Hari, tanggal: Jumat, 18 Januari 2019
Pukul: 19.30 WIB
Materi: Penggunaan Partikel
Tutor: Kak Winda WindaZizty
Moderator: Afrilio Narang
Notulis: Dinni A [Knight]• • • • • • • • • • • • • • • • • • • •
Halo semua. Perkenalkan, aku Winda, salah satu penghuni di Gen 1. Akun Wattpad dan Instagram-ku, WindaZizty. Sila di-follow biar makin sayang. Hihi.
• • • • • • • • • • • • • • • • • • • •
Tau dong apa itu partikel?
Partikel atau kata tugas merupakan suatu kata atau frasa yang ada kaitannya dengan suatu kata dan tidak dapat berdiri sendiri.
Dilihat dari jenis, partikel terdiri dari lima jenis, yakni preposisi, konjungsi, interjeksi, kata sandang, dan penegas.
Malam ini kita bahas jenis partikel sebagai penegas, ya.
Partikel penegas itu contohnya, -lah, -kah, -tah, dan -pun.
A. Partikel -kah
Gunanya mempertegas kata yang digunakan dalam suatu kalimat pernyataan. Penulisannya ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya. Partikel ini bisa dipisah atau disambung tergantung dari penggunaan dan fungsinya.Nah, partikel -kah ini terdiri dari 3 jenis. Apa aja?
1. Untuk memberi penegasan pada kalimat tanya, partikel -kah setelah kata keterangan harus ditulis sambung.
Contoh: “Bukankah dia yang kamu sukai?”
2. Mengubah kalimat pernyataan menjadi pertanyaan, partikel -kah diletakkan setelah kata benda atau keterangan harus dipisah.
Contoh: “Angin kah yang menerbangkan dedaunan itu?”
3. Memperhalus sebuah kalimat tanya.
Contoh: “Apakah kamu bersedia membantuku?”
Udah jelas sama partikel -kah? Lanjut ke partikel selanjutnya, ya.
B. Partikel -lah
Gunanya mempertegas kata yang digunakan dalam suatu kalimat pernyataan, saran, maupun seruan. Bisa juga untuk memperhalus kalimat. Ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya.Penggunaan partikel -lah:
1. Dalam kalimat perintah, dipakai untuk sedikit menghaluskan perintahnya.
Contoh: “Pergilah sekarang, sebelum hujan turun.”
2. Dalam kalimat berita, dipakai untuk memberikan tegaskan yang sedikit keras.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelas Menulis TheWWG (Jilid IV)
No FicciónBuku ini berisi rangkuman hasil belajar yang diambil dari kelas menulis @TheWWG sebelum para member menjalankan ODOC. Baca juga buku jilid lainnya yang ada di reading list kami: Literasi The WWG; dan jangan lupa untuk menambahkan buku ini ke dalam l...