Khusus

1.6K 142 0
                                    

Tahukah kamu? Kalau kentut sapi termasuk penyebab utama global warming.
emisi metana yang disebabkan oleh gas buangan sapi menjadi penyumbang utama pemanasan bumi. Penelitian baru ini menunjukan bahwa perkiraan emisi metana dari peternakan mungkin telah turun sekitar 10 persen.

Sapi menghasilkan metana sebagai produk alami dari pencernaannya. Metana adalah bagian besar dari apa yang disebut "efek rumah kaca" yang menyebabkan atmosfer lebih banyak menyerap panas matahari daripada memantulkannya kembali ke angkasa. Imbasnya, bumi kita memanas seperti oven. Karbon dioksida (CO2) adalah penyebab utama efek rumah kaca, namun metana juga merupakan zat yang mengikat panas, bahkan lebih baik dari CO2.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal Carbon Balance and Management edisi 29 September 2017. Dalam sebuah program yang disponsori oleh inisiatif penelitian Carbon Monitoring System Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), para peneliti dari Joint Global Change Research Institute (JGCRI) menemukan bahwa emisi metana (CH4) global pada 2011 adalah 11 persen lebih tinggi dari perkiraan berdasarkan pedoman yang diberikan oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) pada 2006.

Jadi sapinya jangan suruh kentut, heheheh. Kalau perlu kerokin pas masuk angin. (Bercanda)

*Jangan lupa vote:)

Jendela DuniakuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang