1 - Gue Ganteng, Tapi Jomblo

7.2K 696 161
                                    

Huh! Entah kali berapa gue menghembuskan napas berat. Udah lama banget kayaknya gue menanggung beban jomblo. Sungguh berat rasanya. Tiga tahun, cuy! TIGA TAHUN! BAYANGKAN! Setiap gue nembak cewek, gue malah berakhir ditolak karena temen gue sendiri nikung gue.

Ah! Kenapa gue harus ditakdirkan jomblo selama ini sih?

Semenjak gue putus sama tukang selingkuh itu, gue berasa dikutuk. Kutukan yang nggak tahu kapan dicabut. Sial! Gue berharap nggak akan ketemu dia lagi.

Gue pacaran sama tukang selingkuh itu waktu SMP. Zaman ketika gue sangat-sangat alay. Zaman ketika gue suka update foto-foto selfie di pesbuk terus buat status yang alaynya naudzubillah. Zaman ketika gue masih suka dipanggil dedek.

Duh, ngedenger nama itu sekarang bikin gue merinding bukan main. Lagian kenapa juga sih mama manggil gue pake panggilan norak kayak gitu? Macam cewek tahu nggak!

Untungnya yang tahu panggilan itu cuman keluarga gue sama dia, sang mantan pacar satu minggu. Gue berharap kepada gusti Allah semoga gue nggak ketemu sama dia lagi. Gue bener-bener berasa parnoan kalau ingat zaman-zaman alay dulu.

Gue tatap diri gue di cermin. Gue pandangin wajah gue secara intens. Gue tersenyum miring lalu mulai bermonolog.

"Muka gue ganteng kayak Shawn Mendes. Bentar lagi juga resmi jadi anak kuliah. Nggak nyangka, waktu cepet banget berlalu." Gue terdiam sesat sebelum melanjutkan perkataan gue. "Tapi...  kenapa gue masih aja jomblo sih?"

Gue bener-bener kesal. Status jomblo ini bener-bener mensengsarakan hidup dan mati gue. Bayangin aja, setiap temen-temen gue ngajak ketemu, mereka selalu bawa pacar yang bisa digandeng ke mana-mana. Gue? Lo bisa bayangin gimana posisi gue. Pura-pura tersenyum cool padahal di dalam hati gue rapuh. Et dah, kenapa gue malah jadi melankolis kayak gini?

Gue tatap kaca itu secara seksama lagi.

"Gue ganteng, kan?"

"Gue mirip Shawn Mendes, kan?"

"Badan gue sixpack kotak-kotak kayak aktor hollywood, kan?"

Oke, gue mulai emosi.

"WOI jawab gue!"

"Astagfirullah, Dedek. Kamu udah nggak waras? Ngomong kok sama cermin."

Gue mendecak sebal karena kaget sekaligus kesal. Lagi-lagi mama manggil gue dengan panggilan norak itu.

"Ma, bentar lagi aku udah mau kuliah. Plis dong jangan panggil aku dedek," jawab gue sambil menatap cermin lagi. Masa cogan kayak gini panggilannya Dedek?

"Terus, kamu mau dipanggil apa?"

"End, Ma. Panggil aku End."

"Selesai? Kamu ini gimana sih, nama bagus-bagus masa mau diganti selesai. Ah, nama panggilan kamu itu Dedek. Jangan ngeyel deh mau ganti-ganti. Pokoknya mama bakal tetep manggil kamu Dedek!"

Setelah berkata panjang lebar, mama pergi meninggalkan kamar gue.

"Mama!!!"

Gue meringsut ke bawah lantai.

"Tidur! Atau besok mama kurangin uang jajan kamu!"

Mama berteriak dari luar kamar membuat gue terlunglai pasrah. Namun badan gue tegak lagi saat menyadari sesuatu.

"SHIT!"

Hampir aja gue lupa. Besok gue udah mulai pra ospek di sebuah universitas negeri Jakarta yang berarti bentar lagi gue bakal resmi jadi anak kuliahan. Sumpah ya, sebenarnya gue males banget ikutan acara gituan. Nggak penting banget. Pake pra-pra lagi, langsung ospek aja bisa, kan?

J o m b L oTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang