Profil & Biodata Alan Turing

11 0 0
                                    

Masa – Masa Awal

Alan Turing adalah ahli matematika Inggris yang lahir pada tanggal 23 Juni 1912 di Chattarpur Orissa India ( jajahan Inggris). Ayahnya dalah tentara Inggris dan ibunya adalah anak dari seorang kepala teknisi dari perusahaan kereta Madras.

Mereka ingin anak anak mereka di besarkan di Inggris agar bisa mendapatkan pendidikan yang baik, Maka dari itu mereka pindah ke London. Turing terdaftar sebagai siswa di 'St Michael's day school' ketika berusia 6 tahun.

Saat berumur 14 tahun dia pindah ke 'sherbone school' yang mana sekolah tersebut adalah sekolah umum yang paling populer di Dorset.

Kemampuan matematikanya tidak diakui oleh guru guru di sherbone yang lebih menekankan pada pentingnya pelajaran pelajaran yang klasik daripada pelajaran yang mengarah kepada hal hal untuk menjadi seorang ilmuwan, begitu mereka menyebutnya.

Ketidak setujuan para guru ini tidak mempengaruhi Turing yang tetap saja menunjukkan gairahnya dan kemajuannya pada mata pelajaran yang disukainya. Dia mampu memecahkan soal kalkulus tingkat tinggi tanpa mempelajarinya secara formal

Ketika usianya 16 tahun dia menguasai konsep Albert Einstein dengan cepat. Tidak hanya itu dia juga menguasai philosopi Newton sekaligus mempertanyakan 'hukum pergerakan' yang terkenal itu.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Sherbone, Turing melanjutkan ke Kings College di Cambridge dimana dia menjadi lulusan terbaik di bidang matematika. Dia kemudian dipilih sebagai pengajar di Kings College di tahun 1935, saat itu usianya baru 22 tahun.

Alan Turing menerbitkan karya ilmiah berjudul ' On Computable Numbers, with an aplication to the Entscheidungs problem' yang mana dia menampilkan mesin yang dikemudian hari disebut mesin Turing.

Karya ilmiah ini berisi dasar dasar matematika dan konsep komputer ilmiah yang membuktikan bahwa mesin dapat menghitung semua angka yang 'real'. Mesin buatan Turing adalah pusat dari semua teori komputerisasi hari hari ini.

Karya Karya Akhir

Turing menghabiskan waktunya dari 1936 – 1938 untuk belajar di Alonzo Church di Institut Study Lanjutan di Princeton dan New Jersey. Dia mendapatrkan gelar PhD dari Princeton University. Dia mengenalkan konsep tentang urutan bilangan dan hubungan kumputerisasi di desertasinya.

Setelah september 1938 Turing mulai bekerja untuk sistem pengkodean di pemerintah dan sekolah 'Cypher' yang mana tempat itu adalah organisasi yang bertujuan untuk memecahkan sandi di Inggris.

Turing juga membuat beberapa kemajuan di bidangnya selama perang antara Inggris dan Jerman. Dia menulis bukunya yang berjudul 'treatise on Enigma' dan dia dianugerahi O.B.E di tahun 1945 untuk kontribusinya yang signifikan selama perang.

Dia kemudian menerbitkan 'Computing Machinery and Intelligence in Mind' di tahun 1950. Buku ini dianggap luar biasa dan memiliki pemikiran yang inovatif dari tokoh hebat yang mampu meramalkan pengembangan komputer bahkan sebelum hal itu terjadi.

'Turing Test ' Miliknya menjadi bahan perdebatan penting tentang kemampuan buatan yang bahkan sampai sekarang masih sering digunakan.

Baca Selengkapnya "External Link"

TeknosainsWhere stories live. Discover now