Diskusi 01. Bincang Kreatif Kepenulisan

650 40 4
                                    


Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Judul: Bincang Kreatif Penulisan Buku

Bintang Tamu: Rama Nugraha (Penulis Buku Tiga Dunia)
Akun wattpad:  woudward

Waktu: Sabtu, 6 Januari 2018


Ngomong-ngomong tentang fiksi fantasi, sudah berapa banyak buku yang kalian baca?
Barangkali, untuk buku-buku terjemahan telah banyak kita temui beragam judulnya di toko buku. Namun, yang merupakan buah karya asli dari penulis lokal pasti sangat jarang ditemui.

Selain kesulitan dalam membangun "Dunia Baru" melalui goresan pena kita, rupanya tak banyak penerbit yang berani mencetak karya fantasi asal penulis dari Indonesia. Karena itu, terbitnya novel Tiga Dunia dapat menjadi salah satu contoh yang bisa kita jadikan panutan dalam jagad buku fantasi karya penduduk negeri ini.

Bagaimana proses kreatif penulisan hingga penerbitan buku dari kak Rama Nugraha?

Yuk kita cekidot ke hasil diskusi dalam grup Fantasia di bawah ini!

1. Kak, boleh ceritakan seperti apa pengalaman kakak dalam menulis buku Tiga Dunia?

Pengalaman menulis Tiga Dunia, panjang sebenarnya, karena Tiga Dunia sendiri saya tulis selama hampir enam tahun. Karena dunianya baru, saya harus membangun semua sistem dan konsep yang ada dengan sungguh-sungguh. Ini memerlukan waktu untuk riset dan inkubasi ide yang enggak sebentar.

Dan, karena saya nggak ingin meniru karya asing, atau budaya barat. Itu sebabnya saya mencoba untuk membangun sendiri semesta Tiga Dunia.

Nah, sepanjang hampir enam tahun itu, banyak perubahan yang terjadi. Menulis itu tidak mudah. Apabila kalian ingin bersungguh-sungguh, perlu perjuangan panjang yang benar-benar melelahkan. Mulai dari ditolak berkali-kali, revisi, riset dan yang terpenting adalah disiplin. Kita juga harus cinta sama karya kita, enggak sekedar ikut-ikutan.

Bagian yang paling sulit adalah mendisiplinkan diri. Saya harus riset banyak, belajar sesuatu di luar zona nyaman dan menulis ulang banyak sekali.

Orang tidur, saya nulis. Orang ngegosip, saya nulis. Orang nongkrong di kafe, saya nulis. Habis subuh biasanya sudah depan laptop buat nulis. Kalau enggak nulis ya baca atau keliling jalan kaki cari inspirasi. Kalian akan merasakan kesendirian kalau memang ingin jadi penulis.

2. Dari mana kak Rama mendapatkan inspirasi selama menulis Tiga Dunia?

Hmm.. semula, sebenarnya keyakinan itu belum ada. Saya nekad. Karena saya tau, saya akan senang menjalani ini (menulis Tiga Dunia).

Tapi, kegagalan sungguh adalah guru yang terbaik. Karena dia mampu mendorongmu hingga ke ujung batas dari kemampuan dirimu sendiri. Melakukan sesuatu yang kita pikir nggak mungkin bisa terjadi.

Agenda FANTASIATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang