Materi: Sinopsis dan Blurb
Pemateri: Glad garadisu2021
Hari/Tanggal: Jumat, 20 April 2018
Tempat: Grup Pejuang Kata*****
Sinopsis
💦Pengertian sinopsis
Sinopsis adalah ringkasan atau garis besar naskah yang menggambarkan isi dari suatu film atau pementasan yang dilakukan baik secara konkrit maupun secara abstrak. Sebagai pembuka/prolog atau epilog dari naskah yang akan dipentaskan. Membuat gambaran jelas secara sederhana tentang urutan cerita dalam naskah.
💦 Fungsi dari sinopsis :
1. Memberikan gambaran ringkas dari isi naskah
2. Memberikan gambaran secara cepat
mengenai isi naskah
3. Sebagai pembuka/ prolog atau epilog dari naskah yang akan dipentaskan.
4. Membuat gambaran jelas secara sederhana tentang urutan cerita dalam
naskah.
5. Draf pedoman pemeran atau pemain dalam pelaku improvisasi.💦Fungsi lain sinopsis
Sinopsis biasanya digunakan sebagai prolog bagi sebuah naskah baik dalam naskah pendek maupun naskah panjang untuk suatu pemetasan film dan terater panggung. Sinopsis akan memudahkan untuk mengetahui dan memahami secara lebih ringkas pada bagian awal dari suatu naskah tersebut.
💦Selain sinopsis naskah untuk pementasan di atas juga ada sinopsis lainnya, salah satunya misalnya sinopsis novel.
Apa itu sinopsis novel ?
Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.
Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya.
Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.Sinopsis tidak bertujuan untuk membuat penasaran calon pembaca. Justru sebaliknya, sinopsis harus menggambarkan kejelasan alur cerita tanpa ada yang ditutupi. Kemasannya adalah menarik, bukan membuat penasaran. Sehingga tidak mungkin sinopsis dibuat dengan memotong sebagian alur dalam cerita. Konflik yang terjadi dalam naskah justru harus digambarkan dengan gambang dalam sinopsis.
Sinopsis biasanya kita kirim ke penerbit, gak mungkin penerbit mau baca semua naskahnya. Jadi sinopsis harus dibuat sebaik dan semenarik mungkin, karena kesan pertama ada di sinopsis saat kita mau menerbitkan novel kita.
💦 Langkah-langkah membuat sinopsis :
1. Sebelum membuat sinopsis, membaca
naskah asli terdahulu untuk mengetahui
kesan, substansi dan esensi umum
penulis.
2. Mencatat gagasan utama dengan
menggaris bawahi gagasan-gagasan
yang penting.
3. Menulis ringkasan berdasarkan gagasan
-gagasan utama sebagaimana dicatat
pada langkah ke dua. Gunakan kalimat
yang padat, efektif, dan menarik untuk
merangkai jalan cerita menjadi sebuah
karangan singkat yang menggambarkan
karangan asli.
4. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis
isi atau dicari garis besarnya saja.
5. Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh
menyimpang dari jalan cerita dan isi
keseluruhan novel.*****
Blurb
💦Pengertian blurb
Blurb adalah penjelasan singkat tentang isi di back cover buku yang telah terbit.
💦 Tujuan blurb
Untuk menarik minat baca dan keputusan membeli pembaca. Jadi, blurb harus dibuat semenarik dan semenggelitik mungkin.
Blurb juga menjadi kunci bagi sebuah buku untuk bernapas dan hidup di pasaran. Oleh karena itu, blurb harus memiliki kemampuan menambat hati pembaca dan calon pembeli.
Di toko buku, calon pembeli harus berhadapan dengan ribuan buku yang ter-display. Dengan begitu, setelah tertarik dengan judul dan olahan grafis di kover depan, ia akan membalik buku tersebut dan memerhatikan blurb. Dan ia hanya membutuhkan sekitar 20 detik untuk memutuskan membeli buku tersebut ataukah tidak. Oleh karena itu, blurb harus mampu memiliki daya pikat yang tinggi. Blurb yang hanya dua hingga empat paragraf yang ada di belakang buku adalah salah satu faktor penting untuk menjadi iklan sekaligus penjelasan isi buku.
💦 Langkah-langkah membuat blurb
1. Tentukan karya yang ingin dibuat blurb.
Bisa berupa film, iklan, atau buku.
2. Pelajari karya tersebut. Misal, baca
bukunya atau tonton filmnya.
3. Catat hal yang paling berkesan setelah
mempelajari karya itu. Misalnya apakah
kamu tertarik? Kaget? Ngeri? Takut? Jijik?
Meneteskan air mata?
4. Tuliskan kesanmu terhadap karya itu.
Jangan hanya terpaku di satu bagian, tapi
buatlah blurb yang mendidik berdasarkan
gambaran garis besarnya.*****
QnA:
1. "Apa sinopsis perlu dialog? Pokoknya inti dari awal, konflik, akhir?"
(Question by: Lilis dan Indah)-> "Sinopsis tidak perlu ada dialog, kan ringkasan."
2. "Berarti naskah harus jadi dulu sebelum buat sinopsis?"
(Question by Lilis)-> "Iya benar. Buat naskah dulu baru ada sinopsisnya. Kan sinopsis itu kayak ringkasan."
3. "Dalam cerpen butuh sinopsis?"
(Question by Lani)-> "Sinopsis berfungsi untuk menyajikan karya tulis yang panjang dalam bentuk yang singkat. Jadi untuk cerpen menurutku tidak perlu."
4. "Terus sinopsis untuk apa ? Direview ada sinopsis nggak?"
(Question by: Dera)-> "Sinopsis biasanya kita kirim ke penerbit."
"Oalah, jadi yang dikirim sinopsis. Kalau diterima baru kirim naskahnya?"
-> "Iya kali. Ga mungkin penerbit mau baca semua naskahnya. Jadi sinopsis harus dibuat semenarik mungkin."
5. "Jadi blurb harus dibuat semenarik mungkin ya. Berarti bisa dibilang blurb itu kayak sinopsis tapi lebih dipersempit?"
(Question by Viah)-> "Iya. Kalo blurb itu bersifat bikin penasaran agar si pembaca tertarik untuk membaca buku tersebut."
6. "Kalau Blurbnya hanya terdiri dari satu paragraf gimana?"
(Question by: Ca)-> "Yang penting cukup membuat orang tertarik untuk membaca tulisan kita."
*****
Demikian materi kali ini. Semoga bermanfaat.
-Adm-
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan / Cover
Não FicçãoBerisi tentang materi kepenulisan dan cover yang telah diajarkan di grup Pejuang Kata. Penasaran? Yuk intip apa saja isi di dalamnya. Dilengkapi dengan QnA dan juga diskusi di luar materi. Kalau mau membedakannya, lihat saja kata pertamanya di tiap...