51. Tidak Sah Menggabungkan Puasa Qada Ramadhan dengan Puasa Syawal

1.3K 18 0
                                    

TIDAK SAH MENGGABUNGKAN QADA RAMADHAN DENGAN PUASA ENAM HARI SYAWAL DENGAN SATU NIAT

Pertanyaan:
Apakah dibolehkan saya berpuasa enam hari Syawal dengan satu niat untuk mengqada hari-hari saya berbuka di bulan Ramadhan disebabkan haid?

Jawaban:
Alhamdulillah... Hal itu tidak sah, karena puasa enam hari di bulan Syawal tidak boleh kecuali setelah selesai puasa Ramadhan secara penuh.

Syeikh Ibnu Utsaimin dalam Fatawa Shiyam, 438 mengatakan, “Siapa yang berpuasa hari Arafah, atau Asyura dan dia mempunyai kewajiban qada Ramadhan, maka puasanya sah. Akan tetapi kalau dia berniat berpuasa hari ini untuk mengqada Ramadhan, maka dia mendapatkan dua pahala. Pahala hari Asyura disertai pahala qada. Ini terkait dengan puasa sunnah mutlak yang tidak terkait dengan Ramadhan. Adapun kalau puasa enam hari Syawal terkait dengan Ramadhan, maka tidak (dibolehkan) kecuali telah menyelesaikan qadanya. Kalau dia berpuasa sebelum mengqada, maka dia tidak mendapatkan pahalanya. Berdasarkan sabda Nabi sallallahu 'alaihi wa sallam:”

من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال فكأنما صام الدهر

“Siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian diikuti dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka dia bagaikan puasa setahun.”

Sebagaimana diketahui, bahwa orang yang punya hutang puasa Ramadhan, maka dia dianggap belum berpuasa (penuh sebulan) Ramadhan sebelum dia menunaikan semua hutangnya.

والله أعلم… وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🗂 Referensi: Soal Jawab Tentang Islam di Islamqa.com

•┈•❦•┈•◕✿◕•┈•❦•┈•

💎 Grup Dakwah Permata Sunnah

🌐 Web: http://permatasunnah.com
📸 Instagram: https://www.instagram.com/permata.sunnah/
📲 Grup WhatsApp. Silakan Join. Click !
• (Pria):  http://bit.ly/2DPS-admIkhwan
• (Wanita): http://bit.ly/2DPS-AdmAkhwat
📧 BC. BBM Dakwah: DA23EC5A
📮 Chanel Telegram: telegram.me/PermataSunnah
💻 Fanspage: fb.me/GrupDakwahPermataSunnah

📡 Silakan disebar Artikel ini dengan tidak menambah dan mengurangi isi tulisan.

Tanya Jawab Seputar Agama IslamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang