15. Penggunaan Angka dan Huruf Kapital

858 52 24
                                    

Hari, tanggal: Rabu, 16 Januari 2019
Pukul:  19.00 WIB
Materi: Penggunaan Angka dan Huruf Kapital
Tutor: Kak Divtia bawelia-
Moderator: Nurand
Notulis: Kim

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Assalamu'alaikum. Selamat malam semua.

Hai, aku Divtia, punya beberapa nama panggilan: Div, Dip, Ndip, Didip, Dipdip, dan Dipsi. Pemilik akun bawelia-, penghuni asrama Gen 7.

Materi malam ini adalah penulisan angka.

(1) Bilangan yang dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf. Kecuali jika bilangan itu dipakai secara berurutan seperti dalam perincian atau paparan.

Misalnya:
• Mereka menonton drama itu sampai tiga kali. (pengulangan)
• Koleksi perpustakaan itu mencapai dua juta buku. (jumlah buku)
• Di antara 72 anggota yang hadir 52 orang setuju, 15 orang tidak setuju, dan 5 orang tidak memberikan suara.

Kenapa 5-nya dengan angka, Kak Padahal bisa bisa ditulif dengan satu kata.

Itu karena kalimat di atas merupakan perincian.

Nah, trus ada pertanyaan gini, nih.

"Kak, tapi aku pernah baca novel yang angkanya ditulis gini. Duapuluh, limapuluh delapan. Yang mana yang bener, Kak?"

*Beberapa penerbit biasanya memang punya standar agak beda dikit untuk penulisan angka 2 digit.

23 (duapuluh tiga)
56 (limapuluh enam)

Trus mana yang bener?

Nggak usah bingung. Ikuti aja seusai kaidah EBI dan PUEBI. InsyaAllah nggak bakal sesat😂

(2) Bilangan pada awal kalimat ditulis dengan huruf.

Jika lebih dari dua kata, susunan kalimat diubah agar bilangan yang tidak dapat ditulis dengan huruf tidak ada pada awal kalimat.

Misalnya:
Lima puluh siswa kelas 6 lulus ujian.
(6 ditulis angka karena merupakan bilangan tingkat, sedangkan 50 karena masih terdiri dari dua kata ditulis menggunakan huruf).

Sudah diserapi? Aku kasih satu soal nih
Coba pilih, mana yang benar.

A. Panita mengundang 250 orang peserta.

atau

B. 250 orang peserta diundang Panitia dalam seminar itu.

Yang benar adalah A.
Tau alasannya kenapa?
Angka 250 lebih dari dua kata.

(3) Angka yang menunjukkan bilangan utuh besar, dapat dieja sebagian supaya lebih mudah dibaca.

Misalnya:
Perusahaan itu baru saja mendapat pinjaman 550 miliar rupiah.

(4) Penulisan bilangan tingkat dapat dilakukan dengan cara berikut.

Kelas Menulis TheWWG (Jilid IV)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang