2 - Sepupu

76 9 3
                                    

"Rifan, bisa ke meja bapak sepulang sekolah nanti?" kata Pak Iyus pas jam pelajaran habis.

"Oh bisa, Pak. Ada perlu apa?"

"Bantuin bapak meriksa tugas yang di kertas folio," udah ngomong gitu si bapak keluar kelas aja.

"Siap, pak!" jawab urang sambil ngasih hormat. Tapi ga di liat samsek. Tengkyu loh, pak.

Keluarnya Pak Iyus dari kelas, urang balik ke meja urang. Masukin buku pelajaran tadi ke dalem tas. Mumpung pelajaran habis ini bahasa Indonesia dan bagusnya—hapunten (maaf) ibu—Bu Rina ga masuk, jadi urang bisa tidur. Lumayan, tadi urang ga tidur. Kampret si Raihan, ngajak urang ngegame sampe urang ga tidur.

Baru aja urang nenggelemin kepala ke hoodie yang urang simpen di atas meja buat dijadiin bantal, eh ada yang nepuk pundak urang.

"Sare wae maneh, Pan," kata Raihan terus ngelangkahin urang yang lagi duduk manja di kursi. (tidur terus kamu, Pan)

"Gandeng!" kata urang sambil agak ketus. Awalnya si Raihan ga terlalu ganggu. Lama-lama ini si Raihan ganggu banget, hilang sudah posisi pw urang yang udah susah payah urang bangun setelah Pak Iyus keluar kelas. "Cik atuh, Han! Ngagokan pisan." (berisik!; demi dewa, Han! Ngeganggu banget)

"Da urang ge hayang diuk." (saya juga mau duduk)

"Nguriling weh atuh," kata urang sambil benerin posisi lagi buat tidur. (muter aja)

"Embung, jauh." (gamau, jauh)

Argh, udah, cukup, urang ga bisa tidur lagi. Mending urang ke kantin, beli mie ayam atau kupat tahu. Perut ini jadi menggila gara-gara gaya ngajar pak Iyus yang ekstrim. Niat mau jalan ke kantin, eh malah hampir nabrak cewe depan pintu.

"Eh, maaf."

"Iya gapapa, nyari siapa?" tanya urang. Urang nanya gitu soalnya urang tau dia bukan dari kelas urang.

"Kang Raihan ada?"

Awalnya urang kira dia adik kelas, soalnya mukanya ga pernah liat. Secara gitu, dia manggil Raihan pake embel-embel 'kang'. Tapi pas urang liat bet di lengan kanan seragamnya, itu bet anak kelas XI. Pacarnya si Raihan mungkin.

"Han, aya nu neangan maneh yeuh!" panggil urang dari deket pintu. Tapi si Raihan anteng aja ikutan tidur di tempat bekas urang tidur. "Si kampret teu di denge!" (Han, ada yang nyari kamu nih!; Si kampret ga di denger)

"Han!" panggil urang sekali lagi.

"Naon?" (apa?)

"Ieu aya nu neang," kata urang sambil nunjuk ke cewe yang berdiri di sebelah urang. (ini ada yang nyari)

"Oh," jawab Raihan terus jalan ke deket urang berdiri. "Ada apa, Ca?"

"Ini kang, tadi mamah nitip bekel," kata 'Ca' sambil ngasih kotak bekal ke si Raihan.

"Nuhun ya, Ca." (makasih ya, Ca)

"Iya, kang. Tadi mamah juga nyuruh kang Raihan ke rumah. Udah lama ga ke rumah katanya."

Ini serius, urang ngerasa jadi obat nyamuk. Mereka pacaran di depan urang.

Si Raihan ketawa. "Iya, bilangin ke tante sama om, nanti aku kesana. Tapi ga hari ini, aku ada rapat OSIS. "

WTH, maneh harus cerita ke urang, Han. Boga kabogoh teu bebeja. (Punya pacar ga bilang-bilang)

"Iya nanti Caca sampein, Caca ke kelas dulu, kang."

"Sekali lagi makasih, Ca!"

Caca ini cuma ngangguk ke Raihan terus ngangguk sambil senyum ke urang, bilang makasih juga. Senyumnya kaya pernah urang liat. Urang bales juga ngangguk senyum.

Tadinya urang mau ke kantin, tapi sekarang urang lebih kepo sama si Raihan dan Caca ini.

Urang balik lagi ke meja, duduk di sebelah Raihan. "Eta kabogoh maneh?" (itu pacar kamu?)

Si Raihan diem terus ketawa.

"Lain," jawab Raihan sambil goyang-goyangin kotak bekal di deket telinganya. (Bukan.)

"Terus saha?" tanya urang. (Terus siapa?)

"Ceuk maneh ieu eusina naon?" (kata kamu ini isinya apa?)

"Nya teuing, sugan. Baleg ih." (ya gatau. Yang bener ih)

"Hmm, maneh embung urang aya nu ngarebut kitu? Sieun perhatian urang teu ka maneh deui kitu?" jawab Raihan sambil senyum ke arah urang. (Hmm, kamu takut saya ada yang ngerebut gitu? Takut perhatian saya ga ke kamu lagi gitu?)

Anjir, Han. Sumpahna urang geli.
"Baleg!"

"Lain kabogoh, dulur," jawab Raihan sambil buka kotak bekal yang di kasih Caca tadi. "Kamari maneh kan nanyakeun." (Bukan pacar, saudara; Kemarin kan kamu nanyain)

"Hah? Saha?" (hah? Siapa?)

"Itu si Sasa."

Allahu! Urang kaget? Iya urang kaget. Keliatannya beda banget sama Sasa yang kemaren. Yang kemaren lebih ke muka cantik tapi kaya sombong. Yang ini lebih ke lucu sama kaya bocah. Pangling asli. "Eta si Sasa? Naha beda?" (itu si Sasa? kenapa beda?)

"Mun keur jam sakola mah make kacamata, buuk na di urai. Di beungkeut mun keur diajar hungkul," jawab Raihan sambil makan. (kalau jam sekolah dia pake kacamata, rambutnya di urai. Di ikat cuma kalau pas belajar.)

Urang diem sebentar, mencerna penjelasan Raihan yang ternyata menurut urang lebih ekstrim dari pak Iyus. "Seungit euy. Cik menta, urang lapar." (wangi nih. Coba minta, saya laper)

"Yeuh, duaan weh. Sanguna rea," jawab Raihan sambil nyodorin kotak bekal itu. (nih, berdua aja. Nasinya banyak)

Urang nyuapin nasi ke dalem mulut urang. Tapi pikiran urang masih ke si Caca, atau Sasa, atau siapapun lah nama cewe itu. Padahal kemaren urang ngebayangin si Sasa kalo rambutnya di urai bakal gimana. Tapi liat dia di kacamata beda banget. Sampe pangling.

Satu kacamata bisa ngubah seluruh muka. Emang ajaib ini cewe.

Raihan tiba-tiba nyenggol urang. "Heh, mikirkeun naon?" (Heh, mikirin apa?)

"Teu." (Ngga)

"Si Sasa?"

"Teu."

"Balik sakola, urang kumpul deui. Maneh langsung balik weh, nu ieu mah sigana lila," kata Raihan sambil ngunyah nasi dalem mulutnya. (pulang sekolah, saya kumpul lagi. Kamu langsung pulang aja, yang ini kayanya bakal lama.)

"Sok weh kalem, da urang ge rek ka pak Iyus heula." (gapapa santai, saya juga mau ke pak Iyus dulu.)

"Mariksaan deui?" (meriksain lagi?)

"Heueuh."

Raihan ga jawab, cuma ngangguk-ngangguk aja sambil terus makan. Urang juga ikutan anteng aja makan. Lumayan makan siang gratis, uang jajan hemat.

.
.
.

Agak garing-garing gimana gitu ya:(
Maap ya;(
But hope y'all enjoy it!

EftychiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang