1. Selama abad-abad sebelumnya, abad kelimabelas, enambelas, dan tujuh belas, adalah masa penuh dengan banyak peristiwa sejarah, dan terutama dalam sejarah Kristen. Revolusi terjadi terus-menerus didalam Gereja Katolik Romawi dan Yunani: menanti Reformasi. Kebangkitan rohani dari tidur panjang dan keinginan reformasi dimulai pada abad ketigabelas atau mungkin lebih awal. Sejarah jelas menunjukkan ini.
2. Mari balik kembali sedikit. Gereja Katolik dengan banyak penyimpangan dari pengajaran Perjanjian Baru, dan hukum-hukum aneh dan kejam, dan moralitas yang rendah, dan tangan dan pakaiannya busuk oleh darah jutaan martir, telah menjadi pertentangan pada banyak umatnya, yang jauh lebih baik daripada sistem dan hukum dan doktrin dan praktek mereka. Beberapa dari yang berani dan yang terbaik dan pendeta yang lebih rohani dan pemimpin lain, satu-per-satu, sungguh-sungguh ingin mereformasi banyak penyimpangan hukum dan doktrin dan kembali, paling tidak mendekati, kepada pengajaran asli Perjanjian Baru. Kami berikan beberapa contoh. Perhatikan, tidak hanya jauh terpisah asal api reformasi dimulai, tetapi perhatikan juga para pemimpin reformasi. Para pemimpin adalah, atau dulunya, semua adalah pendeta Katolik atau berbagai pejabat lainnya. Ada sedikit kebenaran dalam banyak kesesatan. Akan tetapi, pada saat ini hampir tidak ada satupun doktrin Perjanjian Baru yang masih terjaga tetap murni: perhatikan beberapa peloper reformasi dan dimana mereka bekerja.
3. Baik dicatat juga, bahwa selama beberapa abad sebelum periode reformasi sudah ada beberapa yang memberontak melawan penyesatan oleh Katolik dan dengan tulus ingin tetap setia kepada Alkitab; tetapi hanya jejak darah mereka saja yang tersisa dari mereka. Kini kita pelajari periode penting Reformasi.
4. Dari tahun 1320 hingga 1384 hidup seorang Inggris yang menarik perhatian seluruh dunia. Namanya adalah John Wycliff. Dialah yang pertama dengan penuh keberanian mencoba reformasi didalam gereja Katolik. Seringkali sejarah menyebutnya sebagai "Bintang Fajar Reformasi". Hidupnya bermanfaat dan efektif. Membutuhkan beberapa volume buku untuk memuat sejarah John Wycliff. Dia dibenci dengan ketakutan oleh pemimpin hirarki Katolik. Nyawanya terus-menerus terancam. Dia akhirnya mati oleh kelumpuhan. Tetapi beberapa tahun kemudian, begitu dibencinya dia oleh Katolik, tulangnya digali dan dibakar, dan abunya diserak di air.
5. Tidak jauh mengikuti jejak Wycliff adalah John Huss, tahun 1373-1415, seorang yang berbeda datang dari Bohemia yang jauh. Jiwanya merasakan dan menanggapi terang cemerlangnya "Bintang Fajar" Inggris. Dia berani dan hidupnya penuh peristiwa, tetapi hidup yang menyedihkan dan pendek. Bukannya membangkitkan tanggapan baik dari orang Katolik karena sebuah reformasi yang nyata, dia malahan membangkitkan ketakutan dan kebencian dan pertentangan yang menyebabkan dia di bakar ditiang; seorang martir diantara umatnya sendiri. Walaupun dia mencari kebaikan untuk mereka. Dia mencintai Tuhan dan mencintai umatnya. Tetapi, dia hanyalah satu dari jutaan yang harus mati.
6. Setelah John Huss dari Bohemia, datanglah seorang anak luar biasa dari Italia, kefasihan yang mengagumkan Savonarola, 1452-1498. Huss dibakar tahun 1415, Savonarola lahir 37 tahun kemudian. Dia, seperti Huss, adalah Katolik yang taat, menjadi pemimpin umatnya; umat Italia; seperti juga umat Bohemia, menentang semua reformasi. Tetapi dia, dengan kefasihannya yang hebad, berhasil membangkitkan hati nurani dan menyelamatkan cukup banyak umat. Tetapi reformasi yang benar dalam hirarki adalah berarti kehancuran bagi posisi diatas organisasi. Jadi Savonarola, seperti juga Huss, harus mati. DIA JUGA DIBAKAR DI TIANG. Dari semua yang pintar dan fasih pada jaman itu, mungkin Savonarola lebih dari semuanya. Tetapi dia melawan sebuah organisasi besar dan keberadaan mereka menuntut mereka harus melawan reformasi, jadi Savonarola harus mati.
7. Tentu saja, dalam periode ini banyak nama tidak bisa dibahas semua. Hanya nama yang paling berpengaruh yang dibahas disini. Setelah Italia, datang pengkotbah lidah emas dari Swiss. Zwingle lahir sebelum Savonarola meninggal. Dia hidup dari 1484 hingga 1531. Semangat reformasi mulai memenuhi seluruh wilayah. Api reformasi menyebar dengan cepat dan menjadi sulit dikendalikan. Api yang dinyalakan Zwingle dan siraman sebelumnya, lebih serius dari semua, pecah di Jerman. Zwingle meninggal dalam pertempuran.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jejak Darah: Melacak Jejak Kekristenan Sepanjang Abad
Non-FictionSejarah Gereja Baptis Sejak Jaman Kristus, Sang Pendiri, hingga Saat Ini. BUKU KECIL INI diadakan untuk memperkenalkan sejarah yang tidak banyak dikenal dari para SAKSI SETIA dari Tuhan Yesus yang sebagai anggota GEREJA YANG DIDIRIKAN YESUS, "Dan m...