Hari ini gue ngikut bakar - bakar sama temen alumni SMP yang jumlahnya cuman orang. Aslian 6 orang sih kalo gue sekalian dihitung. Tapi pas diajakin ngakunya pada sibuk. Yauda deh 4 orang aja jadinya.
3 orang itu sebut saja Mina, Nanda dan Tria. Sedangkan yang gak ikutan ada Rosie sama Rahma.
Mereka itu sahabat gue dari jaman SMP. Dan syukur nya sampai kita mau lulus SMA-SMK masih saling komunikasi walaupun hanya lewat WhatsApp.
Karena timingnya emang tepat banget yaitu pas abis idul adha, kita ngadain bakar bakarnya di rumah Nanda yang posisinya ada di tengah - tengah.
"Min, lo ngirisnya yang bener napa, ini lalet banyak banget perasaan dah," omel Nanda.
"Ni udah bener kali. Emang dasarnya tuh laler aja yang kegatelan..."
"Eh ini sosis nya mau diapain?"
Gue diem aja dari tadi nyiapin bara apinya. Btw kita pakai arang gitu biar nimbul asap. Soalnya kalau bebakaran gak nimbul asapnya tuh gimanaa gitu.
"Assalamualaikum..." Tria yang dari tadi gak disahutin omongannya nyolek pundak gue.
"Olesin aja pakai saos kecap mentega," jawab gue pada akhirnya. Sebel deh ini gue nyalain baranya harus perjuangan banget. Mana nih bocah pada bacot aja. Mana bacotannya gak penting penting amat kek misalnya,
"Jen itu tambahin aja pake minyak goreng pas bakarin sosisnya ntar,"
Ya gak sekalian aja tuh sosis lu goreng? Batin gue.
"Jen, kasih garem dong ke bara nya biar asepnya banyak."
"Ha? Emang bisa kaya gitu?" Gue mengernyitkan dahi. Secara dari mana gitu NaCl dibakar bisa nimbul asep?
"Ya lo pikir yang di tipi tipi si mbah dukun nabur sesuatu di atas bara itu apaan?"
"Emang apaan?"
"Ya garem lah, bege. Gimana sih katanya anak kimie."
"Sorry sih. Anak kimia mainannya bukan sama Mbah Dukun,"
Setelah adzan Dzuhur, makanan kita udah siap dan abis sholat Dzuhur kita langsung caw makan makan.
So simple tapi meaningful.
Intinya sih cuma makan - makan. Tapi dari situ kita bisa ngobrolin banyak hal. Misalnya tentang cowok yang lagi kita suka di sekolah masing-masing, atau flashback memori jaman SMP, mengenang masa masa cinta monyet. Pokoknya ada aja yang diomongin.
Dan kali itu acaranya jadi full music karena si Mina sengaja bawa speaker kecil gitu. Mana di playlist-nya tiba tiba muterin lagu Mars SMP.
Auto nyanyi dah kita. Semuanya hapal sih walaupun kadang sedikit lupa lirik.
"Gak kerasa ya kita udah mau lulus SMA, padahal rasanya kek belum lama kita lulus SMP." Ujar Tria.
Gue hanya mengangguk pelan.
"Rasanya gue kangen kita yang dulu deh," sahut Nanda.
"Sekarang anak - anak keliatan nyebelinnya. Ketemu temen baru eh temen lama dilupain. Diajak kumpul alesannya sibuk sibuk terus."
Lagi - lagi di situ gue cuman nyimak.
"Btw Mina udah 18 nih ye.. ciee ciee yang udah tuaa..." goda Nanda.
"Alah lo juga bentar lagi 18 oneng" sahut Tria.
Gue ketawa. Ngeliat mereka bawel tuh kadang bikin lupa sama masalah yang lagi kita alami.
"Bentar lagi lulus, ntar kita lihat deh siapa yang nikah duluan.. eaakk.. kalo gue sih nebak Jena yang bakal nikah duluan.." kata Nanda.
"Gak mungkin Jena lah, paling Mina duluan yang nikah. Secara dia kan emang yang paling tua.." sanggah Tria dihadiahi pelototan tajam dari Mina.
"Ohiya Jena mah mana keboro punya pacar, dia mah nikahnya yang paling belakangan tuh," Nanda, Tria dan Mina sontak ketawa.
Gue juga ikutan ketawa.
Ngetawain nasib gue yang nyatanya bakal nikah ngeduluin mereka.