Bab 2

1.8K 55 4
                                    

Statusnya: Janda.

Bukan artinya ia adalah seorang wanita dengan tampang sedih, mengemis cinta kepada orang lain. Bukan pula maksudnya seorang wanita yang tak mampu memuaskan gairah suami, lalu kemudian ditinggalkan. Bukan juga berarti seorang wanita yang diselingkuhi sang suami. Dalam kasusnya, ia menikahi pria itu karena cinta, tapi si pria tak pernah mencintainya.

Janda bagi dirinya adalah suatu situasi di mana seorang wanita pasrah ditinggali suaminya dan masih digantung harapan bahwa pria itu akan kembali.

Anastasia Grace Stokes masih teramat mencintai Alec. Ia masih mengingat hari- hari kecil, ayahnya, Henry Stokes, selalu mendengungkan nina bobo sebelum tidur yang kurang lebih seperti ini: Kau akan membuat takluk Sang Reyes dan membawa Stokes ke atas puncak kejayaan, Tasia. Pada awalnya, memang, ia mendekati Alec hanya demi membanggakan ayahnya. Bagaimana tidak, setelah diperlakukan bagai berlian paling indah di alam semesta—perawatan kecantikan mingguan, pelatihan bela diri, guru privat terbaik, tata krama melebihi seorang putri—setidaknya, ia harus mengabulkan satu permintaan ayahnya. Dan di sisi lain, Anastasia sangat menyayangi ayahnya.

Tak banyak yang ia ketahui mengenai ibunya. Ibunya, Tara Stokes, pergi meninggalkan Henry sebelum Anastasia mampu berbicara dengan baik. Ia membenci ibunya atas cintanya yang tidak setia. Membencinya atas ketidakpeduliannya terhadap Anastasia. Namun, mau bagaimanapun, Tara adalah ibunya. Tanpa wanita itu, Anastasia tak akan memiliki hormon estrogen yang menjadikannya wanita. Kalau ia seorang pria, masih memungkinkan baginya mencintai Alec—tapi pria itu mustahil menerima cintanya.

Tapi aku seorang wanita, batin Anastasia, dan Alec tak menerima cintaku. Cinta bukanlah hal ilmiah yang mampu dijelaskan dengan pengetahuan. Cinta tidak terduga. Cinta bukan berarti pria-wanita. Bukan berarti pria-pria atau wanita-wanita. Namun, adalah kala di mana seseorang menemukan belahan jiwanya. Bagian dirinya yang selalu merasa tak lengkap. Dan Anastasia tak begitu paham dengan apa yang dimaksud belahan jiwa.

Ia mencintai Alec. Tetapi, nyatanya, pria itu bukan kepingan yang dimaksud menjadi bagian dirinya. Itu menjadikan permasalahan tersangkut cinta ini dilabeli rumit oleh benaknya. Ia memuja Alec. Sebagaimana alis tebalnya mempertegas kekerasan wajahnya. Sebagaimana ia bertarung dan nyaris selalu menang. Kata ayahnya, Alec Zachary of Reyes adalah pria yang teramat cocok bagi Anastasia. Melengkapi tiap kelebihan yang telah Anastasia miliki.

Ia pikir, kemungkinan memiliki Alec memang ada walau kecil. Tak sekecil kesempatannya ditangkap di bar tengah kota Gemma yang mana sering kali dikunjungi para tentara. Anastasia tahu, sebagai anggota pemberontak, tak seharusnya ia bermain dekat-dekat dengan anjing militer. Namun, ia di sini atas perintah Cain Abernathy, ketua pemberontakan. Tiada orang selain Anastasia yang lebih dipercaya Cain. Dan mengingat semua orang percaya bahwa Anastasia telah mati, penduduk tak akan menyangka ia berjalan di antara mereka.

Menumpukan kedua sikunya pada meja panjang bar, acuh tak acuh Anastasia duduk mengalihkan pikirannya entah menunggu targetnya datang. Menurut pemantauannya, para tentara kelas bawah berdatangan tiap malam melepas penat. Mengingat bar itu yang pula merangkap rumah bordil—penyamaran Anastasia hari ini sempurna.

Rambut pirang yang biasa kusam kali ini berkilau diterpa lampu remang bar. Tubuh indahnya yang menarik perhatian semua pria dalam ruangan dibalut gaun merah minim. Untungnya angin musim semi tak menyiksa sebagaimana udara musim dingin. Dengan rias wajah berlebihan, Anastasia kini tak ada bedanya dengan para pelacur yang berkeliaran dalam ruangan.

Mata biru esnya menatap meja tak tentu fokus saat seorang pria asing—bukan tentara, Anastasia yakin sekali itu—memeluk pundaknya. Menanyakan minuman apa yang Anastasia inginkan. Anastasia nyaris bisa menoleransi sentuhan pada bahunya itu, tetapi ketika tangannya mulai menggerayangi tubuhnya, setangkas angin Anastasia menghentikan pergerakannya.

RAPTURETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang