Musashi? Siapa yang tak mengenal Musashi jika kita sangat tertarik dengan segala berbau Jepang. Apa lagi Musashi karya Eiji Yoshikawa yang begitu populer dan terkenal luas di seluruh dunia. Tentunya, satu buku lainnya adalah Taiko miliknya. Novel sejarah yang menceritakan bagaimana seorang yang berada di kelas paling rendah menjadi seorang yang sangat berkuasa di kekaisaran Jepang.Jika Taiko menceritakan seorang Daimyo paling terkenal dalam sejarah Jepang, yaitu Oda Nobunaga bersama bawahannya yang bernama Hideyoshi Toyotomi yang akhirnya menjadi penguasa Jepang. Maka Musashi menceritakan seorang tokoh yang begitu keras, cukup brutal, dan berusaha menjadi samurai nomor satu di Jepang setelah era klan Hideyoshi berakhir.
Bisa dibilang, novel Musashi berlatar naiknya kekuasaan Tokugawa Ieyasu yang menggantikan pencapaian Hideyoshi Toyotomi dalam perang Sekigahara yang terkenal. Penerus Hideyoshi yang tak becus membawa Ieyasu, sang Daimyo Edo ke tampuk kekuasaan. Dalam perang itu, Miyamoto Musashi, yang masa mudanya bernama Takezo selamat dari perang besar itu bersama temannya Matahachi.
Bisa dibilang, novel Musashi jauh lebih indah, filosofis, individual, penuh perenungan dan berkesan puitis. Novel yang lebih cocok denganku setelah beberapa tahun yang lalu menyelesaikan membaca Taiko dengan sangat memuaskan.
Setelah sekian lama tak pernah menyelesaikan novel ini. Kini aku memilikinya lagi dan mulai membaca bagian awalnya yang begitu sinematik dan pastinya akan membawa pada dunia imajinasi yang menyenangkan. Seandainya aku tak tersibukkan dalam banyak hal. Aku bisa menghabiskan novel setebal 1260 halaman ini dalam waktu kurang dari satu minggu. Tapi keadaanku yang sekarang ini, rasanya tak mengijinkannya.
Jika seseorang sangat menyukai manga. Nama Nobunaga, Hideyoshi, Ieyasu, dan Musashi sangatlah tak asing. Banyak mangaka mengambil nama besar itu untuk dijadikan tokoh di dalam manga mereka. Salah satu yang memesona adalah manga yang berjudul Vagabond milik Inoue Takehiko yang mengadaptasi novel Musashi milik Eiji Yoshikawa. Aku sendiri sangat ingin memiliki semua manga Vagabond kalau bisa. Manga yang hari ini dihargai cukup mahal.
KAMU SEDANG MEMBACA
JEPANG DAN AKU
Non-FictionAku menyukai hal yang berkaitan dengan Jepang. Sejarahnya. Budayanya. Orang-orangnya. Musiknya. Manga. Anime. Filmnya. Seninya. Ilmu pengetahuannya. Dan alamnya. Setiap hari tanpa ada jeda mendengar musik Jepang atau sekedar membaca manga. Yang jel...