☁THAHARAH (Bersuci)☁

3.1K 119 1
                                    

Thaharah menurut bahasa artinya bersuci,, sedangkan menurut syara' artinya suci dari hadats dan najis. Suci dari hadats di lakukan dengan wudhu, tayamum, dan mandi,, sedangkan suci dari najis dilakukan dengan cara menghilangkan najis, baik yang ada di badan, tempat, maupun pakaian.

🌊🌊🌊🌊🌊

A. Air

1.) Macam-macam air

        Air yang dapat dipakai bersuci adalah air yang bersih (suci dan mensucikan), yaitu air yang turun dari langit atau keluar dari bumi yang belum dipakai untuk bersuci.
       
        Air yang suci dan mensucikan ialah -air  hujan
-air sumur -air laut -air sungai -air salju -air telaga  dan -air embun.

2.) Pembagian air

     Ditinjau dari segi hukumnya,, air dapat dibagi menjadi empat bagian;

A>.  Air suci dan mensucikan (air mutlak) yaitu air murni yang belum tercampur dengan zat apapun. Air ini dapat digunakan untuk bersuci.

B>.    Air suci dan dapat mensucikan, tetapi makruh digunakan, yaitu -air musyammas (air yang dipanaskan dengan matahari)  ditempat logam yang bukan emas.

C>    Air suci tetapi tidak dapat mensucikan, seperti air musta'mal (telah digunakan untuk bersuci),  ia menghilangkan hadats atau menghilangkan najis kalau tidak berubah -rupanya, -rasanya, -baunya.

D>.   Air mutanajis yaitu air yang kena najis (kemasukan najis), sedang jumlahnya kurang dari dua kullah, maka air yang semacam ini tidak suci dan tidak dapat mensucikan. Jika lebih dari dua kullah dan tidak berubah sifatnya, maka sah untuk bersuci. Dua kullah sama dengan 216 liter.

☔☔☔☔☔
Indonesia, 16 Oktober 2017

By. panduan Shalat lengkap

Pelajaran AGAMA ISLAM ✅Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang