Materi: Teknik Tanda Baca dalam Dialog Tag
Tutor: Kak FairyGodmother3
Hari/Tanggal: Senin, 19 Februari 2018
Pukul: 19.00 WIB
Notul: harianimey
Disclaimer: theWWG. WWG_Publisher==========<<*****>>==========
🍒Ada yang tahu tanda dalam dialog itu seperti apa?
Tanda dalam dialog adalah sebagai berikut.
Berupa kutip pembuka kutip penutup.
(!) tanda seru
(.) tanda titik
(,) tanda koma
(?) tanda tanya
(—) tanda em dash
(–) tanda en dash🍒Nah tanda itu digunakan dalam situasi penulisan seperti apa?
Lihat dan perhatikan pola dialog yang kalian akan tulis seperti apa.💕Pola dan aturan dalam penulisan dinamakan dialog tag.
💕Dialog tag itu sendiri adalah frase yang mengikuti dialog, yang meniformasikan identitas si pengucap dialog.
💕Dialog tag biasanya ditandai dengan kata-kata seperti:
1. ujar
2. kata
3. tukas
4. ucap
5. sambung
6. pekik
7. tukas
8. jawab
9. sela
10. balas
dsb.💕Macam-macam dialog tag :
🍭1. Dialog tag di kalimat pernyataan.
contoh:
a. "Dia beli mangga," kata Ibu.
b. Ibu berkata, "Dia beli mangga."PERHATIKAN contoh di atas!
* Jika dialog terletak di depan maka akhiri dialog dengan tanda baca koma (,).* Jika dialog terletak di belakang maka akhiri dengan tanda baca titik(.).
Lanjut ke contoh lain atau ada yang belum paham?
🍁 Bandingkan contoh di atas dengan contoh (c) dan (d).
c. "Dia beli mangga." Ibu menatap kesal Ayah.
d. Ibu menatap kesal Ayah. "Dia beli mangga."Untuk contoh (c) dan (d) BUKAN merupakan dialog tag! Jika kalimat itu bukan dialog tag maka akhiri kalimat dengan tanda baca titik(.).
🍭2. Dialog tag di antara dua dialog.
Contoh:
a. "Kemarin, Amma tidak masuk sekolah," kata Yuan. "Kamu tahu kenapa?"Jika kasusnya seperti contoh di atas maka akhiri dialog tag dengan tanda baca titik(.).
Lain halnya jika kalimat itu belum selesai diucap atau ada jeda atau sambungan dari kalimat sebelumnya.
🍄 Contoh kalimat yang berjeda.
a. "Tapi," ucap Dewa, "kau yakin dengan ini?"
Dari contoh digunakan tanda koma setelah dialog tag dan huruf kecil untuk memulai dialog selanjutnya. Itu terjadi karena dialog kedua masih lanjutan dari dialog pertama.
🍭3. Dialog terputus
Contoh:
a. "Aku rasa dia nggak a—”
b. “Aku ... tidak tau lagi.”
c. "Aku lelah ...."
d. “Aku lelah ...,” keluh Tom.🌷Ketika dialog terpotong oleh kegiatan atau dialog karakter lain, gunakan tanda pisah em dash (—) seperti di contoh (a).
🌷 Kalau ada jeda dalam sebuah dialog seperti di contoh (b) atau diulur seperti contoh (c) dan (d), gunakan tanda elipsis (...).
🌷 Jika tanda elipsis muncul di akhir kalimat, tambahkan 1 tanda titik untuk mengakhiri kalimat seperti di contoh (c).
🌷 Atau tambahkan tanda koma jika diikuti dialog tag seperti contoh (d).
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelas Menulis TheWWG (Sistem LbD)
No FicciónBuku ini berisi kumpulan pelajaran, teknik menulis, tips-tips, dan langkah-langkah dalam menulis yang dikumpulkan dari pembelajaran kelas di grup @theWWG dalam bentuk sistem baru 'Learning by Doing'. Materi pembelajaran kami di sini menjadi disclaim...