[Materi+QnA] Review Buku

817 28 3
                                    

Materi: Review
Pemateri: Dy Lia Dy_lia29
Hari/Tanggal: Jumat, 4 Mei 2018
Tempat: Grup Pejuang Kata

*****

Review Buku

Selamat malam semua.
Malam ini kita bahas masalah review buku ya.

•Review sendiri terbagi menjadi 2 macam
1. Review buku milik pribadi
2. Review atas tawaran kerja sama

Untuk review buku milik pribadi, kalian bebas mengutarakan pendapat kalian mengenai buku ini. Dengan catatan, tidak spoiler isi buku.

•Banyak reviewer sekarang yang salah dalam mereview. Mereka menceritakan isi buku. Kalau sudah diceritakan, buat apa beli. Cukup dengan membaca hasil review.

Nah, tujuan dari mereview buku ini salah satunya membantu penulis mempromosikan bukunya, menghargai karya penulis, serta membuat buku yg udah lama tenggelam jadi bangkit lagi dengan review kalian.

Jadi, review dari kalian itu menentukan hasil penjualan.

Untuk bibliophile sendiri, mereka membeli buku berdasarkan rating di GR ataupun ada yang menebar virus atau racun.
Rating di GR itu sangat berpengaruh.
Apabila rating besar,  maka bibliophile akan membeli buku tanpa ragu.

Untuk opsi menebar virus atau racun. Contohnya, gue mereview novel. Karena review gue itu menarik, yang lain jadi tertarik untuk membeli buku itu.

Sampai sini, udah keliatan kan seberapa penting reviewer? Dengan mereview,  kita membantu penulis.

•Masih bagian review buku milik pribadi.
Untuk review buku pribadi, kita juga bebas menentukan berapa rate yang kita kasih ke buku itu. Jangan ragu untuk kasi rate 1 kalau memang tidak layak. Biasanya kisaran rate itu 1-5.

Untuk review buku milik pribadi sampai sini dulu.

Lalu ada juga review karena tawaran kerja sama.

Untuk mendapatkan tawaran mereview buku, pastikan kalian rajin dalam mereview buku. Sertakan kontak yg bisa dihubungi di bio instagram kalian. Nah, nanti, kalau beruntung. Penerbit akan mengontak Kalian untuk mereview buku  terbitan mereka. Ada sistem tertentu dalam kerja sama. Kalau udah sanggup dan menyetujui, maka kita harus mengikuti ketentuan yang diberikan.

*****

QnA:

1. (Dea) Apa point penting dalam review buku yang harus kita perhatikan?

=> Poin penting untuk review pribadi > berhubung itu kalian bebas mengutarakan perasaan, jadi bebas. Tapi lebih baik sesuai dengan kriteria mereview.
A.  Identitas buku
B. Blurb
C.  Isi review
D. Kesimpulan

Untuk identitas buku itu, judul, penulis, penerbit, tahun terbit, ISBN, jumlah halaman.
•Blurb ialah dekskripsi singkat di belakang novel.

•Isi review merangkap quotes menarik agar yang lain jadi tertarik untuk membeli, pembahasan seputar tema, tokoh, karakter, alur, typo, dll.

•Kesimpulan berisi perasaan kalian selama kalian membaca, bagaimana pendapat kalian, serta ditambahkan untuk kalangan apa buku ini cocok, promosi bukunya sedikit bila perlu, amanat yang dapat diambil, dan yang pasti rate kisaran 1-5.

2. (Lilis) Jadi untuk mereview tanpa spoiler itu seperti apa? Maksudku, apa yang harus diperlihatkan? Alur? Tokoh?

=> Mereview tanpa spoiler sudah kujelaskan di jawaban pertanyaan Dea ya. Kira-kira seperti itulah yang dibahas.

3. (Riris) Apakah review dengan resensi itu sama? Jika beda apa yg membedakannya?

=> Perbedaannya adalah;
1. Resensi lebih ringkas, sedang mereview lebih luas.
2. Untuk penggunaan bahasa, resensi harus menggunakan bahasa jurnalistik, sedang mereview  menggunakan bahasa santai, tidak terlalu baku.
3. Resensi mengulas secara keseluruhan, tapi review bisa mengulas per bab.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: May 08, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Materi Kepenulisan / CoverTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang