Hewan terbesar di Dunia 1

1.9K 142 1
                                    

HEWAN TERBESAR DI DUNIA

berikut adalah hewan-hewan terbesar didunia yang pernah hidup:

PAUS BIRU

Hewan terbesar di dunia yang hidup adalah: paus biru atau bahasa ilmiahnya Balaenoptera musculus, makhluk laut yang berukuran sangat besar ini diyakini makhluk hidup terbesar yang pernah hidup di muka bumi ini, ukuran paus biru ini lebih besar dari dinosaurus, paus biru terbesar yang pernah tercatat mencapai berat 181 ton dan panjang 33 meter, jika diletakkan di atas tanah, paus Biru sama dengan panjang 9 mobil keluarga, ukuran jantung paus biru adalah seukuran mobil, dan saluran pembuluh darahnya begitu besar hingga kita bisa berenang di dalamnya.

TITANOBOA CERREJONENSIS

Titanoboa adalah ular yang hidup sekitar 60 hingga 58 juta tahun yang lalu satu-satunya spesies dalam genus ini yang diketahui adalah Titanoboa cerrejonensis, ular terbesar yang pernah ditemui, cerrejonensis mempunyai panjang 13 meter dengan masa, lebih dari 1.100 kg, dan memiliki lebar 1 meter, ular titanoboa ini ditemukan di tambang batu bara Cerrejón di Kolombia utara pada tahun 2009 silam.

BASILOSAURUS

Basilosaurus merupakan paus raksasa yang ada sekitar 34 hingga 40 miliar tahun lalu, namun demikian, ketika ilmuwan menemukan fosil basilosaurus, ilmuwan menganggap Basilosaurus sebagai reptil, fosil basilosaurus berhasil ditemukan di Amerika Serikat Setelah dilakukan pengamatan lebih dalam, Basilosaurus termasuk dalam mamalia laut yang menakutkan.

SARCOSUCHUS

Sarcosuchus adalah buaya purba yang diperkirakan hidup sekitar 112 juta tahun lalu, kerangka dari buaya purba ini ditemukan di Amerika Serikat, sarcosuchus memiliki mata yang mampu meneropong jauh dan moncong ekstra panjang sekitar 75% panjang tengkorak (11-12 meter), mulut monster ini terdapat 35 gigi di rahang atas dan 31 gigi di rahang bawah.

STUPENDEMYS

Salah satu hewan purba di lautan ada Stupendemys, penyu rakasasa ini berhasil ditemukan di Amerika Selatan dan diperkirakan berusia 6 juta tahun lalu, ukuran penyu ini tak seperti penyu sekarang, yaitu sekitar panjang 1,8 meter.

JAEKELOPTERUS

Kalajengking laut raksasa bernama Jaekelopterus ini telah hidup selama 400 juta tahun lalu dan ukuran dari kalajengking raksasa ini sekitar 2,5 meter, kalajengking ini biasa hidup di danau air tawar dan hidup disungai.

ARTHROPLEURA

Arthropleura adalah kaki seribu raksasa yang hidup lebih dari 300 juta tahun lalu, Arthropleura ditemukan di kawasan Skotlandia dan Amerika Utara.

ARGENTAVIS MAGNIFICENS

Argentavis Magnificens pada masanya termasuk dalam burung terbang terbesar, hal tersebut diperkuat dengan ukuran sayapnya yang mencapai 4-6 meter. ukuran tersebut masih terlalu kecil dibandingkan dengan sebuah burung yang sudah punah yang sangat menakjubkan bernama Pelagornis sandersi, yang diidentifikasi oleh para ilmuwan pada hari Senin dari fosil yang digali di South Carolina, yang hidup 25 sampai 28 juta tahun lalu dan dianggap sebagai sayap burung terbesar dalam sejarah, sekitar 6,1 sampai 7,4 meter.

DROMORNIS STIRTONI

Dromornis Stirtoni adalah burung yang kerap di daratan, tinggi dari Dromornis Stirtoni ini mencapai sekitar 3 meter dengan leher panjangnya, selain memiliki tinggi, pergerakan dari Dromornis Stirtoni ini sangat lincah dan gesit biarpun besar tapi jago rawit,  burung darat ini diklaim hidup sekitar 30.000-8 miliar tahun silam, hewan ini berkembang di kawasan Benua Australia.

JOSEPHOARTIGASIA MONESI

Josephoartigasia Monesi adalah hewan purba jenis pengerat terbesar, ukurannya sekitar 10 kaki atau sekitar 3 meter, hewan ini telah punah pada 2-4 juta tahun lalu. ukuran tengkoraknya saja mencapai 21 cm dengan gigi seri 0,3 meter, josephoartigasia Monesi termasuk dalam hewan predator.

SHANTUGOSAURUS

Nama spesies Shantugosaurus adalah Shandong lizard karena ditemukan di kawasan Kapur Wangshi, china oleh Kelompok Shandon Peninsula, shantugosaurus ini tergolong hewan purba raksasa karena fosil pada tulang paha saja berukuran 1,7 meter. sedangkan panjang kerangka berukuran sekitar hingga 15 meter, selain itu, hewan ini memiliki gigi kecil dan tajam yang banyak pula.

PLIOSAURUS FUNKEI

Kerangka dari Pliosaurus Funkei ini ditemukan di Norwegia selatan dan telah disimpan di Universitas Oslo Natural History Museum, pencarian dan penggalian fosil dari hewan purba ini membutuhkan waktu 8 tahun, hewan raksasa di lautan ini tergolong dalam kategori predator, ukurannya diperkirakan sekitar 10 hingga 12 meter.

Jendela DuniakuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang