🍐PANDUAN MENDIRIKAN SHALAT🍐

2.7K 104 0
                                    

A. Pengertian
…_…_…_…_…_…

     Shalat secara bahasa artinya doa, sedangkan menurut istilah adalah ibadah kepada Allah yang berbentuk ucapan dan perbuatan yang diketahui lagi khusus, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

    Mendirikan shalat artinya mengerjakannya secara lahir dan batin. Secara lahir maksudnya dengan menyempurnakan rukun,, wajib,, dan syarat-syarat shalat. Secara  batin berarti menghadirkan hati saat shalat dan merenungi apa yang diucapkan dan dikerjakan.

🍐🍐🍐🍐🍐

B. Dalil wajibnya shalat
…_…_…_…_…_…_…_…_…_…

1. Dalil Al-Qur'an

Allah berfirman;

واقيمواالصلاة واتواالزكاةواركعوا معالراكعين
Wa aqiimus shalaata wa aatuzakaata warka'uu ma'ar rooki'iina

"Dan laksanakanlah shalat,, tunaikan zakat,, dan rekuklah beserta orang yang rukuk. " (Qs. Al-baqarah :43)

ان الصلاة كانت عل المومنين كتابا موقوة

Innas sholataa kaanat 'alal mu'miniina kitaaban mauquuta.

"Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. "(An-nisa:103)

2. Dalil dari hadis

Rasulullah bersabda;

مروااولادكم بالصلاةوهم ابناا سبع سنين واضربوهم عليها وهم ابناا عشر سنين وفرقوا بينهم ف المضاجع.

Muruu aulaa dakum bissholaati wahum abnaau sab'a siniina waadribuuhum 'alaihaa wahum abnaau 'asyri siniina wafarriquu bainahum fil madooji'i.

"Perintah lah anak-anak mu untuk menjalankan shalat pada waktu mereka berumur tujuh tahun. Pukullah mereka jika melalaikan shalat pada waktu mereka berumur sepuluh tahun dan pisahkan lah tempat tidur mereka. (HR. Abu Dawud).

🍐🍐🍐🍐🍐

By. PSL

Pelajaran AGAMA ISLAM ✅Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang