Pelayan tidak jujur

456 21 0
                                    


Tiga orang di kafe memesan makanan dengan total biaya $ 15. Mereka masing-masing menyumbang $ 5. Pelayan membawa uang kepada koki yang mengenali ketiganya sebagai teman dan meminta pelayan untuk mengembalikan $ 5 kepada para pria.

Pelayan itu tidak hanya miskin di bidang matematika tetapi tidak jujur ​​dan bukannya kesulitan membagi $ 5 antara ketiganya hanya memberi mereka masing-masing $ 1 dan mengantongi sisa $ 2 untuk dirinya sendiri.

Sekarang, masing-masing orang secara efektif membayar $ 4, total yang dibayarkan adalah $ 12. Tambahkan $ 2 di saku pelayan dan ini menjadi $ 14. Jadi, kemana perginya $ 1 lainnya dari $ 15 yang asli?

Menjawab
Masalahnya adalah bahwa pertanyaan itu secara cerdik diungkapkan untuk menyembunyikan apa yang sebenarnya terjadi.

Mari cari semua uang itu. Ada dua cara untuk berpikir tentang berapa banyak uang yang ada di luar sana untuk ditemukan. Cara pertanyaan ini rumit adalah karena menggabungkan dua cara itu.

Cara pertama adalah ini. Berapa banyak uang yang dibayarkan ketiga pria itu?

Cara kedua adalah ini. Berapa banyak uang yang akhirnya mereka bayar?

Jadi jika itu adalah cara pertama, maka jelas total yang perlu kita perhitungkan adalah $ 15.

Jadi mari kita lihat apa yang terjadi pada $ 15 itu. Koki mendapat $ 10, pelayan mendapat $ 2 dan orang-orang mendapatkan $ 3 kembali. Itu bertambah baik.

Sekarang mari kita lihat cara kedua. Berapa banyak uang yang akhirnya mereka bayar? Yah $ 12, dan $ 10 dari itu pergi ke koki dan $ 2 ke pelayan. Sekarang, itu juga bertambah.

Masalah dengan pertanyaannya adalah bahwa $ 2 yang dibawa oleh pelayan terkandung dalam $ 12 bahwa mereka akhirnya membayar sehingga kita tidak mengharapkan mereka menambahkan sesuatu yang berarti.

RIDDLE LOGIKA ENDSOLVEDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang