Materi: Struktur Kalimat
Tutor: Bang AilaRadit
Hari/Tanggal: Minggu, 25 Februari 2018
Pukul: 19.00 WIB
Notul: NovBeldon17
Disclaimer: theWWG. WWG_Publisher==========*****==========
🍁 Nama saya Aila Radit, akun WP AilaRadit. Semua akun sosial media pakai AilaRadit. numpang promosi dikit.
🐾 Oke, sebelum membahas soal struktur kalimat, kalian tahu apa itu kalimat?
--- Kalimat yaitu satuan bahasa terkecil dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan suatu pikiran yang utuh.
🍃 Dalam ilmu linguistik kalimat merupakan satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa. Untuk mempelajari kalimat lebih dalam lagi bisa melalui cabang kajian Sintaksis atau ilmu yang mengkaji tentang seluk beluk kalimat, dan suatu bahasa yang memuat adanya intonasi dan tanda baca. (Hahaha sok ilmiah banget.)
Mungkin ada banyak lagi istilahnya kalau kita menyinggung tentang sintaksis ini. Pokoknya mah kalimat itu bertanda baca, berintonasi terdiri kata, frasa dan klausa.
🐾 Dalam suatu kalimat yang sempurna terdiri beberapa unsur yaitu subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Setiap unsur ini memiliki kekhasan masing-masing. Kalimat tersusun dari beberapa unsur sehingga unsur-unsur pembentuk kalimat yang saling berangkai itu membentuk satu kesatuan yang bermakna.
🍁 Sepertinya ada yang menyinggung subjek predikat tadi yah. Semuanya pasti pernah mendengarnya. Lah, dari situ setiap unsur memiliki tugasnya dan fungsinya masing-masing dalam satu kalimat.
1. Ciri-Ciri Subjek
Dapat ditemukan dengan Jawaban atas Pertanyaan Apa? atau Siapa?
🍄 Contoh :
(1.1.) Radit menendang bola.Siapa menendang? Jawabnya : Aila. (maka Aila adalah S sedangkan
memelihara adalah P sedangkan bola adalah objek)(1.2.) Bunga itu dibeli oleh Radit.
Kalau yang ini, Apa yang dibeli? Bunga. Maka kata "Bunga" disebut Subjek. Kenapa? Karena disertai kata ( ini, itu, yang,...) sebagai pembatas antara subjek dan predikat.
2. Ciri-Ciri Predikat
Subyek dan predikat ditentukan secara bersama-sama. Jadi jika kamu telah menemukan Subjek pasti akan menemukan Predikat. Begitu sebaliknya.
Seperti di contoh (1.1)
3. Ciri-ciri Objek
Objek selalu posisinya dibelakang Predikat. Objek hanya memiliki tempat di belakang Predikat.
🍁 Objek bisa menjadi Subjek jika pada kalimat pasif.
Dalam hal ini, perubahan dari aktif ke pasif ditandai dengan perubahan unsur objek dalam kalimat aktif menjadi subjek dalam kalimat pasif yang disertai dengan perubahan bentuk verba predikatnya.
🐾 Ada pula predikat yang berupa verba intransitif (kebanyakan berawalan ber- atau ter-) yang tidak memerlukan objek, dan ada pula verba transitif yang memerlukan objek kebanyakan berawalan me-.
Seperti contoh (1.1)
4. Ciri-ciri Pelengkap
Lah, yang ini waktu aku SMA dulu sering salah membedakan antara Pelengkap dengan Objek. Tapi jika diteliti kembali ada perbedaan diantara keduanya walaupun posisinya sama dibelakang Predikat.
Jika Objek bisa berubah menjadi Subjek pada kalimat pasif maka Pelengkap tidak bisa berubah menjadi Subjek dalam kalimat pasif. Objek langsung di belakang predikat, sedangkan pelengkap masih dapat disisipi unsur lain.
🍄 Contoh.
(4.1) Pemuda itu membelikan pacarnya boneka beruang.
[Boneka beruang di sini adalah Pelengkap. Karena jika pada kalimat pasif pada contoh (4.1) "Boneka beruang" tidak bisa menjadi Subjek.]
(4.2) Aila menghadiahi Radit sepatu bekas.
Jadi, jika disimpulkan kedua contoh itu Pelengkap posisinya dibelakang predikat namun sebelumnya disisipi unsur lain sehingga jika menjadi kalimat pasif posisinya tidak bisa menjadi Subjek.
(4.3) Buaya memangsa yang lemah.
5. Ciri-ciri Keterangan.
Posisi kedudukan Keterangan dapat berubah-ubah, berperan sebagai penjelas dalam kalimat. Jadi, dia yang paling berbeda dengan struktur kalimat yang lain.
Kembali lagi pada contoh (4.3)
🍁 Jenis-jenis Keterangan
--- Tempat : (di rumah, di sekolah, di kantor,...)
--- Waktu : (pagi tadi, tadi malam, ketika hujan,...)
--- Alat : (menggunakan pisau, dengan traktor,...)
--- Cara : (dengan santai, dengan bersemangat,...)
--- Tujuan : (supaya sadar, agar cepat,...)
--- Penyerta : (bersama keluarga, ditemani temannya,...)
--- Syarat : (asalkan dia ikut,...)
--- Posesif : (meskipun sakit, walaupun terlambat,...)(5.1) Aila menunggu Radit di Stasiun Ambarawa.
(5.1.1) Di Stasiun Ambarawa Aila menunggu Radit.
(5.1.2) Aila di Stasiun Ambarawa menunggu Radit.
==========**Q&A**==========
Q1.
- Aila menunggu Radit di stasiun AmbarawaDi situ, apa Radit jadi objek?
- Radit ditunggu oleh Aila di stasiun Ambarawa
Nah, di sini si Radit jadi subjek gitu kah? Wait, atau dia pelengkap?
A1. - Aila menunggu Radit di stasiun Ambarawa
Di situ, apa Radit jadi objek? iya, Radit di situ menjadi objek.
- Radit ditunggu oleh Aila di stasiun Ambarawa .
Nah, di sini si Radit jadi subjek gitu kah? Wait, atau dia pelengkap? Iya. kalau dilihat dari yang aku pelajari begitu. jadi objek jika bisa berubah jadi subjek maka keduanya benar. beda lagi kalau pelengkap
Q2. Coba kalau seperti ini
Radit membawakan boneka yang bagus? apakah boneka itu objek?
A2. Iya, objek.
Q3. Radit menyukai gadis yang berbaju putih itu.
Kalau seperti ini struktur kalimatnya gimana?
A3. SOP Pelengkap. (Jadi, yang bikin dia jadi pelengkap itu karena ada kata lain lagi di belakangnya.)
========**Kesan&Pesan**========
Ada cerita dalam setiap rangkaian kata.
AILA RADIT
==========*****==========
Best Regards
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelas Menulis TheWWG (Sistem LbD)
Non-FictionBuku ini berisi kumpulan pelajaran, teknik menulis, tips-tips, dan langkah-langkah dalam menulis yang dikumpulkan dari pembelajaran kelas di grup @theWWG dalam bentuk sistem baru 'Learning by Doing'. Materi pembelajaran kami di sini menjadi disclaim...