5. Materi Karakter Plan

3K 156 7
                                    

Materi: Karakter Plan
Tutor : Bang Rayhidayata
Hari/Tanggal: Jumat, 09 Februari 2018
Pukul: 13.30 WIB
Notulen: aoihachimitsu
Disclaimer: theWWG. WWG_Publisher

==========*****==========

🍁 Nama: Ray H
Panggilan: Ray
Dia adalah Cowok yang biasa nangkring di Wattpad dan Webtoon. Kadang nulis, kadang gambar, dan kadang memerhatikan keadaan sekitar buat merengkuh ide. Kesibukan saat ini sebagai siswa di salah satu MA di Kapuas.

🐾Menurut kalian (tanpa membuka referensi apapun), apa itu karakter?

🍂 Karakter adalah orangnya. Sedangkan sifat dan perilakunya adalah karakterisasi/penokohan.

Jadi, character plan di sini adalah bagaimana kita membentuk satu karakter beserta penokohan mereka.

Anggap kita sudah tahu apa sih itu tokoh, pembagiannya ada berapa aja, peran, dan tetek bengek lainnya.

Karena hal ini sudah banyak tersedia di Google dan Kelas Menulis theWWG di akun NisaAtfiatmico, theWWG dan WWG_Publisher

Fokus kita adalah character plan.
Apa itu Charakter plan?

🐾 Sebelum itu yang perlu di ingat adalah:

Salah satu hal penting dalam sebuah cerita adalah KONSISTENSI KARAKTER. Sengaja di-capslock biar pada melek. 😅 Pembahasan soal konsistensi kita singkirkan dulu, ya. Kita fokus ke CHARACTER PLANNER.

🍂 Apa hubungan antara KONSISTENSI KARAKTER dengan CHARACTER PLANNER?

Untuk membuat karakter yang kuat dan konsisten, tentunya kita perlu pegangan saat menciptakan mereka.

🍄 Misalkan, karakter kita nggak suka tomat. Tiba-tiba, pas di pertengahan, karakter itu justru menyatakan kalau masakan kesukaannya adalah sup tomat. Ini namanya nggak konsisten!

Apa artinya?

Artinya, pegangan kita terhadap karakter masih ngambang atau bahkan -bisa jadi- kita sama sekali nggak punya pegangan. Nah, lho? 😐 Ibaratkan kalau mau bikin chesse cake, pake resep aja sering gagal. Apalagi yang nggak pake resep 😅

Jadi, apa pegangan yang harus kita miliki saat menciptakan sebuah karakter?

🍂 Jawabannya: CHARACTER PLANNER

🍁 Lalu timbul pertanyaan lain: apa saja hal penting yang kudu ada dalam sebuah CHARACTER PLANNER?

Berikut rangkuman dari beberapa sumber, pengakuan teman, serta pengalaman pribadi:

1. NAMA

Ini penting pake banget. Mungkin kita pernah dengar istilah, "apalah arti sebuah nama". Eits, yuk kita eksekusi bareng-bareng.

Sebagai sebuah karya yang HANYA bisa dinikmati secara IMAJINASI dan VISUAL SUBJEKTIF, arti sebuah nama karakter dalam novel itu penting beut. Beda dengan KOMIK atau MOVIE yang karakter langsung jreng di depan mata.

🍄 Masih bingung? Oke, simak contoh di bawah ini:

"Gadis itu menyusuri lorong sekolah dengan langkah pelan. Kulit sehalus porselen, dengan tatanan rambut lurus yang terlihat amat harmonis di wajahnya nan tirus. Belum lagi bodi proposional yang menjadi daya tarik tersendiri, terutama ketika ia menjelma menjadi pemandu sorak.

Kelas Menulis TheWWG (Sistem LbD)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang