginian."

"Gue setuju banget, dok."

Gue sama si bocah saling bantu bangun. Udah kayak abis ngapain aja gue sama si bocah, jalan lemes keluar dari Timezone. Kita jalan ke foodcourt, "lo mau makan apa?"

Si bocah ambruk di kursi, kedua tangannya bergetar, kelihatan mati rasanya, padahal cuma ngambil dan lempar bola, kelihatan banget gak pernah olahraganya.

"Gue mau makanan yang kata orang makanan berat."

Gue muter badan gue, buat lihat ada stand apa aja, "nasi liwet sama ayam bakar mau?"

Si bocah gak jawab, cuma ngacungin jempol, dasar.

Gue jalan ke stand Makanan Sunda, disambut mas-mas yang udah senyum lebar, "pesen dua nasi liwet, yang satu ayam bakar, yang satu ayam goreng, sayap dua-duanya ya, mas. Minumnya es teh manis, minta di duluin."

Si mas-mas nyatet pesenan gue, "jadi seratus sepuluh ribu, mas "

Gue ngasih uang pas, dan ngambil nomor meja yang disodorkan mas-masnya, pas balik ke meja, si bocah lagi mainan handphone, "dok, baca deh."

Gue duduk di depan dia, ngambil handphone yang dia sodorin, "apaan nih."

Ternyata itu chat Whatsapp dari si cowo gendeng, gue baca nama kontaknya Bambang, tanpa embel apapun, gue pikir kalau calon pacar bakal di tambahin apa gitu di namanya, ternyata biasa aja, emang si bocah orangnya biasa aja juga sih.

"Na, maaf banget ya tadi, temen aku ditinggal temennya, dia takut pulang sendirian, jadi aku harus nganterin dia, kasihan kalau dia pulang sendiri, aku takut ada apa-apa. Kamu gak marah kan, Na?"

Gue manggut-manggut aja, emang bener baik sekaligus gendeng ini cowo, temennya di khawatirin, lah padahal kalau diingat lagi, posisi si bocah juga kan sama, dia harus pulang sendiri, malem-malem. Kalau gue jadi ini cowo, udah pasti gue ajak pulang bareng si bocah, biar pulang bertiga sekalian.

"Temennya cewe apa cowo?"

"Cewe."

"Hmph," gue balikin lagi handphone ke si bocah, dan dia masukin handphonenya ke dalam tas tangan, "lo gak bales?"

"Males."

"Lo marah?"

Si bocah menatap gue, lalu menghela nafas, "nggak sih, dok, cuma sedikit kecewa aja."

Gue ngangguk paham.

"Ya lo pikir aja deh, dok, selama tiga hari ini tuh, dia kayak ngasih harepan ke gue, dia baik banget ke gue, gombal-gombalin gue, ngajak gue pulang bareng, yah, walaupun naik angkot atau kadang jalan bareng, pokoknya dia ngasih harepan banget ke gue. Jujur sih, gue udah melambung tinggi banget, siapa coba yang gak ngarep, di kasih perhatian sama cowo yang tipe lo banget, semua cewe pasti ngarep lah! Tapi pas tadi kita mau nonton, dia ketemu sama temennya itu, temennya itu juga lagi sama cowo, tapi gak tahu kenapa, si Bambang ini malah ngobrol berdua aja sama cewe tadi, gue di cuekin, gue agak-agak sadar sih tadi, kayaknya gue cuma di phpin, pas udah nonton, dia ngajak ke toko buku tadi kan, eh gue malah makin gondok. Ternyata dia ngerendahin profesi gue banget. Huft!"

Gue tepuk-tepuk pundak si bocah. Kalau gue jadi si bocah, gue juga pasti bete banget, denger dia nyama-nyamain diri sama dokter aja gue udah gondok banget! "Udah, lupain aja, lo cari cowo lain aja lah. Tapi lo tetep harus bales chat dia, biar dia gak nyangka kalau lo marah atau ngarep dia balik atau gitu lah."

Si bocah menghela nafas lagi, "harus di bales ya?"

"Harus."

Si bocah ngeluarin handphonenya lagi, dari muka dia sih kelihatan malas banget.

"Minumnya, mas." Gue senyum lebar, pas mas-mas stand Makanan datang nganter es teh manis pesenan gue, "ditunggu pesanan lainnya, mas."

"Sip, makasih."

Si mas-mas ngangguk sopan, dan balik lagi ke stand. Gue langsung nyeruput es teh manisnya, kerongkongan gue rasanya udah kering banget.

"Dok, tolongin gue dong."

"Apaan?"

"Nih, si Bambang, masa gak percaya kalau gue masih disini sama lo."

"Lo ngomong masih disini sama gue?"

Si bocah nyodorin handphonenya lagi ke gue, gue baca lagi chat dia, balesan si cowo gendeng ternyata rese, si bocah emang bilang ketemu sama gue di toko buku, terus lanjut jalan sama gue, tapi ternyata si cowo gendeng, malah ngeremehin si bocah, ngomongnya gak enak banget lagi.

"Udah, deh, Na, jangan boong sama aku, kalau kamu sendirian disitu, gak usah jual mahal pake lagi jalan sama dokter kenalan kamu segala. Bilang aja kalau kamu mau aku balik lagi jemput kamu, dan lagian mana ada sih orang kayak kamu kenal deket sama dokter."

Anjri banget ini orang. Gue pites beneran kalau ketemu lagi.

"Lo mau bales apaan?"

"Foto."

Gue menghela nafas, "gak usah bales pake foto, nanti dia berasa di atas awan lagi, ngerasa lo pengen ngebuktiin banget sama dia kalau lo emang lagi gak sendiri di sini."

"Terus gimana, dong?"

"Bilang aja sekali lagi kalau lo emang lagi sama gue, habis itu cuekin chat dia."

Si bocah ngambil handphonenya dari tangan gue, dia nunjukin chat yang hendak dia kirim ke si Bambang, kata-katanya lempeng banget.

"Aku emang lagi sama dokter Daniel kok."

"Bagus," gue ngacungin jempol, "lo emang harus cuek gitu kalau mau balas kelakuan rese dia. Balas dendam yang paling indah itu rasa penasaran." Kata gue sok bener.

Si bocah mendengus, "jahat baget lo, dok."

"Emang gue jahat, baru tahu lo?"

"Tahu banget gue."

Mas-mas stand makanan balik lagi, kali ini bawa nasi liwet pesenan gue, ayam bakar buat si bocah, nasi liwet plus ayam goreng buat gue.

"Gak usah teriak selamat makan." Ancam gue.

Si bocah yang udah mau ngangkat tangannya, langsung manyun, "itu kan tanda bersyukur, dok."

"Malu-maluin."

###

My Girl, NanaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang