[Diskusi] 15/4/2018

312 16 1
                                    

Pemimpin diskusi: meimeichaem
Hari/Tanggal: Minggu, 15 April 2018
Tempat: Grup Pejuang Kata

Tema: Membuat cerita biar gak membosankan

*****

Lani : Kuy mulai. Keluarkan keluhan kalian. Sejujurnya tulisanku juga begitu.

Indah: Masih jelek

Riris: Tulisan gue amburadul

Lani: Aku apalagi, kosong.

Indah: Aku juga kosong

Aris: Tulisan gw juga amburadul

Lani: Makanya, caranya gimana? Itu gimana ya triknya? Katanya sih kalo mau nulis gak perlu bertele-tele. Pake kata sederhana kayak kita ngobrol sehari-hari

Aris: Kalimat efektif gitu, jangan kebanyakan 'nya' atau 'dan'

Lani: Nya bikin boring.

Aris: Separagraf "nya" semua

Indah: Tapi kalau kebanyakan dialog juga kan gak bagus kata emak.

Aris: Jadi gini, pas sama mentor gue dulu itu, pake pemaparan karakter buat gantiin "nya", jadi elu ga harus maparin 1 karakter full di awal

Lani: Hooh. Jangan semuanya dulu. Kasih pembaca bertanya-tanya ama tokoh kita.

Aris: Biasa kan kalo lihat teenfict mesti deh paragraf awal tentang cuaca. Terus tokoh full.

Lilis: Atau gak pas bangun tidur. Mimpi buruk.

Lani: Gimana maksudnya pak guru?

Lilis: Kebiasaan aku itu, langsung aku keluarin semua. Pantas banyak yang protes.

Riris: Review cerita gue dong

Lani: Riris belum pernah direvisi?

Riris: Belum, wkwk. Baru 3 part otw revisi dulu terus baru lanjut, maunya gitu. Revisi alur dan POV maksudnya.

Lani: Alah jangan kebanyakan revisi. Kelar saja dulu, baru direvisi, Riris.

Aris: Kelarin dulu, revisi ntar aja, daripada nanti buntu kayak gue.

Lilis: Ho-oh. Nanti malah gak kelar-kelar kayak aku.

Lani: Lah samaan kita. Nasib penulis pemula.

Lilis: Ho-oh.

Riris: Gue mikirnya kan gini mumpung baru 3 part jadinya alur sama pov nya gue benerin sekalian. Daripada nanti kalo udah kelar ngerevisi semua.

Aris: Perlahan.

Lani: Trus katanya ya, kalo mau cerita itu menarik pakai kata yang gak pernah ada di buku manapun. Cem mana pulak itu.

Lilis: Bahasa dunia lain.

Riris: Bahasa alien.

Indah: Ehhh alien.

Lilis:  Mungkin yang dimaksud itu diksinya kali ya. Susunan kata-katanya.

Riris: Iya kali.

Lilis: Nah ... pengenalan tokoh yg baik tuh cem mana, yo?

Lani: Sebaiknya perlahan kenalkan tokoh itu. Gak langsung kau sodorkan semuanya. Ntar tokohmu gak spesial lagi.

Lilis: Jadi harus mikir latar juga, yo. Awal bikin, latar di sekolah, sih. Jadi mau gak mau semua temen2nya kudu kusorot.

Indah: Diksi yamg menarik berarti sangat berpengaruh sama ceritanya.

Materi Kepenulisan / CoverTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang