Materi: Plot Twist
Tutor: Bang ChristianSimamora
Hari/Tanggal: Selasa, 03 Maret 2018
Pukul: 19.00 WIB
Notulen: BelladonnaTossici9
Disclaimer: theWWG. WWG_Publisher==========<<<*****>>>==========
🍁 Halo semuanya. Saya Christian Simamora. Seringnya dipanggil Ino atau Abang.
I'm a writer, editor, and avid romance reader. Dan sekarang (ceritanya) bakal bawain topik tentang plot twist. Ihiw!
Kita mulai ya:
🐾 Plot twist adalah salah satu alat yang kita gunakan saat membangun plot cerita.
Kekuatan plot twist terletak pada asumsi ada sesuatu yang pembaca tak tahu sama sekali.
🐾 Jadi, nggak melulu hanya berupa adegan, plot twist juga bisa berupa aspek tersembunyi dalam latar belakang atau kepribadian karakter
🍄 Mis: meskipun bertubuh mungil, didorong cinta dan keinginan melindungi, sang ibu begitu berani menantang beruang berkelahi.
So far, bisa dipahami kan?
Lanjut?🍁 Berhubung ini adalah elemen rahasia/kejutan dalam cerita, harus diakui kalau plot twist susah-susah gampang untuk dilakukan.
Plot twist yang baik menjanjikan efek yang besar, bukan sekadar kejutan-kejutan kecil yang bisa kamu hadirkan melalui adegan.
Selain itu, plot twist biasanya memberi pengaruh kuat terhadap arah cerita dan/atau para karakter yang terlibat di dalamnya.
🍁 Ada beberapa cara untuk menciptakan plot twist. Ready?
1. Menempatkan diri sebagai pembaca
Bayangkan pembaca sebagai sosok yang sulit disenangkan.
Mereka sudah membaca banyak buku hingga bisa menebak arah cerita yang kamu buat.
--- Jadi, saat merancang klimaks cerita, sebaiknya kamu daftar dulu kemungkinan apa saja yang solusi/ending untuk plotmu. Setelah itu... buang.
Lakukan terus-menerus hingga kamu menemukan ending yang mengejutkan bagi ceritamu.
🐾 Intinya, selagi pilihan solusimu masih gampang ditebak, berarti belum cukup kuat sebagai plot twist.
2. Perdaya pembacamu
Kalau cara pertama masih kurang oke, kamu bisa menggunakan trik-trik simpel yang sering dipakai penulis untuk memperdaya fokus pembacanya.
🍃 Ada tiga metode:
• RED HERRING
metode menempatkan petunjuk-petunjuk palsu atau bukti menyesatkan untuk menyetir pembaca ke arah yang salah.Metode klasik ini sering dipakai dalam penulisan thriller/suspense.
Film detektif hitam putih aja udah make format ini. Rata-rata film detektif menggunakan metode ini.
--- Paling sederhana: semua episode Scooby Doo.
• METODE JALAN BUNTU
Hancurkan semua kemungkinan karakter utama bisa berhasil menyelesaikan masalahnya.Buat dia begitu menderita dan putus asa... hingga dia menemukan jalan keluar yang tak terduga-duga.
🐾 Ingat, selagi pembaca bisa memperkirakan ini, berarti efek plot twist yang kamu harapkan pun tak terjadi.
Tipe plot twist seperti ini sering dipakai dalam cerita yang melibatkan si kuat vs si lemah (karakter utama).
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelas Menulis TheWWG (Sistem LbD)
Non-FictionBuku ini berisi kumpulan pelajaran, teknik menulis, tips-tips, dan langkah-langkah dalam menulis yang dikumpulkan dari pembelajaran kelas di grup @theWWG dalam bentuk sistem baru 'Learning by Doing'. Materi pembelajaran kami di sini menjadi disclaim...