Oke, gue rasa bahasa gue kaku banget di dua part kemaren jadi gue putusin buat pake bahasa santai aja karena gue rasa banyak yang males banget baca novel terjemahan kan? novel terjemahan bakal dilirik tergantung ke-famous-an dan well alur ceritanya. Berhubung gue penulis yg masih belajar. well iya belajar haha jadi di non fiksi ini gue rasa gue bakal lebih santai. santai banget malah,pake gue-lo padahal orang palembang juga,songong amat sih lu (ceritanya ngomong sendiri). Anyway,lets just start it.
Gue baru aja nonton Coboy Junior the movie. FYI, gue hampir nulis Coboy Justin the movie gegara kebiasaan typo 'Justin'. Oke itu ga penting. back to the topic. Gue dulu ga suka banget sama boyband dan girlband apalagi (maaf ya) k-pop. Tapi gue ga bakal pernah berani ngehina mereka didepan penggemar mereka. Gue tau orang itu suka sama idolanya pasti punya alasan tersendiri dan kita ga bisa menyangkalnya.
Tapi sekarang gue respect banget sama mereka, especially Coboy Junior yang sekarang udah di ganti namanya jadi CJR. Mereka punya sikap dan karakter suara masing masing. Malem ini sebenernya tadi iseng aja. Gue nonton di youtube terus abis nonton entah kenapa menggebu-gebu ngelanjutin part 'Is it wrong having Justin Bieber as my Lifesaver?'. Abis nonton, gue baru sadar CJR ini ga mudah ngegapai mimpi mereka, mereka latian ketat, banyak musuh di kompetisi,ada yg berhalangan hadir waktu latian, banyak rintangan deh tapi gue yang dulunya ga suka mereka malah seenak jidat ngatain mereka lewat sosial media, yang ada di otak gue dulu, "Ini anak kecil kecil ngapain nih ngerusak musik anak-anak, pake nge dance ngedance payah gitu". Tanpa gue tau mereka bisa sampe sekarang ga semudah gue ngejudge mereka. Mereka ngegapai impian mereka bertahun-tahun, lah gue ngejudge mereka cuma butuh beberapa menit buat ngetik asal dan nge post status, itupun kalo jaringannya cepet, kalo lelet?
Sekarang gue sadar, gue dulu ga ada bedanya sama pembenci Justin di tahun 2009-2010. Justin dulu di bentuk pribadinya manis, rambutnya hairflip,kalo poto pasti banyakan senyumnya, ga ada tato kalo disana mungkin dia termasuk anak umur 16 tahun yang payah, ga maco. Di Indonesia, kebanyakan dari mereka ngejek Justin banci dan disana gue ga nangkep pandangan di pembenci itu karena dulu, gue memang penggemar dia. Di telinga gue, yang nyanyi itu Justin Bieber, suara cowo. Tapi beda sama pembenci, mereka malah lebih percaya kalau yang namanya JUSTIN itu cewe tomboy dan pertama kali denger suaranya terkesan "Justin Bieber? cowo kan? kok suaranya kayak cewe? DIH BANCI NIH BANCIIII"
Mereka bilang "Don't judge a book by its cover" dan "You know my name, not my story" tapi mereka yang bilang gitu kebanyakan ga bisa menghargai tapi cuma minta dihargai. Di balik Justin yang sekarang udah 20 tahun dan pake tato, ngebut ngebutan,minum minuman dan apapun kata media, Justin itu ga mudah ngegapai impiannya. "It was naturally but naturally doesnt mean easy" kata Ryan Good,stylist Justin dulu.
Dia harus nyebarin single pertamanya 'One Time' dari satu stasiun radio ke stasiun radio yang lain. Hidupnya dulu juga ga mudah, orang tuanya cerai waktu dia masih 10 bulan. Dia belajar musik otodidak, nyokapnya ga selalu bisa menuhin apa yang dia mau. Lo perhatiin aja baju dia waktu belum di temuin sama Scooter Braun. He wore over-size chlotes, yang mungkin pikirnya waktu itu bakal masih muat walaupun nanti dia udah gede, tapi ternyata sekarang dia bisa beli baju apa aja yang dia mau.
Di saat temen - temennya main hoki dan dia waktu itu lagi ga ada duit, dia lebih milih ngamen dan hasil duit ngamen itu dia pake buat ngajak Pattie jalan-jalan ke Disney World di Florida. Anak umur 13 tahun ngajak emaknya jalan pake duit dia sendiri. I cant imagine srsly.
Dan setelah 2009-2010 berlalu. Ada 2011, dia difitnah punya anak sama Maria Yeater. Dan saat berita itu menyebar luas, si Maria ga mau di ajak tes DNA. BAM! Orang-orang sudah memandangnya sebagai "Tambah gede kok tambah aneh ya".
2011 berlalu, 2012 datang. Dia punya cewe, yaah emang udah ada sih sejak akhir 2011 kalo ga salah. Sebut aja Sele. Mereka ini putus nyambung, dan ga bisa punya privacy, well di tahun itu mungkin dia yang dicari cari paparazzi sampe sampe ulang tahunnya jadi "the worst birthday ever". Tapi sekarang malah dia sendiri yang bikin privacy dia sama cewenya jadi di public-in.
2013. Mereka pikir Justin berubah karena duit dan ketenaran padahal aslinya dia selalu amal,dia ngebantu bangun sekolah,nyumbang duit ke sekolah dan ngunjungin sekolah yang membutuhkan. ada yang bilang "Loh kebaikan kan ga perlu di ungkit?" yang bilang gitu, dia bego banget. Disini gue sebagai penggemarnya bukan mengungkit, tapi mengingatkan kalo yang LO bilang itu ga bener. Dia masih down to earth,masih ramah sama beliebers,masih inget orang tua.
Tapi well, everybody changes. Itu pasti sih sebenernya tapi kalo "duit dan ketenaran yang bikin justin bieber berubah" Youre totally wrong. He's just growing up dan yah lo harus sadar kalo anak umur 15 tahun yang waktu itu pasti bakal tumbuh dewasa. Dia mungkin akan ngelewatin fase-fase nakal kayak anak amerika lainnya (dia tinggal di amerika) dan dia juga bakal ngerubah cara pakaiannya dan juga rambutnya, suaranya juga bakal berubah. Dan masalah "Justin ga bisa di kontrol,dia kayak monster" blah blah,hey he's Justin Bieber who's getting judge by the world at 15.
Ini sudah 2014, dia sudah dihakimi banyak orang sejak lima tahun yang lalu. Ada juga yang lebih mencintai Justin yang dulu. But i've told you,he's 20 dan dia bukan remaja belasan kayak dulu lagi. Dia juga manusia, dia pasti marah kalo dia ga ngapa ngapain malah di katain "you moron,fuck you little cock fuck you,come back to america". Gue juga kalo dikatain gitu sama orang asing pasti udah adu bacot, cuma orang yang super sabar aja mungkin yang bisa diem kalo diperlakuin kayak gitu.
Dan setelah Justin marah-marah, videonya nyebaaar,media melebih-lebihkan. Kalo kata bokap sih "Ya namanya juga media kak, dia butuh yang wow,kalo engga mah ga bakal ada yang mau liat", tapi kayaknya orang yang nyebarin berita buruk yang dilebih-lebihkan itu ga inget mati kali ya,siksa kubur woi. Ngingetin aja sih.
Apalagi sekarang Justin kayak addicted sama tato, kayak ga bisa stop lagi pake tato. Gue pernah baca di twitter katanya tato itu termasuk self-harm ya? Ya, Justin bilang dia bakal berenti pake tato, tapi gue tau dia ga bakal berenti sampe ga ada ruang lagi di kulitnya yang bisa dimasukin tinta.
Mereka bilang Justin jelek pake tato, mereka bilang Justin bego dan keliatan aneh pake tato, mereka bilang mereka suka Justin yang dulu, yang imut dan tanpa tato. Tapi mereka ga tau alasan kenapa Justin pake tato sampe menuhin lengannya gitu, dia self-harm dan gue baru sadar hal ini. Orang yang paling bego disini adalah orang yang bikin orang lain self-harm, bukan orang yang ngelakuin self-harm. Ini kayak semacam sebab-akibat.
Lewat media,masyarakat yang kebanyakan melahap bulat-bulat berita pasti udah pandangan negatif aja sama Justin, karena 90% yang gue tau,media ngeberitain sisi gelapnya Justin.
Yang gue pikirin sekarang, "orang kalo ga suka sama sesuatu pasti sudut pandangnya selalu jelek, denger hal itu aja jijik apalagi nyari tau terlebih dahulu" sama kayak pembenci. Dulu, gue males banget sama Coboy Junior,sampe pernah gue block di twitter. Tapi sekarang malah gue follow. Karena gue tau, mereka juga sama kayak Justin. Mereka punya Behind The Scene mereka sendiri, dan setiap orang pasti punya cerita dibalik layar masing-masing.
KAMU SEDANG MEMBACA
Is it wrong having Justin Bieber as my lifesaver? (Belieber non-fiction)
SaggisticaPandangan gue tentang Justin, Beliebers dan haters. "Admit it, you're just too naive to say that Justin is a man because people around you hate him. See him with my perspective and you'll see a canadian kid who just wanna live his dreams as a public...