PENJELASAN SEMUA HUKUM DAN ALUR DALAM CERITA PEKAT

89.4K 3.5K 344
                                    

Untuk mempublikasi part ini saya lama melakukan pertimbangan  hingga menarik keputusan bahwa part ini memang penting keberadaanya setelah membaca respon dari para pembaca. Perlu diketahui bahwa saya adalah penulis yg saklek jika menyangkut cerita saya. Tidak bisa diganggu gugat, saya juga menjunjung tinggi kesopanan dalam berkomentar. Kenapa?, karena saya selalu berusaha membalas semua comment pembaca saya. Bayangkan saja sudah capek nulis tai nemu orang ngumpat di lapak kita kan bawaanya pengen..errrrrgggg. Dan sangat bersyukur bahwa selama saya ngelapak hanya beberapa gelintir orang yg terlalu kasar berkomentar dan tidak dapat saya tolerir. Hingga saya block. Bukan mau sok-sokan, tapi kembali lagi setiap penulis punya rule sendiri. Dengan harapan bahwa meski kita sedang bermain di dunia maya, setidak nya jempol kita tidak menciptakan rasa tersinggung untuk orang lain. Selanjut nya adalah ketika saya membuat cerita, sebelum dan sesudah apalagi menyangkut sebuah hukum saya selalu terus mencari refrensi dan kebenaran nya. Karena meski ini hanya fiksi tapi saya tidak mau cerita saya membuat multitapsir dan salah hukum, apalagi agama. Itu kenapa saya sangat suka ketika ada kritikan atau masukkan dari lembaca untuk memperbaiki cerita ini. Karena itu saya merangkum beberapa masalah yg sempat ada di cerita ini. Mari bahas satu-satu.

1. Apakah perceraian faira-Raksa sah?

"Iya"

2. Bagaimana hukum rujuk dan tata cara rujuk nya?, yg benar menurut agama?.

Allah berfirman,

وَأُولَاتُ الْأَحْمَالِ أَجَلُهُنَّ أَنْ يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّ

Para wanita hamil, batas masa iddahnya adalah sampai mereka melahirkan kandungannya.” (QS. At-Thalaq: 4)

Allah berfirman,

وَبُعُولَتُهُنَّ أَحَقُّ بِرَدِّهِنَّ فِي ذَلِكَ

Suaminya itu lebih berhak untuk rujuk dengan istrinya selama masa iddah itu…” (QS. Al-Baqarah: 228)

Berdasarkan ayat ini, para ulama menegaskan bahwa suami lebih berhak untuk menentukan rujuk setelah perceraian. Jika suami ingin rujuk, maka hubungan keluarga dilangsungkan kembali, meskipun istri menolaknya. Sebaliknya, ketika istri menghendaki rujuk, sementara suami tidak menginginkan maka rujuk tidak bisa dilakukan. Si istri hanya bisa mengajukan permohonan kepada suami agar bersedia untuk rujuk. Namun, ini hanya berlaku selama masa iddah. Demikian keterangan al-Qurthubi, bahkan beliau menyatakan bahwa hal itu dengan sepakat ulama. (Tafsir al-Qurthubi, 3:120)

Bagaimana Cara Rujuk Istri yang Sedang Hamil?

Selama istri belum melahirkan, dan talak yang dijatuhkan belum 3 kali maka suami masih berhak untuk rujuk. Bawakan dua saksi untuk proses rujuk, kemudian suami mengatakan kepada istrinya dengan kehadiran dua saksi itu: Saya rujuk kamu. Selesai.

Selanjutnya jaga baik-baik lisan, jangan sampai melontarkan kata-kata cerai. Demikian pula wanita, tidak melakukan gugat cerai. Masing-masing bersemangat untuk membangun keharmonisan keluarga, meskipun harus berkorban demi mempertahankan pasangannya.

Allahu a’lam

Menilik dari sumber diatas sudah jelas bahwa apa yg saya tulis tidak salah, karena sesuai syariat. Soal Faira yg harus dilibatkan,  maka saya akan mengubah chapter nya. Saya akan merevisi alur rujuk nya dengan menambahkan satu chapter khusus nanti setelah cerita ini tamat.

Bukan karena ini cerita watty saya jadi meremehkan kebenaran ya.

3. Apa Raksa selingkuh?.

Tidak pernah

4. Tapi katanya membuka hati?

Bedakan selingkuh dan membuka hati, menjalin hubungan terlarang itu namanya selingkuh. Membuka hati setelah proses perceraian tidak masuk katagori selingkuh dan jika karena alasan ini Raksa dikira brengsek saya rasa kita perlu membuka pikiran bersama-sama. Ego lelaki itu luar biasa tinggi. Kadang jika mereka disakiti mereka akan berusaha menyakiti balik. Dan itu manusiawi.

5. Kenapa Raksa tidak cari pekerjaan lain saja biar Faira tenang?.

Karena Raksa bukan CEO ala-ala yang dunia ada di bawah kaki nya, dikira mudah apa cari kerja?. Terlebih Raksa itu dosen. Seperti umum nya guru mereka tidak bisa seenak perut mau keluar. Dan nyari tempat kerja lain. Inget ini Raksa yang hanya dosen, bukan CEO yang perusahaan nya aja ngalahin banyak nya alfamart.

6. Kenapa Raksa mau satu penelitian dan tetap meladeni Via meski dalam konteks pekerjaan?

Karena Raksa orang terpelajar dan tahu cara bersikap profesional. Dalam lingkup pekerjaan atau disini dosen, ada interaksi yang menjunjung tinggi kesopanan dan sikap terpelajar. Meski pada akhirnya si Alivia selalu berusaha mencari celah. Jangan salahkan Raksa atas ulah Alivia.

7. Kalo nggak ada anak, pasti si raksa nggak mau balik sama faira, dan kenapa pula si faira harus selabil itu?

Saya tidak mau membuat cerita ini jadi dangkal dengan menampilkan Raksa dan Faira sebagai sosok yang terlalu loveable. Inget di cerita ini mereka digambarkan sebagai manusia bukan malaikat yg gk punya cacat. Dan mereka digambarkan sebagai pasangan yg sedang dalam proses pendewasaan

8 thor request si Alivia mati aja bisa?

Bisa, abis itu cerita ini kelar.😂😂😂

9. THOR KOK SERING TYPO.

oh itu bawaan orok, nulis pake pulpen aja sering kurang huruf apalagi ngetik pake hape sooo maklumi aja.

Oya, baca penjelasan saya dengan tenang ya, saya nggak marah2 kok.

Dan ketika masuk ke lapak2 saya perlu pembaca ketahui bahwa sedang membaca karya dari penulis pemula yg gampang baper. Di sentil dikit, baca kata2 kasar dikit Langsung lembek. Itu kenapa saya memilih jalan block untuk pembaca yb tidak bisa mengikuti alur main di lapak saya. lebih baik nggak bersinggungan daripada saling singgung kan?...kan?

Heheehe...karena itu terima kasih banyak untuk kalian yg setia dan tetep ikhlas membaca cerita ini meski mungkin kesal setengah mati karena saya yg sering banget buat author note, yg dikit2 curhat, yg sok padahal mungkin bagi kalian cerita nya cetek.

Sekali lagi makasi. Semoga kita tetap bisa saling berbagi dalam kebaikan. Saya bagi cerita kalian bagi vote..wkwkwkk

Segitu dulu. Ntar kalo masih ada saya buat lagi A/N.
HUAHAHAHA

LOVE,

RAMI

PekatTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang