B. Macam-macam najis
…_…_…_…_…_…_…_…_…_…Najis ialah suatu benda yang kotor menurut syariat, misalnya;
- Bangkai, kecuali manusia, ikan, dan belalang.
- Darah
- Nanah
- Segala sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur, kecuali air mani.
- Anjing dan babi
- Minuman keras
- Bagian anggota badan binatang yang terpisah karena dipotong dan sebagainya selagi masih hidup.1. Pembagian najis
Najis dapat dibagi menjadi 3 bagian;A. Najis Mukhaffafah (ringan). Disebut ringan karena cara mensucikan nya sangat ringan, yaitu tidak perlu najis itu sampai hilang. Caranya najis tersebut diperciki dengan air dan benda yang terkena najis berubah menjadi suci. Contohnya ialah air kencing bayi laki-laki yang belum berumur 2 tahun dan belum pernah makan sesuatu kecuali air susu ibunya. Bila bayi itu perempuan, maka air kencingnya tidak termasuk kedalam najis ringan, tetapi tetap dianggap najis seperti umumnya.
B. Najis Mughallazhah (berat). Disebut najis yang berat karena tidak bisa suci begitu saja dengan mencuci dan menghilangkannya secara fisik, tetapi harus dicuci dengan air sebanyak tujuh kali dan salah satunya dengan tanah.
Contohnya ialah najis anjing dan babi.C. Najis Mutawassithah (sedang). Disebut sedang lantaran posisinya yang ditengah-tengah antara najis ringan dan najis berat.
Untuk mensucikannya cukup dihilangkan wujud najisnya. Contoh nya segala sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur manusia atau binatang kecuali air mani, barang cair yang memabukkan, susu hewan yang tidak halal dimakan, bangkai, juga tulang dan bulunya, kecuali bangkai manusia, ikan dan belalang.Najis Mutawassithah dibagi menjadi dua;
1). Najis Ainiyah, yaitu najis yang berwujud, nampak, dan dapat dilihat.
2). Najis Hukmiyah, yaitu najis yang tidak kelihatan bendanya, seperti bekas kencing, atau arak yang sudah kering dan sebagainya.
☔☔☔☔☔
By. Panduan Shalat lengkap...
KAMU SEDANG MEMBACA
Pelajaran AGAMA ISLAM ✅
Spiritualالسلام عليكم 😍 Sekarang Pelajaran agama islam sudah nambah lapak ya.. Namanya "Pelajaran Agama Islam 2" Ini bukan novel atau cerita romantis,, komedi,, atau apalah itu.. Ini kumpulan pelajaran AGAMA ISLAM dimana yang berisikan; * Fiqih * Ski *...