Hari Pertama

114 11 9
                                    

Gue meneliti satu-persatu kursi yang ada di dalam kelas sebelum mengambil tempat duduk tersebut secara asal-asalan. Pokoknya, kali ini jangan sampai sial lagi. Begonya udah dulu ya, Otak. Ini demi masa depan yang cerah.

Oke.

Di sebelah sana.

Pojok kiri barisan kedua.

Ada satu cewek yang sama sekali nggak gue kenal lagi duduk sendirian. Kalau diliat-liat sih dia nggak bener-bener sendiri, soalnya dia kayak lagi bercanda gitu sama cewek-cewek di samping belakangnya. Dugaan gue, mereka masuk kelas ini dengan jumlah ganjil, jadi salah satu dari mereka harus nunggu temen baru.

Bagus.

Berarti gue bisa langsung dapet beberapa temen kalau gue duduk di samping tuh cewek. Fyi, kawan-kawanku sekalian, temen SMP gue yang masuk sekolah ini juga, nggak ada yang memilih lintas minat B. Jepang-Geografi. Tapi, gue dengan tololnya milih lintas minat secara acak, padahal gue udah tau kalau lintas minat menentukan kelas dan akan bersama siapa aja gue tiga tahun yang mendatang. Haduh, goblok.

"Sorry, lo sendiri? Gue boleh duduk di sini nggak?"

Woi.

Itu bukan gue banget sebenernya. Dulu pas SMP gue paling ditakutin karena kalau ada yang berani noel gue sedikit aja, bakal gue hajar. Istilahnya, 'senggol-bacok'.

"Eh, iya, boleh. Duduk aja," bales tuh cewek ramah. Untung baik. Tapi, satu detik kemudian dia menghadap ke belakang lagi buat nengok temen-temennya dan memasang wajah konyol. "Liat kan? Gue udah dapet temen duduk. Yeay!"

Gue cuma senyum ngeliat dia bertingkah kayak gitu.

Jangan anggap hidup gue lancar, aman, sentosa dan sejahtera setelahnya. Karena dengan bangstanya guru piket datang lalu mengumumkan bahwa kelas yang udah gue tempatin itu salah. Katanya, kelas gue seharusnya ada di atas.

Anjing.

Spontan anak kelas yang tadinya udah rapih langsung ricuh beresin barang-barang mereka. Jelas, hal itu nggak akan gue lakuin. Buat apa, Say? Bikin ketek gue banjir keringet aja.

E tapiiii...

Ada masalah yang menimpa gue lagi setelah gue menginjakkan kaki di kelas atas——yang katanya kelas gue itu. Mau tau? Kepo banget? Serius? Yaudah nih gue kasih tau.

GUE LUPA TADI DUDUK SAMA SIAPA.

GUE BELUM HAFAL MUKANYA.

DIA JUGA NGGAK INISIATIF NYARI GUE.

Nangis sambil ngesot-ngesot aja apa kali gue, ya?

Sebelum gue menemukan teman duduk beberapa menit gue itu, guru piket yang tadi datang ke kelas gue kembali membuat pengumuman yang minta dilempar batu. Katanya, kelas tadi itu bener kelas gue.

HAHAHANJING.

Otomatis gue keluar lagi dari kelas dan turun ke bawah. Sebenernya gue udah muak, asli. Gue tau banget nih muka gue sekarang gimana. Judes. Sinis. Nyeremin. Seketika gue pasang senyum dan sok ngajak ngobrol anak cowok kelas gue yang baru mau masuk ke kelas, barengan sama gue. Kalo jutek kan nanti makin sengsara hidup gue karena nggak punya temen.

"Capek banget gue turun-naik tangga. Kayak gini tiap hari, kurus dah gue. Yakin 100 persen," katanya sambil cekikikan ke arah temen di sebelahnya. Iya sih, tuh cowok badannya emang rada berisi.

"Hahaha, iya anjir sama," sahut gue sok asik.

"Lo juga?"

"Iya."

"Hahahahahah."

Udah. Gitu doang. Selesai. Gue bukan orang yang pinter cari muka atau basa-basi.

Jungkir Balik Dunia RiyuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang