"Yah, ilang. Bolanya ilang. Mana coba tadi bolanya?"
Bocah kalau mau nangis kenapa lucu banget sih? Gemes gue. Lihat dong dari ekspresi muka sama bibirnya mencebik lucu gitu. Terus mukanya merah dan matanya makin menyipit soalnya pipinya keangkat karena bibirnya monyong-monyong.
"Aaa dulu sama Mama nanti dicari bolanya. Tuh Mama... Aa Mama... Aa...."
"Aa nih aa.... Mana bolanya Yusuf? Tanya Tante The coba. Tante, bola Yusuf mana Tante...."
Gue mengeluarkan bola plastik dari balik punggung gue. "Yay pinter udah aa. Iniii bola siapa yaaa?" Bayi gembil yang beranjak dua tahun itu berlarian dengan sangat heboh menuju gue. Gue duduk jongkok menyongsong dia.
"Cup...," kata dia ketika tiba di depan gue. Suf untuk Yusuf maksudnya.
"Cium Tante dulu," gue memajukan pipi sebelah kanan dan langsung dicium olehnya. Gue langsung mengangsurkan bola itu ke Yusuf. "Bilang apa sama Tante?"
"Ma... sih ya...." Yusuf langsung mengambil bola dari tangan gue dan melemparnya. Kemudian dikejarnya bola yang menggelinding itu.
"Hari Minggu nggak ada yang ngapelin, The? Masa minta ciumnya sama Yusuf?" tanya Mbak Dina yang membuat gue langsung mendecak. Mbak Dina tertawa-tawa dan menghampiri Yusuf untuk menyuapinya makan lagi.
"Minggu tuh enaknya tidur seharian. Ngapain apel coba? Emang PNS?" tanya gue menanggapi Mbak Dina. Dia makin tertawa sambil mengikuti langkah Yusuf yang makin random melempar-lempar bola. Kenapa sih lucuuu banget itu bocah?! Ngelihat dia kayak keberatan bawa badan pas lari-lari tuh lucu banget!
Kasihan itu bocah nanti kalau udah sekolah, udah bagus nama Yusuf pasti teman-temannya pada manggil dia Ucup. Tarohan sama gue. Dia aja manggil dirinya sendiri 'Cup'. Doa emaknya biar anaknya seganteng Nabi Yusuf ehhhhhh... teman-temannya manggilnya Ucup!
Gue nanti kalau punya anak nggak akan gue kasih nama Muhammad, bukan karena pasaran, bukan karena artinya nggak bagus, tapi karena ujung-ujungnya pasti dipanggil Mamat! Kasihan gue. Mending gue kasih nama Al-Fatihah aja biar yang manggil mendadak jadi pada alim.
Ya elah pagi-pagi mikirin anak. Yang mau diajak bikin anak aja belum kelihatan hilalnya! Gue cuma ngakak sendiri mikirin itu.
"Wah kesambet lo The? Tanda-tanda stres kelamaan jomlo tuh," Mbak Dina menyahut lagi.
Dasar mamaknya Ucup! Rese banget!
"Nggak Mbak, ini tanda gue bahagia. Habis jemur baju gue akan beranjak tidur kembali."
Gue emang lagi jemur baju tadi di depan kamar pas tahunya lihat Yusuf lagi makan sambil main.
Gue pamit buat masuk ke kamar lagi untuk menunaikan misi suci gue setelah dadah dadah ke Yusuf. Mamanya cuma bilang, "Bilang dadah sama Tante The... The."
Yusuf dadah dadah, "Te... Te...."
Wah bener-bener ini Mbak Dina ngajarin anaknya nggak bener!
Gue mau makan dulu lah sebelum tidur lagi. Biar tidur gue makin nyenyak di hari Minggu yang cerah ini. Gue masuk kamar dan mulai ngeluarin oatmeal dari kulkas. Bukan sok sehat. Emang gue belum belanja bulanan aja. Gue paling males soalnya belanja pas weekend. Di mana-mana rame banget! Apalagi di mall yang pasti diisi ibu-ibu belanja bulanan. Awal bulan pula! Lama-lama gue pakai Blibli nih buat belanja. Capek antri di kasir? Belanja di Blibli.com aja! Sekarang ada BlibliMart. Beli bahan masak sampai kebutuhan anak. Harga bersaing, gratis ongkir, pengiriman di hari yang sama. Blibli.com. Big Choices. Big Deals.
KAMU SEDANG MEMBACA
Finders Keepers, Loosers Weepers
ChickLitKata orang hidup gue ini nggak ada progresifnya sama sekali. Stuck aja terus di satu titik. Enak aja! Kalau sekarang kerjaan gue culas dan merepet tentang ini itu bukannya itu berarti gue pakai otak gue dengan benar? Masalah pencapaian hidup, kenapa...