Pengalaman Rekrutmen Pramugari Lion Group

2K 24 8
                                    

                                       26 Oktober 2018

Pada tanggal 26 Oktober 2018 aku mengikuti perekrutan pramugari Lion Group ( Lion Air, Batik Air dan Wings Air) yang berlokasi di Lion Simulator Halim di Jakarta timur.

Pada saat perekrutan aku memakai rias wajah yang natural, baju kemeja warna orange ke cokelatan dan rok selutut, heels tinggi 7 cm dan rambut yang sudah di kerosang sebelumnya.

Aku juga nggak lupa membawa dokumen dan juga spare-nya. Setelah itu aku langsung cuzz ke lokasi perekrutan.

1. Tahap Registrasi.

Tiba disana aku melakukan registrasi awal deengan menyerahkan copy dokumen yang sudah aku bawa sebelumnya. Setelah menyerahkan dokumen, mbak-mbak usernya menulis nomor pendaftaran. Pada saat itu aku mendapat nomor 83 dan dokumen diberikan kembali kepadaku.

2. Tahap ukur Tinggi dan Berat  Badan

Aku menunggu antrian sesuai dengan nomor pendaftaran yang telah di dapat. Sumpah, waktu itu di Halim gak ada tempat duduk,  tempatnya panas dan kaya gudang gitu. Disamping gedungnya ada bengkel. Jadi kalo mau duduk lesehan harus kira-kira dulu, ada oli atau enggak. Saking lamanya, aku jadi kesel dan seketika mood ku berubah jadi bad banget. Akhirnya tiba giliranku, aku masuk ke dalam terus di ukur tinggi badan dan berat badannya.

Pada saat itu, tinggi badanku 170 cm dan berat badan 60 kg. Setelah itu aku di beri formulir, terus diminta ngisi formulir dan melampirkan dokumen yang masih aku bawa. Jika kalian di beri kertas formulir, berarti kalian lolos dan jika tidak berarti kalian gugur.

Mungkin dari kalian banyak yang mau nanya, kenapa sih, temen aku yang over dia bisa lolos?

Kembali lagi ke rezeki masing-masing nih. Kalo menurut aku sih, di Lion itu setahu aku ada toleransi maksimal overnya. Kalo over gak terlalu di permasalahkan tapi kalo tinggi badannya kurang dari 158 cm, itu biasanya yang gak lolos.

3. Tahap performance ( penampilan dan Interview) dengan user

Pada tahap ini di bagi menjadi dua:

a. Performance 1

Pada tahap performance 1, aku sudah dibagi menjadi beberapa kelompok, yang masing-masing ada 10 orang. Pada waktu itu aku cuma diminta perkenalan diri aja. Habis itu langsung di bacakan nama-nama yang lolos pada tahap ini dan aku gak lolos.

Mungkin ada dari kalian yang ngalamin pengalaman di performance 1 seperti aku. Aku juga gak terlalu tau sih, penyebab aku gak lolos. Mungkin, karena pada waktu itu aku ada jerawat, mungkin tata bahasaku belum bagus, grogi juga sih waktu itu. Maybe, itu alasannya aku gak lolos. Tapi gak kenapa, because next time, i can try again.

b. Performance 2

Pada tahap ini, temen aku bilang. Kalo disini kalian di cek apa punya bekas luka, jerawat, terus kalian bakal diminta untuk berjalan bolak balik ( untuk melihat apakah kalian memiliki kelainan di kaki seperti, kaki kalian terlihat seperti huruf X, O atau normal). Kalian juga akan diminta untuk nyebutin huruf A-Z tapi dengan cepat. Disini kalian harus santai, jangan grogi dan intonasi suara juga harus pas. Setelah itu kalian akan di beri beberapa pertanyaan seputar diri kalian dan juga keluarga kalian. Usahakan jangan bohong, karena sekali kalian berbohong dan ketahuan. Kalian udah pasti akan gugur, kecuali kalian pintar bohongnya dan gak ketahuan user.

4. Pantauan Direksi

Waktu temenku lolos di tahap wawancara user temenku langsung masuk tahap pantauan direksi jadi saat itu kalian di bagi jadi beberapa  kelompok.  Pada tahap ini, kalian gak boleh pake make up.  Setelah itu di panggil per kelompok ke dalam ruangan direksi. Setelah itu kalian akan di minta untuk membaca baner (bacaan) dengan cepat.  Dalam ruangan itu kalian akan bertatapan langsung dengan Direksi PT. Mentari lion Airlines.

Jadi pada tahap ini, tidak semua peserta di minta untuk membaca baner hanya beberapa. Pada tahap ini, kalian juga harus berhati- hati. Karena jika kalian gagal di tahap ini maka kalian tidak akan di perbolehkan untuk mengikuti perekrutan Lion Group sampai dengan waktu yang telah di tentukan. Ini adalah peraturan baru yang di keluarkan oleh PT Mentari Lion Airlines.

Tips lolos tahap ini, kalian pada saat mengikuti tahap ini, kalian harus rajin-rajin senyum. Hilangin dulu wajah judes kalian. Jangan kecentilan atau childish ( kekanak-kanakan). Kalo kalian ada yang punya masalah pada saat itu, saran aku kesampingkan dulu. Ingat, tujuan kalian kesana ngapain.

5. Tahap Psikotes dan Bahasa Inggris

Tahap ini, kalian akan kembali mengerjakan soal psikotes dab bahasa inggris. Tips untuk lolos tahap ini, kalian cukup tidur malam secukupnya sebelum mengikuti tes, setelah itu jangan lupa sarapan dan berdoa.

6. Tahap Medec ( Medical Check-Up)

Pada tahap ini, kalian akan di cek kesehatan tubuhnya mulai dari cek darah, pernapasan, pendengaran, urin, fisik seperti tensi darah, keseimbangan tangan, detak jantung, gigi, tulang dan tes mata. Khusus untuk mata, di Lion Air maksimal minus 1,5. 


Never Give UpTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang